Asal Muasal Serie A Liga Italia

21 May 2021 17:32:22 Dibaca : 24

Siapa sih yang tidak mengenal Serie A Liga Italia, Kompetisi sepak bola yang mengadukan klub-klub sepak bola yang sudah dikenal di seluruh dunia, seperti Juventus, AC Milan, dan Inter Milan ini memang sangat populer, setiap ajang kompetisinya selalu menyita perhatian pecinta sepak bola. Di antara klub-klub yang terkenal tersebut, terdapat banyak bintang sepak bola top dunia yang berkasir di Serie A Liga Italia, salah satunya Cristiano Ronaldo. Tetapi, berbicara mengenai Serie A Liga Italia rasanya belum lengkap apabila tidak membahas tentang sejarah kompetisinya di masa lalu. Berikut kami rangkum sejarahnya.

Serie A Liga Italiasudah berumur hampir 1 abad, tetapi fakta membuktikan bahwa ajang kompetisi ini bukanlah kompetisi sepak bola yang pertama di Italia. Pada tahun 1989, pihak Asosiasi Sepak Bola Italia didirikan oleh Federazione Italiana del Football atau FIF yang mana sekarang ini disebut dengan FIGC. Saat itu hanya terdapat 4 tim yang ikut ke dalam Asosiasi tersebut, yaitu FC Torinese, Societa Ginnastica, Genoa, dan Internazionale Di Torino. Walaupun begitu Federazione Italiana del Football masih membuat kompetisi bertaraf regional berisi 4 peserta. Pada kompetisi tersebut, Genoa keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan Torino dengan skor 2-1 pada babak final. Salah satu hal yang membuat ajang kompetisi ini terlihat unik yaitu, klub sepak bola yang berhasil menjadi juara akan langsung masuk ke babak final pada kompetisi berikutnya. Seiring berjalannya waktu ajang kompetisi sepak bola yang pertama di Italia itu terus berkembang hingga pada tahun 1904 namanya berubah menjadi Primer Categoria. Saat itu Genoa kembali meraih juara dengan skor akhir 1-0 mengalahkan Juventus pada babak final. Beruntungnya, pada tahun berikutnya, akhirnya FIGC diakui menjadi Asosiasi Sepakbola Resmi di Italia kemudian mulai bergabung bersama FIFA sebagai Federasi Sepakbola dunia. Oleh karena, peraturan klub yang  juara dan dapat maju ke babak final langsung dihapuskan.

Serie A Liga Italia ternyata pernah terpisah dan terbagi menjadi dua kompetisi. Hal tersebut dikarenakan banyak pemain asing non-Italia yang hadir,  sehingga membuat beberapa klub peserta ajang kompetisi sepak bola melakukan protes. Oleh karena itu, kemudian FIGC mulai menciptakan dua kompetisi yang berbeda, yaitu Campionato Italiano dan Campionato Federale yang mana ajang kompetisi yang digelar untuk pemain asing, dan Campionato Italiano yang mana ajang kompetisi untuk para pemain asli Italia. Sejak saat itulah dunia sepak bola di Italia mulai berkembang pesat. Namun,  ternyata selama perkembangannya tersebut muncul banyak konflik di antara keduanya karena adanya aksi dualisme kompetisi. Bahkan konflik tersebut terjadi sampai kubu internalnya sendiri. Salah satunya yaitu Milan yang terpecah menjadi dua klub. Inter Milan dan AC Milan. Konflik tersebut terus berlanjut hingga pada tahun 1928 FIGC sepakat membuat kompetisi dengan format baru yang  bernama Serie A Liga Italia. Dari sinilah kemudian kompetisi baru mulai bergulir pada tahun 1929. Sementara masa transisi berlangsung, kompetisinya dinamakan Divisione Nazionale. Kompetisi terbagi menjadi 2 grup, masing-masingnya tersusun atas 16 klub. Setiap klub yang berhasil lolos ke 8 besar klasemen akhir dari 2 grup otomatis dapat melangkah ke babak Serie A Liga Italia musim pertama di tahun 1929/ 30. Selanjutnya klub yang berhasil lolos di posisi ke-9 hingga ke-14 harus bermain di Serie B Liga Italia. Sementara 2 klub terbawah akan bermain pada divisi 3. Seperti itulah sejarah berdirinya Serie A Liga Italia.