6 Game Online Anti Bullying yang Wajib Dipahami Anak

22 June 2021 17:08:09 Dibaca : 905

6 game online anti bullying yang wajib dipahami anak – Perkembangan seorang anak akan ditentukan dari rumah dan lingkungan sekitarnya. Ketika orangtua dirumah sudah mengajarkan hal-hal baik untuk dilakukan, namun pergaulan di lingkungan sekitarnya pun akan ikut berperan dalam mempengaruhi pendidikan yang sudah diberikan tersebut. Simak juga di situs idn poker dan mainkan permainan game onlien terbaik dan populer disini. 

 

Nah, hal inilah yang akhirnya menjadi polemik baru yang terjadi bahkan hingga saat ini. Dimana anak bisa mengalami yang namanya bipolar atau berkepribadian ganda. Ketika berada dirumah, sang anak akan sangat manis dan mematuhi segala aturan yang ada. Namun, ketika berada diluar, sikap itu akan berubah dan akan mulai mengikuti lingkungannya.

 

Hal semacam ini sudah banyak terjadi di luaran sana, bahkan orangtua tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi terhadap perkembangan anaknya diluar rumah. Keadaan semacam inilah yang mengakibatkan game online anti bullying  tercipta.

 

Aspek yang jadi factor dari timbulnya penyakit bipolar ini sangatlah beragam. Bisa karena anak hidup dalam keluarga yang broken home, sehingga seringkali melihat pertengkaran dan penganiayaan, atau suka melihat film thriller, bahkan melakukan hal yang tidak semestinya hanya untuk menunjukkan siapa dirinya.

 

Bullying sendiri merupakan suatu tindak penindasan yang sudah lama terjadi, dan bahkan kasusnya pun masih bergulir hingga saat ini. Namun, kasusu bullying ini semakin hari bukan semakin mereda malah semakin menjadi. Dimana pihak yang menjadi korban bullying akan membalas perbuatan yang diterimanya dengan membuli anak lain.

Hal inilah yang kemudian membuat kasus bullying tidak pernah selesai dan masih terus terjadi. Dengan keadaan semacam ini, bukan hanya peran orangtua yang diperlukan, namun juga bantuan dari segala pihak agar kejadian seperti ini tidak terjadi dan terus berulang.

 

Tentunya ada banyak sekali dampak yang terjadi akibat tindakan bullying ini. Salah satunya adalah adanya gangguan mental yang bisa dialami oleh korban dari tindak bullying yang terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya ajarkan anak tentang arti bullying sejak dini.

Untuk memperjelas tentang buruknya dampak dari tindak bullying ini, maka Anda bisa simak beberapa rekomenda

si game online anti bullying yang bisa dimainkan oleh anak atas pengawasan dari orangtuanya agar bisa mencegah timbulnya sikap bullying pada dirinya.

Shrink The Cyberbully

Permainan edukasi dalam menghadapi cyberbully yang pertama adalah Shrink The Cyberbully. Dimana dalam game ini anak akan dibentuk pola pikirnya untuk menghadapi perlakuan bullying terhadap oranglain atau biasa disebut dengan bullier.

Permainan edukatif ini dibuat oleh pihak bernama Mcgruff.org. Dimana dalam permainan ini si pemain atau anak akan menghadapi dan mengalahkan objek yang sudah melakukan tindakan bullying ini. Dengan begitu, maka anak bisa mengerti dan paham bahwa tindakan bullying ini salah dan buruk, sehingga patut untuk dilawan dan tidak ditirukan.

Dalam permainan Shrink The Cyberbully ini juga diadakan sebuah sesi tanya jawab seputar bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi bullying. Jawaban baik atau buruk dari anak nantinya akan mengarah pada suatu kesimpulan sebagai saran terbaik dalam menghadapi bullying itu sendiri.

Menariknya lagi, game online anti bullying ini merupakan permainan yang dibentuk dalam sebuah cerita dengan animasi yang sangat menarik. Dengan begitu, maka anak pun akan tertarik untuk memainkannya sekaligus belajar akan buruknya tindakan bullying.

Simon Says

Untuk menjauhkan anak dari tindakan bullying bisa dilakukan dengan menanamkan sikap dan sifat simpati serta empati pada anak. Dimana sikap toleransi tinggi pun harus dimiliki. Game bernama Simon Says ini sendiri merupakan sebuah game edukasi yang mana dalam permainannya membutuhkan bimbingan orangtua. Permainan Simon Says ini juga bisa dimainkan secara offline.

Dalam permainan ini, sang anak akan memerankan karakter Simon yang mana akan memberi arahan kepada teman-temannya untuk melakukan suatu hal. Nah, peran Anda disini adalah untuk memberitahukan kepada anak bahwa tidak semua orang memiliki kesamaan.

Namun, semua anak tersebut tetap bisa bermain bersama dengan perbedaan yang dimiliki. Di akhir permainan, orangtua disarankan untuk memberikan kesimpulan dari permainan ini sebagai edukasi untuk anak terhadap apa yang disebut dengan cyberbully.

Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings

Game online anti bullying selanjutnya berjudul Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings. Game ini dikhususkan untuk memberikan pengajaran kepada anak dalam membaca perasaan orang lain. Dimana sikap menjaga perasaan orang lain merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menghindari tindakan bullying.

Cara memainkannya pun cukup mudah, yakni dengan mencocokkan kata-kata yang ada dengan gambar dari ekspresi wajah yang mewakili berbagai emosi yang ada. Tidak hanya itu, yang seru adalah dimana anak pun bisa menirukan setiap ekspresi yang ditunjukkan dengan cara berfoto.

Tujuan dari permainan ini sendiri adalah untuk mengajarkan anak tentang bagaimana membaca ekspresi dan emosi seseorang untuk menentukan bagaimana sikap yang benar dalam memberikan reaksi yang sesuai. Dengan permainan ini diharapkan anak bisa mengerti dan terhindar dari tindak bullying.

Sharing with Duckie Deck

Seperti yang diketahui bersama, bahwa banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa tindakan atau sikap berbagi membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan anak. Dimana game online anti bullying yang satu ini akan memberikan banyak sekali kegiatan positif sebagai contohnya.

Dalam permainan bernama Sharing with Duckie Deck ini ada 6 aktivitas positif yang harus dilakukan. Dimana diantaranya adalah anak harus membagikan objek tertentu sebagai hadiah, dan Duckie akan muncul dengan ekspresi senang jika respon yang diberikan oleh sang anak ini benar.

Dengan kebiasaan berbagi inilah yang akan menghindarkan anak dari rasa egois dan ingin menang sendiri. Kedua hal tersebutlah yang bisa menjadi salah satu pemicu anak menjadi seorang pembully.

Cool School: Where Peace Rules

Permainan berjudul Where Peace Rules ini bisa diunduh dan mainkan pada laman situs Cool School Games secara gratis. Dimana anak akan memainkan sebuah misi dalam menjadikan dan menciptakan suasana sekolah menjadi damai.

Cara memainkannya pun cukup mudah, yakni anak harus membantu temannya dalam memecahkan masalah yang dihadapi dengan baik. Dimana permasalahan yang dihadirkan berupa tindakan bullying dengan visual dan cerita yang layak untuk dimainkan oleh anak usia 5 tahun keatas.

Wee You - Things

Permainan yang satu ini sering dibilang hampir sama dengan permainan Simon Says. Dimana sang anak tidak hanya bermain game online saja, melainkan juga harus menjalankan hal tersebut di dunia nyata. Perbedaannya hanya terletak pada visual yang ditampilkan saja.

Dalam permainan Wee You - Things ini, visual yang ditampilkan sangatlah menarik, yakni berupa buku ajaib. Dimana buku inilah yang menjadi alat untuk bermain dalam kehidupan nyata. Permainannya pun cukup sederhana, yakni dengan menjawab berbagai macam pertanyaan dengan bantuan orangtua atau orang lain yang ada disekitar anak.

Pertanyaannya pun sederhana, yakni dalam bentuk cerita yang menarik. Meskipun permainan ini termasuk dalam kategori sederhana, namun membawa nilai moral yang positif.

Dan inilah sedertan game online anti bullying yang bisa Anda coba sebagai orangtua untuk bahan bermain anak di rumah. Dengan permainann-permainan tersebut maka diharapkan anak akan belajar pentingnya menghindari tindakan bullying ini.