ARSIP BULANAN : March 2013

Ilmu Alamiah Dasar

14 March 2013 15:48:37 Dibaca : 98

Rasional dan Irasional
Menurut KBBI :
- Rasional adalah pikiran dan pertimbangan yang logis, menurut pemikiran yang sehat, dan cocok dengan akal.
-Irasioanal adalah pemikiran yang berdasarkan akal (penalaran) yang sehat, sebagian kecurigaan itu disebabkan oleh cara berfikir dari masyarakat kita, tidak masuk akal, dan tidak terhitung lagi.
Perkataan rasioanl berasal dari akar kata RATIO yang merujuk kepada akal atau minda. Fungsi Akal dihubungkan dengan proses mengingat, berfikir, kefahaman darinya diperoleh data, maklumat, pengetahuan dan fakta yang dijadikan asas dalam membina konsep, rumusan, hipotesis dan teori.
Berfikir rasioanal bermakna berfikir menggunakan akal untuk mendapat jawaban atau pedoman tentang suatu perkara. Ikhtiar yang dilakukan, pertimbangan yang diberi, keputusan yang dibuat,faktor-faktor seperti agama, kepercayaan dan faktor-faktor ghaib yang lain dianggap sebagai suatu irasional atau tidak masuk akal dan dikaitkan sebagai tahyul atau dogma.
Rasionalisme menegaskan bahwa tindakan manusia pada tingkatan tertentu harus bersifat rasioanl, rasionalisme atau gerakan rasionalis yaitu doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, dari pada melalui iman, dogma, atau agama. Rasionalisme mempunyai klemiripan dari segi ideologi dan tujuan dengan humanisme dan atheisme. Dalam hal bahwa mereka bertujuan untuk menyediakan sebuah wahana bagi diskursus sosial dan filsafat diluar kepercayaan, keagamaan dan tahyul.
diluar diskusi keagamaan, rasionalisme dapat diterapkan secara lebih umum, misalnya kepada masalah-masalah politik atau sosial. dalam kasus-kasus seperti ini, yang menjadi ciri-ciri dari perfektif pada rasionalis adalah penolakan terhadap perasaan (emosi). Adat istiadat atau kepercayaan yang sedang populer.
>> Kata Kunci :
1. Rasionalisme menegaskan bahwa tindakan manusia pada tingkatan tertentu harus bersifat rasioanal.
2. tindakan yang rasional menurut pemikiran rasionalisme adalah tindakan yang memiliki alasan & sebab.
3. Para pemikir Rasioanal menggunakan prinsip kemanusiaan.

Sekian.
Enjoy !! :))

semoga membantu 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong