ARSIP BULANAN : September 2012

Tugas 1.921411212

11 September 2012 18:57:46 Dibaca : 73

1. Sejarah komputer

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic)

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.


Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

2. Perangkat lunak data base

Pengertian Perangkat Lunak Database dan manajemen informasi pribadi

Database secara umum adalah sekumpulan data yang tersimpan secara elektronik pada komputer. Sedangkan secara khusus, database adalah seumpulan file pada sistem komputer yang saling terhubung. File-file ini diatur sesuai dengan kesamaan elemennya sehingga dapat dengan mudah mencari data yang diinginkan. Perangkat lunak database biasa disebut Sistem Manajemen Database, yaitu program untuk membuat dan mengelola struktrur database dan mengakses data.

Keunggulan Perangkat Lunak Database

Dulu setiap kantor administrasi perguruan tinggi (kantor registrasi, finansial, asrama, dll) memiliki file tersendiri tentang mahasiswanya. Jika data tersimpan dalam file yang terpisah-pisah, data yang sama akan terulang pada banyak file sehingga dimungkinkan adanya redundansi. Misalnya, alamat seorang mahsiswa ditulis berulang-ulang, di setiap kantor administrasi. Itulah sebabnya perangkat lunak memiliki dua keunggulan.

Macam - macam perangkat lunak data base

Microsoft Access

Ms SQL Server

Oracle

MySql

Postgre SQL

Firebird

Tugas 1

11 September 2012 17:50:46 Dibaca : 108
[Tanpa Konten]

pengenalan database

10 September 2012 08:35:29 Dibaca : 92

Database adalah kumpulan informasi yang d simpan di dalam komputer secara sistematis sehigga dapat di simpan secara otomstis bisa menggunakan suatu program komputer/aplikasi.perangkat lunak yang di gunakan untuk mengelola dan menggunakan data disebut sistem management database.

 


istilah data mengacu pada browsing data yang saling berhubungan dan perangkat lunaknya mengacu pada database manajemen sistem.