ARSIP BULANAN : March 2013

sistem operasi

21 March 2013 16:21:00 Dibaca : 41

1.pengertian sistem operasi
sistem operasi yang sering juga didebut dengan operating system(OS) adalah perangkat lunak/software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem,termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang digunakan untuk mempermudah aktivitas atau kegiatan manusia.
2.Jenis-jenis sistem operasi
Sistem operasi terbagi atas delapan,yaitu:
1. Sistem Operasi BeOS : Sistem Operasi Multimedia.
2. OS/2 Warp : Server Bisnis yang mahal.
3. MacOS : Standar bagi graphic designer.
4. JavaOS : Tak tergantung platform.
5. Sistem UNIX Komersial : Database Profesional.
6. FreeBSD dan NetBSD : Unix “Gratis” untuk Favorit ISP.
7. LINUX: Sistem Operasi semua.
8. Windows: Sistem Operasi Populer.
• Sejak tahun 1997, salah satu tujuan utama BeOS, adalah mengelola jumlah data yang besar secara optimal.
• Sistem operasi OS/2 Warp dikembangkan oleh IBM.Strukturnya lebih menyerupai database daripada sistem file.
• MacOS ditemukan pada tahun 1984 oleh peneliti Xerox PARC. Tetapi Applelah yang mempopulerkan dan belakangan diikuti oleh Microsoft.
• Pencipta Java, Sun Microsystems juga membuat sistem operasi Java yang disebut JavaOS. Jalur pengembangan JavaOS terbagi dalam beberapa cabang : Ada JavaOS untuk customer, yaitu sebuah sistem operasi untuk televisi, Web-Phones, dan komputer saku (palmtop).
• Dapat diandalkan, aman, mahal dan terikat pada hardware tertentu, merupakan atribut sistem operasi Unix komersial seperti Solaris dan SCO-Unix.
• Konsep awal sistem operasi Unix yang dikembangkan 1968 masih ditemukan dalam banyak versi modern, misalnya FreeBSD dan NetBSD.
• Pada tahun 1991 seorang hacker handal berkebangsaan Finlandia yang bernama Linus Benedict Torvalds mengembangkan sebuah sistem UNIX yang bisa diimplementasikan di komputer setingkat PC yang dikenal dengan nama Linux dengan tujuan memasyarakatkan UNIX.
• Microsoft memulai penelitian mengenai Interface Manager pada september 1981. MS akhirnya mengumumkannya dengan nama WINDOWS pada November 1983.
3.Fungsi sistem operasi
1. Mengelola sumber daya terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan. Sebagai contoh komponen perangkat keras pada komputer yaitu CPU, memori utama, alat input/output.
2. Mempersiapkan agar program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras secara konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara detil perangkat keras.
3. melakukan pengelolaan proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
4. melakukan pengelolaan data pengendalian terhadap data masukan/keluaran

Metode Ilmiah

14 March 2013 16:17:02 Dibaca : 203

Metode ilmiah memang sanggup menjangkau untuk menuju adanya tuhan,metode ilmiah juga tidak dapat menjangkau untuk membuat kesimpulan berkenaan dengan baik dan tidak buruk atau sistem nilai,juga tidak dapat menjangkau tentang seni dan keindahan.

metode ilmiah memiliki 4 unsur utama,yaitu:

1.karakteristik

2.hipotesis

3.prediksi

4.eksperimen

karena dengan adanya unsur-unsur diatas metode ilmiah dikatakan lebih dapat diandalkan,serta menghasilkan teori yang lebih menjanjikan.

kelemahan metode ilmiah
walaupun telah melewati tahap-tahap yang disebutkan diatas,namun metode ilmiah tetap memiliki kelemahan,antara lain:
kurang valid,karena tidak semua hasil dari metode atau penelitian disuatu daerah akan bisa diterapkan untuk daerah lain.
membutuhkan waktu yang lama,karena setiap penelitian memerlukan alat bantu berupa peralatan yang menggunakan tehnologi canggih.
dapat terhapus atau tidak dipakai bila terbukti ditemukan kesalahan dan bila muncul teori lain yang dianggap lebih berguna.
cenderung kaku dan tidak terpengaruh oleh rasio.
dengan metode ilmiah dapat dihasilkan pengetahuan yang ilmiah.kita telah mengetahui bahwa data yang digunakan untuk mengambil kesimpulan ilmiah itu berasal dari pengamatan.
keunggulan metode ilmiah
keunggulan metode ilmiah antara lain:
Mencintai kebenaran yang objektif,bersikap adil dan itu semua akan menjurus kearah hidup yang bahagia.
menyadari bahwa kebenaran ilmu itu tidak absout.
dengan ilmu pengetahuan,orang lalu tidak percaya pada takhayul.
Ilmu pengetahuan membimbing kita untuk tidak berfikir secara prasangka.
metode ilmiah membimbing kita untuk tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti yang nyata.
metode ilmiah juga membimbing kita selalu bersikap optimis,teliti,dan berani membuat pernyataan yang menurut keyakinan ilmiah kita adalah benar.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong