ARSIP BULANAN : September 2012

A. PENGERTIAN DATABASE

Data adalah kumpilan suatu kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. sedangkan base adalah sebuah program yang bekerja pada lingkunan basis data pada office base, dengan fasilitas-fasilitas yang do\isediakan anda dapat dgn cepat dan mudah bekerja pada lingkungan basis data,selain itu anda juga dapat menggunakan base untuk file tabel, mendefisinikan field, mengisi record, serta untuk membuat file basis data dan menyimpan file basis data.

beberapa pengertian data base adalah :

1. kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tesebut.

2. database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

3. database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.

B. APLIKASI BERBASIS FILE

Aplikasi berbasis file merupakan sumber daya yang berharga, karena dapat digunakan untuk menghasilkan informasi. pada kenyataanya basis file tidak di akses secara langsung, akan tetapi dilakukan dengan menggunakan aplikasi, dengan ata lain aplikasi basis data merupakan pintu masuk kedalam sumber daya basis file. 

Komponen sistem aplikasi berbasis file:

1. Perangkat keras, yaitu diperlukan untuk menjalankan SMBD. pada umumnya aplikasi basis file tidak memerlukan perangkat keras khusus. aplikasi basis file umumnya berbagi perangkat keras.

2. Program yaitu, untuk mendukung berbagai aplikasi bais file yang diperlukan perangkat lunak berupa program komputer. aplikasi memerluka SMBD dan sistem operasi, selain itu banyak aplikasi memerlukan satu atau lebih program aplikasi.

3. Data yaitu, untuk aplikasi basis data itu sendiri. basis data berisi : data sumber, meta data, kamus data, dan overhead data.

4. Prosedur yaitu, pemakai dan staf operasi memerlukan prosedur yang menjelaskan bagaimana sistem dijalankan.

5. Orang, yang terakaot basis file di kelompokan sebagai beikut: clientele adalah orang untuk siapa sistem dikembangkan, Pemakai ialah sistem untuk memenuhi kebutuhan bisnis, Personal aplikasi mereka yag menjalankan komputer dan peralatan-peralatan yang berhubungan terdiri dari: perasi komputer, personalia, data kontrol, dan operator data entry.

C. SISTEM MENAJEMEN DATABASE

Sistem menajemen database atau kadang disingkat SMNBD adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang doiminta banyak pengguna. contoh tipikal SMBD adalah akuntansi, sumber daya manusia dan sistem pendukung pelanggan, SMBDN telah berkembang menjadi bagian stabdae dibagian pendukung suatu perudahaan.

 SMBDN merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumlah yang besar. DBMS juga dirancang untuk dapat melakukan manipulasi data secara lebih muda. sebelum adanya DBMS, data pada umunya disimpan dalam bentuk flat file yaitu file teks yang ada pada sistem operasi.