Review Samsung A10

21 June 2021 11:16:09 Dibaca : 19

Samsung merupakan salah satu brand handphone ternama di dunia. Walaupun selalu identik dengan smartphone harga mahal, bukan berarti anda tidak bisa menemukan handphone Samsung dengan harga terjangkau. Kini sudah banyak handphone Samsung dengan harga terjangkau, salah satunya adalah Samsung A10.

Nah, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang review Samsung A10 sebagai berikut ini :

1.       Layar

 

Handphone yang dirilis pada tahun 2019 ini dilengkapi dengan layar berpanel IPS LCD yang terbilang canggih di kelasnya. Layarnya berukuran 6,2 inci dengan resolusi 729 x 1520 piksel. Ukuran layarnya tergolong cukup lebar ini akan sangat nyaman digenggam hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

 

2.       Prosesor

 

Handphone yang memiliki bobot 168 gram ini dilengkapi dengan dukungan sistem operasi Android 9.0 yang nantinya akan di upgrade menjadi Android 10. Samsung A10 ditenagai dengan chipset Exynos 7884 yang membuatnya memiliki performa yang terbilang cukup handal untuk sebuah smartphone entry level.

 

Selain itu, dibekali juga dengan kartu grafis GPU Mali-G71 MP2. Dengan adanya kartu grafis tersebut, memungkinkan anda bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih seru dan mengasyikan. Bukan hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan konfigurasi big LITTLE yang diklaim lebih efesien dalam penggunaan baterai.

 

3.       Kapasitas Memori

 

Mengingat harganya yang cukup terjangkau, sehingga tidak mengherankan jika handphone yang satu ini hanya dilengkapi dengan kapasitas RAM sebesar 2GB saja. Walaupun tergolong kecil, akan tetapi penggunaannya masih tetap bisa menunjang berbagai macam kegiatan harian anda yang ringan. Seperti untuk chatting, streaming, scroll media sosial, dan lain sebagainya. 

 

Jika kapasitas RAM 2 GB ini dianggap kecil bagi anda, handphone ini menawarkan varian lainnya yang hadir dengan kapasitas RAM 4 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, sangat cocok bagi anda yang hobi bermain game berat menggunakan perangkat mobile.

Untuk kapasitas memori internalnya, smartphone ini hadir dengan kapasitas ROM 32 GB. Selain itu, tersedia juga slot memori eksternal jika anda ingin menyimpan file lebih banyak lagi di smartphone.

 

4.       Kamera

 

Dari sektor kamera, Samsung A10 hanya dilengkapi kamera belakang dengan satu buah lensa wide beresolusi 13 MP. Selain itu, kamera belakang ini juga dilengkapi dengan fitur LED Flash yang dapat membantu anda ketika akan memotret objek dalam kegelapan. Dengan adanya fitur ini, objek yang anda bidik akan bisa tampak semakin jelas. Bukan hanya LED Flash, handphone ini juga dilengkapi dengan fitur HDR dan Panorama. Sedangkan untuk video, dengan menggunakan handphone ini anda bisa merekam sebuah video dengan resolusi hingga 1080p pada 30 pfs.

 

Lalu pada kamera depan, terdapat kamera selfie beresolusi 5 MP yang dapat menghasilkan gambar berkualitas. Bukan hanya dapat menunjang aktivitas selfie saja, kamera depan ini juga bisa anda manfaatkan untuk melakukan panggilan vieo call bersama keluarga atau sahabat.

 

5.       Baterai

 

Handphone buatan Samsung ini dilengkapi dengan kapasitas baterai yang terbilang cukup besar untuk sebuah kamera smartphone entri level, yakni sebesar 3400 mAh. Dengan kapasitas baterai itu memungkinkan anda bisa menggunakan handphone selama seharian dan tidak usah khawatir akan mudah habis.

 

6.       Fitur Lainnya

 

Walaupun masih menggunakan microUSB 2.0, namun handphone ini telah dilengkapi dengan teknologi USB OTG. Yang mana, dengan adanya teknologi ini membuat Samsung A10 dapat bertindak sebagai host dan membaca media pada perangkat lainnya.