Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang kampusnya berada di Kota Gorontalo dan sedang membangun di Bone Bolango itu, telah berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan capaian itu, menjadikan UNG sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka di Indonesia. UNG kini sudah setara dan sejajar dengan kampus-kampus terkenal di Indonesia. Seperti Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Karena sudah setara dengan kampus top di Indonesia, maka sudah tentu UNG akan jadi pilihan utama para calon mahasiswa dari luar daerah. Utamanya dari provinsi-provinsi yang kampusnya mendapatkan akreditasi masih di bawah UNG.

Dikutip dari laman https://sapto.banpt.or.id/viewua/2071, UNG mendapatkan akreditasi A dengan nilai 363. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal itu, UNG telah bekerja keras memenuhi semua hal yang disyaratkan. Kerja keras itu berlangsung kurang lebih dua tahun. Langkah-langkah yang dilalui antara lain dengan mengakreditasi setiap program studi (Prodi). Ada tujuh prodi yang mendapatkan akreditasi A. Sisanya mendapatkan akreditasi B. Sudah tak ada lagi yang mendapatkan akreditasi C.

        Disamping melakukan reakreditasi semua prodi, UNG juga melakukan kerjasama untuk mengembangkan tridahrama perguruan tinggi di bidang pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Baik dengan lembaga di dalam dan luar negeri. UNG juga telah menggelar kegiatan bertaraf nasional dan internasional. Seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) kebangsaan yang diikuti oleh ratusan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tak hanya itu, UNG juga terus meningkatkan sarana prasarana penunjang kegiatan kampus.

        Rektor UNG, Prof. Dr. Syamsu Q Badu menyampaikan, akreditasi A ini adalah hasil karya bersama seluruh civitas akademika UNG serta semua pihak yang selama ini terus bersama-sama dengan UNG.

“Alhamdulillah informasi hasil penilaian akreditasi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), akreditasi UNG yang sebelumnya B naik menjadi terakreditasi A,” ungkap Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat diwawancarai via telepon selulernya, Kamis (22/2).

       Syamsu Qamar Badu yang sudah dua periode menjadi Rektor UNG itu menyampaikan mendapatkan akreditasi A, maka banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh UNG. Misalnya, para alumni yang lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena lulus dari universitas yang terakreditasi A. UNG juga akan lebih mudah menjalin kerjasama internasional, dana pendidikan dan pengajaran akan meningkat termasuk dana untuk pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Masih banyak lagi keunggulan yang kita dapatkan dari akreditasi A ini,” kata Profesor yang akrab dengan panggilan SQB itu. Dengan hasil ini, dia berharap seluruh civitas akademika UNG bisa menjaga hasil kerja keras itu.

“Tugas selanjutnya adalah menjaga pencapaian akreditasi A UNG, serta mengedepankan pengembangan inovasi, geliat internasionalisasi kampus dengan terus berupaya meningkatkan kualitas agar lebih baik setiap tahunnya. Akreditasi ini harus menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga kampus untuk lebih berkarya,” pungkasnya.

        Didirikan pada tahun 1963, Universitas Negeri Gorontalo (Universitas Negeri Gorontalo) adalah lembaga pendidikan tinggi negeri nirlaba yang terletak di kawasan perkotaan kota kecil Gorontalo (kisaran populasi 50.000-249.999 jiwa). Diakui secara resmi oleh Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, Republik Indonesia (Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia), Universitas Negeri Gorontalo adalah berukuran sedang (rentang pendaftaran uniRank: 9,000-9,999 siswa) coedukasi institusi pendidikan tinggi Indonesia.

        Universitas Negeri Gorontalo juga menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar pra-sarjana (yaitu sertifikat, diploma, asosiasi atau yayasan), gelar sarjana, magister, gelar doktor di beberapa bidang studi. Universitas negeri Gorontalo (UNG) juga memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan ujian masuk dan catatan dan nilai akademik masa lalu siswa. Kisaran tingkat penerimaan adalah 70-80% menjadikan organisasi pendidikan tinggi Indonesia ini sebagai institusi yang agak selektif. Dan alumni yang melamar pekerjaan juga memenuhi standard Nasional.

        Universitas negeri Gorontalo (UNG) juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa termasuk perpustakaan, perumahan, fasilitas olahraga, bantuan keuangan dan / atau beasiswa, program studi dan pertukaran di luar negeri, kursus online dan kesempatan belajar jarak jauh, serta layanan administrasi. Sehingga, pada tahun 2019 Universitas Negeri Gorontalo menempati peringkat ke-89 universitas terbaik Tingkat Nasional versi 4icu.

Dan saya Bangga Bisa menjadi bagian dari Universitas Negeri Gorontalo

Sumber: https://unycommunity.com/peringkat-universitas-di-indonesia-versi-4icu-juli-2019/

 

        Universitas negeri Gorontalo atau biasa disebut UNG adalah perguruan tinggi negeri yang berada di provinsi Gorontalo, Indonesia Timur. Universitas negeri Gorontalo mendapat peringkat 100 besar universitas terbaik di Dunia versi Webometrics pada tahun 2018. Bagaimanakah awal mula terbentuknya nama universitas negeri Gorontalo? Dan disini saya merangkum awal mula terbentuknya nama UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

       Universitas negeri Gorontalo berdiri sejak 1 September 1963. Awal mulanya universitas ini diberi nama junior college yang menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Kemudian, pada tahun 1964 statusnya berubah menjadi cabang FKIP IKIP Yogyakarta cabang Manado, dan pada tahun 1965 bergabung dengan IKIP manado cabang Gorontalo.

         Pada tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu fakultas universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) unsrat manado di Gorontalo. Pada tahun 1993 lembaga ini resmi berdirinya dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.

        Pada Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 fakultas dan 25 program studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan presiden RI Nomor 54 tahun 2004, Tanggal 23 Juni 2004. Dan pada tahun 2018 universitas negeri Gorontalo menempati peringkat 100 besar universitas terbaik di dunia versi Webometrics.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong