Metode Ilmiah

14 March 2013 16:17:02 Dibaca : 203

Metode ilmiah memang sanggup menjangkau untuk menuju adanya tuhan,metode ilmiah juga tidak dapat menjangkau untuk membuat kesimpulan berkenaan dengan baik dan tidak buruk atau sistem nilai,juga tidak dapat menjangkau tentang seni dan keindahan.

metode ilmiah memiliki 4 unsur utama,yaitu:

1.karakteristik

2.hipotesis

3.prediksi

4.eksperimen

karena dengan adanya unsur-unsur diatas metode ilmiah dikatakan lebih dapat diandalkan,serta menghasilkan teori yang lebih menjanjikan.

kelemahan metode ilmiah
walaupun telah melewati tahap-tahap yang disebutkan diatas,namun metode ilmiah tetap memiliki kelemahan,antara lain:
kurang valid,karena tidak semua hasil dari metode atau penelitian disuatu daerah akan bisa diterapkan untuk daerah lain.
membutuhkan waktu yang lama,karena setiap penelitian memerlukan alat bantu berupa peralatan yang menggunakan tehnologi canggih.
dapat terhapus atau tidak dipakai bila terbukti ditemukan kesalahan dan bila muncul teori lain yang dianggap lebih berguna.
cenderung kaku dan tidak terpengaruh oleh rasio.
dengan metode ilmiah dapat dihasilkan pengetahuan yang ilmiah.kita telah mengetahui bahwa data yang digunakan untuk mengambil kesimpulan ilmiah itu berasal dari pengamatan.
keunggulan metode ilmiah
keunggulan metode ilmiah antara lain:
Mencintai kebenaran yang objektif,bersikap adil dan itu semua akan menjurus kearah hidup yang bahagia.
menyadari bahwa kebenaran ilmu itu tidak absout.
dengan ilmu pengetahuan,orang lalu tidak percaya pada takhayul.
Ilmu pengetahuan membimbing kita untuk tidak berfikir secara prasangka.
metode ilmiah membimbing kita untuk tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti yang nyata.
metode ilmiah juga membimbing kita selalu bersikap optimis,teliti,dan berani membuat pernyataan yang menurut keyakinan ilmiah kita adalah benar.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong