ARSIP BULANAN : October 2012

Type-type database

11 October 2012 15:48:10 Dibaca : 673

Tipe data pada Microsoft Access 2010 antara lain :

  1. Text, yaitu data yang bisa diisi dengan nilai kombinasi antara text dan number, dengan maximum karakter sebanyak 255 karakter.
  2. Memo, sama saja dengan jenis Text, hanya saja memiliki jumlah karakter maksimum yang lebih banyak, yaitu 63,999 karakter.
  3. Number, yaitu data dengan jenis number (angka) yang digunakan untuk kalkulasi matematika dan keperluan lainnya. Umumnya number ini terdiri dari 1, 2, 4 dan 8 bytes data. Khusus untuk number jenis Replication ID mempunyai 16 bytes data.
  4. Date/Time, yaitu data dengan jenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu.
  5. Currency, yaitu data dengan jenis number, hanya saja pada awal angka selalu disertakan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya Rp, $, dll. Currency dapat menggunakan angka dengan 15 digit dibelakang desimal dan 4 digit sesudah desimal.
  6. AutoNumber, yaitu data yang tidak dapat kita isi secara manual melainkan ia terisi secara otomatis oleh Access, baik secara menjumlah ataupun random (acak).
  7. Yes/No, yaitu data dengan jenis hanya 2 pillihan yaitu Yes (-1 atau True) atau No (0 atau False). Format yang tersedia adalah : Yes/No, True/False, dan On/Off.
  8. OLE Object, yaitu data yang diambil dari system OLE seperti Microsoft Excel spreadsheet, Microsoft Word document, graphics, sounds, atau data-data biner lainnya baik yang dilink ataupun dimasukkan secara permanen (embedded) kedalam table Microsoft Access.
  9. Hyperlink, yaitu type data yang digunakan untuk menyimpan alamat internet atau file yang ditunjukkan melalui alamat URL.
  10. Attachment, yaitu data type yang digunakan untuk menyimpan attachment file yang berformat apa saja (bebas, bisa file gambar, file suara, dll).

Selain 10 data type diatas, ada dua fasilitas tambahan khusus untuk field di dalam Microsoft Access, yakni:

  • Calculated, yaitu fasilitas yang berguna untuk menghitung operasi matematika antara field yang satu dengan field yang lainnya. Misalnya, kita bisa menjumlahkan field A dengan field B, dll.
  • Lookup Wizards, yaitu fasilitas combo box (list) yang dibuat secara wizard sehingga kita dapat memilih (lookup) suatu data dari daftar pada table lainnya.


Tipe data pada MySQL antara lain :

  1. Varchar, yaitu tipe data karakter yang panjangnya tidak tetap.
  2. Tinyint, yaitu tipe data bilangan bulat yang rentangnya  -128 sampai 127 atau menggunakan atribut unsigned dari 0 hingga 255.
  3. Text, yaitu tipe data yang dapat menampung semua tipe data.
  4. Date, yaitu type data yang digunakan untuk mendiskripsikan tanggal.
  5. Smallint, yaitu tipe data bilangan bulat yang rentangnya  –32768 sampai 32767. The unsigned range is 0 to 65535
  6. Mediumint, yaitu tipe data bilangan bulat yang rentangnya  –8388608 to 8388607.unsigned range-nya  0 sampai 16777215
  7. Int, yaitu type data yang bernilai integer/bilangan bulat.
  8. Bigint, yaitu tipe data bil bulat 8 byte data dengan batasan nilai atau jangkauan antara -2^36 (-9,223,372,036,854,775,808) s/d 2^36-1 (-9,223,372,036,854,775,807).
  9. Float, yaitu type data yang bernilai desimal.
  10. Double, yaitu type data yang bernilai desimal yang memiliki rentang lebih panjang daripada float.
  11. Decimal, yaitu tipe data yang dapat menampung data pecahan.
  12. Datetime, yaitu merupakan tipe data tanggal dan jam (waktu) mulai 1 januari 1753 s/d 31 Desember 9999, dengan akurasi sampai 3,33 milidetik.
  13. Timestamp, yaitu perluasan dari tipe data DATE. TIMESTAMP menyimpan tahun, bulan dan hari dari tipe data DATE, ditambah dengan jam, menit dan detik sebagai nilai fractional second
  14. Time, yaitu tipe data waktu. Jangkauannya adalah '-838:59:59' hingga '838:59:59'. MySQL menampilkan TIME dalam format 'HH:MM:SS'.
  15. Year, yaitu angka tahun, dalam format 2- atau 4-digit (default adalah 4-digit). Nilai yang mungkin adalah 1901 hingga 2155, 0000 pada format 4-digit, dan 1970-2069 pada format 2-digit (70-69).
  16. Char, yaitu tipe data untuk menampung data yang bertipe karakter
  17. Tinyblob, yaitu type file pada mysql yang dapat digunakan untuk menyimpan file dalam database, dengan rentangmaksimum 255 (2^8 - 1) karakter.
  18. Tinytext, yaitu type data text yang menyimpan data dengan panjang maksimum 65535 (2^16 - 1) karakter.
  19. Blob, yaitu type file pada mysql yang dapat digunakan untuk menyimpan file dalam database,
    20.
  20. Mediumblob, yaitu type file pada mysql yang dapat digunakan untuk menyimpan file dalam database, dengan rentang maksimum 16777215 (2^24 - 1) karakter.

Beberapa tipe data yang dapat dipakai:

  1. Varchar2(ukuran). Tipe data karakter yang dapat menyesuaikan panjang dengan variabel yang ditentukan. Suatu ukuran maksimum harus ditentukan (secara default ukuran minimum adalah 1, maksimum adalah 4000)
  2. Char(ukuran). Tipe data karakter yang ukurannya tidak dapat berubah (fixed length). Secara default ukuran minimum adalah 1, maksimum adalah 2000.
  3. Number(p, s). Angka yang memiliki ukuran presisi p dan skala s.
  4. Date. Tipe data yang berupa tanggal dan waktu, dimulai dari 1 Januari 4712 SM hingga 31 Desember 9999
  5. Long. Tipe data karakter yang ukurannya dapat berubah sesuai variabel, hingga 2GB
  6. Clob. Tipe data karakter yang dapat berukuran hingga 4GB
  7. Raw(ukuran). Data biner raw yang memiliki ukuran tertentu. (Ukuran maksimum adalah 2000)
  8. Long raw. Data biner raw yang ukurannya berubah sesuai variabel (hingga 2GB)
  9. Blob. Data biner (hingga 4GB)
  10. Bfile. Data biner yang disimpan di file eksternal (hingga 4GB)
  11. Rowid. Sistem angka basis 64 yang berupa alamat unik dari tiap-tiap row dalam suatu tabel.
  12. Time. Ada beberapa macam tipe data untuk waktu:
    • Timestamp: dapat menyimpan hingga ukuran sepersekian detik.
    • Interval year to month: dapat menyimpan interval tahun dan bulan.
    • Interval day to second: dapat menyimpan interval hari, jam, menit hingga detik.

 

 

Perintah-perintah SQL

04 October 2012 18:42:18 Dibaca : 12

Perintah-perintah SQL

Sql (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Banyak perintah dan fungsi SQL yang dapat digunakan untuk mendefenisikan maupun memanipulasi database. Suatu rangkaian aktivitas yang berhubungan dengan pemulihan dan pengoptimalan perintah query di dalam database pada SQL dapat dituliskan fasilitas yang memiliki antarmuka grafis yaitu Query Analyzer. Beberapa aktivitas yang dimaksud, antara lain :

  • Melakukan query pada databese SQL dengan menggunakan perintah-perintah SQL untuk melihat teks atau grid.
  • Melihat representasi grafik dari langkah-langkah untuk mengakses query
  • Melakukan analisa kinerja indeks
  • Menjalankan skrip Transact SQL dari prosedur tersimpan.

 

Dalam penggunaannya, perintah sql dikategorikan menjadi 3 sub perintah, yaitu :

          1. Data Definition Language (DDL)

Merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangun kerangka database. Ada tiga yang termasuk dalam DDL, yaitu :

  • Crate : Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.
  • Alter : Perintah ini digunkan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Pekerjaannya mencakup mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, maupun memberikan atribut pada kolom.
  • Drop : Perintah ini digunakan untuk menghapus databse dalam tabel

          2. Data Manipulation Language (DML)

Merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah terbuat.
Perintah yang digunakan antara lain :

  • Insert : Perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru kedalam tabel. Penggunaanya setelah database dan tabel selesai dibuat.
  • Select : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil dapat kita tampilkan pada layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.
  • Update : Perintah ini digunakan untuk memperbarui data lama menjadi data terkini. Jika anda memiliki data yang salah atau kurang up to date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya menggunakan perintah UPDATE.
  • Delete : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. Biasanya data yang dihapus merupakan data yang sudah tidak diperlukan lagi. Pada saat menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi.

          3. Data Control Language (DCL)

Merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya.
Perintah DCL diantaranya :

  • Grand : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak/izin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CRATE), mengambil (SELECT), menghapus (DELETE), mengubah (UPDATE), dan hak khusus berkenan dengan sistem databasenya.
  • Revoke : Perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.