ARSIP BULANAN : January 2016

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

26 January 2016 08:10:41 Dibaca : 119

Nama : Tri Indah Sari
Nim : 291414031

JENIS-JENIS TEKNOLOGI KOMUNIKASI BARU

• SATELIT KOMUNIKASI
Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistentnya. Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan Amerika.
Satelit komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah. Untuk pelayanan tetap, satelit komunikasi menyediakan sebuah teknologi tambahan bagi kabel komunikasi kapal selam optik fiber. Untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat terbang, di mana aplikasi teknologi lain, seperti kabel, tidak praktis atau tidak mungkin.
Komunikasi satelit adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Kebanyakan satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner, meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit Bumi rendah.
Fungsi satelit komunikasi adalah untuk memberikan pelayanan radio, televisi, dan telekomunikasi ke tempat-tempat di bumi. Satelit Komunikasi, Terobosan Alcatel di Bidang TI
JAKARTA - Di era yang serba global ini, satelit telekomunikasi menjadi sarana paling efektif di bidang biaya dalam menghubungkan satu manusia dengan manusia lain di seantero dunia. Teknologi ini paling bisa diandalkan untuk daerah yang belum dijangkau oleh jaringan telekomunikasi seperti fixed telepon ataupun seluler. Teknologi ini pulalah yang semestinya bisa diharapkan oleh rakyat Indonesia, khususnya di daerah pedesaan. Di Indonesia, satelit komunikasi yang kita kenal masih terbatas. Padahal di Eropa, satelit komunikasi sudah menjadi kebutuhan vital. Ini disebabkan jumlah perusahaan pengembang satelit komunikasi di Indonesia masih sedikit, bisa dihitung dengan jari. Sedangkan di Eropa, pengembang satelit sudah marak sejak lama.Salah satu pengembang satelit komunikasi yang memimpin adalah Alcatel Space yang bermarkas di Cannes, Prancis. “Kami mempekerjakan sekitar 60.000 karyawan dan sudah aktif di 130 negara,” ujar Sandy Gillio, Sales Manager Alcatel Space kepada SH di Cannes, Prancis ketika SH berkunjung ke pusat pengembang satelit tersebut. Bukan di Eropa saja, namun juga wilayah Amerika dan Asia Pasifik sudah mempercayakan pada satelit buatan Alcatel Space.Luncurkan SatelitBelum lama ini, tepatnya 9 Februari lalu, Alcatel Space sukses meluncurkan satelit komunikasi AMC-12 dari Baikonur Space Center, Kazakhstan. AMC-12 merupakan satelit ketiga yang dibangun Alcatel Space untuk operator Amerika, SES Americom yang menjadi bagian dari SES Global Group. AMC-12 akan menjangkau zona-zona interkoneksi meliputi Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa hingga Timur Tengah dan Afrika.Masih berplatform generasi baru Spacebus 4000 dari Alcatel Space, satelot AMC-12 akan mampu melayani mulai siaran langsung televisi dari rumah ke rumah hingga broadband Internet. Karena kapasitasnya yang besar, maka berbagai macam pengguna bisa memanfaatkannya. Ini meliputi para broadcaster, operator kabel, Internet Service Provider (ISP), hingga network pribadi.Di Asia Pacific Alcatel Space baru saja menempatkan satelit Apstar VI. Apstar VI yang menjangkau seluruh wilayah Asia Pacific, khususnya dari India, Cina hingga Australia. Proyek ini berkolaborasi dengan APT Satellite Holdings Limited (APT), salah satu operator satelit terkemuka di Asia Pasifik. Dengan satelit komunikasi ini dimungkinkan pembangunan broadband multimedia, televisi digital dan layanan telekomunikasi tradisional seperti sambungan telepon fixed.Khusus di Asia, mereka juga bekerja sama dengan China Satellite Communication Corporation (ChinaSat) untuk membangun satelit komunikasi generasi baru, Chinasat 9. Satelit ini akan mengkhususkan diri di bidang siaran langsung. Berbasis pada platform Spacebus 4000 C1, Chinasat 9 akan mengaktifkan 22 transponder Ku-band untuk program broadcast satellite services (BSS). Chinasat 9berbobot sekitar 4.500 kilogram dan power sekitar 11 kW. Satelit ini akan beroperasi lebih dari 15 tahun.

• VIDEO TECH
VidéoTech adalah proyek yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan multimedia menggunakan video digital otentik yang terkandung dalam konteks bahasa kedua Perancis di Kanada. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan tidak hanya isi pendidikan dan pembelajaran, tetapi juga komunitas praktek di mana pengguna dapat berkontribusi konten dan menyarankan jalur pembangunan alternatif. Sebagai sebuah media komunikasi, video berfungsiuntuk menyajikan informasi dari sebuah peristiwa yang terjadi baik itu ter-setting ataupun tidak, dimana informasi tersebut dapat membuat stimulusseseorang untuk dapat menyimak lebih dalam.
Proses pembuatan video secara sederhana bisa dilakukan hanyadengan menggunakan sebuah alat perekam yang bernama video camera.Menggunakan Alat perekam ini sebuah individu sudah dapat merekamsebuah peristiwa yang ada di depan individu tersebut. Bahkan saat inimerekam sebuah gambar tidak hanya bisa dilakukan oleh video camera, akantetapi dengan menggunakan smartphone berteknologi canggih pun sekarangseseorang bisa merekam gambar yang dia inginkan.Jika dilihat dari prosesnya merekam video itu sangatlah mudah.
Video-video yang direkam seseorang tanpa melewati beberapa proses pelaksanaan produksi video, hasilnya dapat digolongkan menjadi video amatir. Akan tetapi,untuk melakukan sebuah produksi video secara professional ada beberapatahap yang harus dilewati sebelum hasil video itu bisa ditayangkan ataudinikmati oleh penonton yang akan melihatnya. Beberapa tahapan prosespelaksanaan pembuatan video itu dapat dibagi menjadi 3 bagia, yaitu:a.Tahap pra-produksi;b.Tahap produksi; danc.Tahap pasca produksiTahapan-tahapan dalam produksi video tersebut mencakup dari pencarianide hingga pengemasan video sebelum video itu dapat ditonton olehpenontonnya.

• TELETECH
(NASDAQ : TTEC) adalah sebuah perusahaan bisnis penyediaan jasa tenaga kerja berskala global yang bertempat di Englewood, Colorado yang didirikan oleh Kenneth D. Tuchman pada tahun 1982, perusahaan ini menyediakan strategi untuk menarik pelanggan, solusi manajemen untuk keterlibatan pelanggan secara analitis maupun dengan cara menyediakan teknologinya.Perusahaan ini telah melayani lebih 250 klien dari berbagai macam industry global, termasuk otomotif, komunikasi, layanan financial, pemerintahan, layanan kesehatan,logistic, media dan hiburan, bisnis eceran, teknologi, travel, dan industry transportasi. Pada tahun 2015, TeleTech memiliki 46.000 karyawan yang telah melayani sekitar 80 negara.

• INTERACTIVE CABLE TELEVISION
Televisi interaktif (juga dikenal sebagai ITV atau iTV) adalah bentuk konvergensi media, menambahkan layanan data dengan tradisional teknologi televisi. Sepanjang sejarahnya, ini telah termasuk pengiriman on-demand konten, serta penggunaan baru seperti belanja online, perbankan, dan sebagainya. TV interaktif adalah contoh konkret bagaimana baru teknologi informasi dapat diintegrasikan secara vertikal (ke dalam teknologi yang didirikan dan struktur komersial) daripada lateral (menciptakan peluang produksi baru di luar struktur komersial yang ada, misalnya world wide web).
Televisi interaktif merupakan kontinum dari rendah (TV on / off, volume, mengubah saluran) untuk interaktivitas sedang (sederhana film on demand tanpa kontrol pemutar) dan interaktivitas tinggi di mana, misalnya, anggota audiens mempengaruhi program diawasi. Contoh paling jelas dari ini akan menjadi jenis real-time voting di layar, di mana orang penonton membuat keputusan yang tercermin dalam bagaimana acara terus. Sebuah jalan kembali ke penyedia program tidak perlu memiliki pengalaman program interaktif. Setelah film download misalnya, kontrol semua menjadi lokal. Link yang dibutuhkan untuk men-download program ini, tetapi teks dan perangkat lunak yang dapat dijalankan secara lokal pada set-top box atau IRD (Integrated Receiver Decoder) dapat terjadi secara otomatis, setelah penonton memasuki saluran.
Istilah "televisi interaktif" digunakan untuk merujuk kepada berbagai jenis yang agak berbeda dari interaktivitas (baik untuk penggunaan dan untuk teknologi), dan ini dapat menyebabkan kesalahpahaman yang cukup. Setidaknya tiga tingkat yang sangat berbeda adalah penting (lihat juga literatur video pelajaran yang telah dijelaskan tingkat interaktivitas dalam instruksi berbasis komputer yang akan terlihat sangat banyak seperti televisi interaktif besok).

• TELECONVERENCING
Pengertian teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi. Jadi teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
Di Indonesia, terdapat beragai layanan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensi atau teleconference tersebut.

• COMPUTERIZED NETWORK
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan atara satu dengan yang lainnya, menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi baik berupa kabel maupun tanpa kabel (wireless) sehingga dapat saling berbagi data atau informasi, program, ataupun perangkat keras (hardware) dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer dapat juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah kumpulan terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang berjumlah dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Dua buah komputer dikatakan sudah membentuk suatu jaringan bila melakukan pertukaran data atau informasi. Adapun manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut:
 Sharing resources
Peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang berada pada satu jaringan.
 Media komunikasi
Paringan komputer memungkinkan terjadinya hubungan komunikasi antar pengguna lain, baik pertukaran data atau informasi jarak jauh.
 Integrasi data
Penggunaan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena dengan jaringan komputer proses komputasi tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke komputer lain.
 Pengembangan dan Pemeliharaan
Dengan adanya jaringan komputer, pengembangan dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya.
 Keamanan data
Sistem jaringan komputer dapat memberikan jaminan pengamanan data, jaminan pengamanan data melalui pemberian hak akses.
 Sumber daya lebih efesien dan informasi terkini
Dengan adanya jaringan komputer, pemakaian peralatan dapat dipakai secara bersama-sama. Sehingga pemakai dapat memanfaatkan secara maksimal resources yang ada.
Computer Network” adalah sekumpulan autonomus computer yang saling terhubung dalam satu teknologi. Dua komputer dikatakan terhubung apabila keduanya dapat saling bertukar informasi. Koneksi yang ada tidak harus melalui kabel tembaga, bisa juga mengguanakan medium lain seperti fiber optic, gelombang mikro, inframerah, dan atau satelit komunikasi. Salah satu contoh dari “computer network” adalah internet,dimana internet ini bukan merupakan sebuah network tunggal melainkan network dari network lainnya.
Terdapat beberapa jenis “network” antara lain: Local Area Network(LAN), Wide Area Network(WAN), Metropolitan Area Network(MAN), Campus Area Network(CAN), Ethernet network, Token Ring Network, Fiber Distributed Data Interface(FDDI) network, Asynchronous Transfer Mode(ATM) network, frame-relay network, T1 network, DS3 network, bridged network, routed network, and point-to-point network. Jika anda cukup tua untuk mengingat program bernama Laplink yang memperbolehkan anda untuk meng-copy file dari satu komputer ke komputer lain melalui sebuah kabel port paralel khusus, anda dapat mengatakan koneksi jenis tersebut juga termasuk “network”. Walaupun tidak besar (hanya dapat terdiri dari dua komputer) ataupun tidak terlalu cepat namun ada pengiriman data dari suatu komputer ke komputer lain melalui sebuah koneksi.
Koneksi adalah konsep yang penting. Hal ini yang membedakan “network” sesungguhnya dengan “sneaker net“. Dalam sneaker net, informasi ditransfer dari satu komputer ke komputer lain dengan menggunakan removable media. Ketika memasukkan sebuah floppy disk ke dalam sebuah komputer, tidak ada indikasi bahwa file yang ada berasal dari komputer lain karena tidak adanya koneksi. Sebuah koneksi melibatkan beberapa hal seperti pengalamatan atau pengidentifikasian sebuah node dalam sebuah network (walaupun itu hanya master/slave atau primary/secondary).

Berikan contoh implikasi dalam penggunaan teknologi komunikasi baru dalam kehidupan sosial, ekonomi, budya dan politik masyarakat.

a) Dalam kehidupan sosial
Dengan adanyan teknologi yang berkembang pesat, orang-orang dengan mudahnya mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan banyak orang dengan menggunakan teknologi seperti facebook,twitter, whatsApp dan masih banyak aplikasi-aplikasi yang sudah ada pada zaman modern seperti sekarang ini.
b) Dalam ekonomi
Didalam bidang ekonomi apalagi pada zaman sekarang ini orang-orang sering menggunakan teknologi yang sangat canggih, dimana teknologi sudah menjadi tempat untuk berbisnis. Lebih jelasnya dalam aplikasi Teletech yang menyediakan jasa tenaga kerja bagi siapa saja.
c) Dalam budaya
Implikasi teknologi baru didalam budaya juga sangat mempengaruhi, dimana teknologi bisa merubah sikap dan perilaku seseorang denga budayanya masyrakat jadi lupa akan budaya yang ada.
d) Dalam politik masyarakat
Kebanyakan orang-orang sudah memberikan Informasi-informasi politik diinternet atau yang lainya. Karena bisa dikatakan lebih efisien dan mereka menggunkan media apa saja dalam meberikan informasi-informasi didunia politik.

Artikel tentang penggunaan teknologi baru dalam jurnalisme

“TEKNOLOGI DAN PENGARUHNYA DALAM BIDANG JURNALISME”

Jurnalisme merupakan pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita dalam surat kabar atau disebut juga kewartawanan. Jurnalisme bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Dalam pengertian jurnalisme berita harus memiliki kelengkapan yang dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat. Kelengkapan tersebut meliputi berita yang disampaikan, obek dan subjek suatu peristiwa, waktu dan tempat yang kemudian dipaparkan secara kronologis serta bagaimana peristiwa tersebut terjadi dan apa dampak yang dibawa bagi masyarakat umum. Di era modern ini, dalam penyajian sebuah berita pun tidak luput dari kemajuan teknologi. Surat kabar yang telah akrab dengan pembaca sepertinya mulai terbawa seiring dengan perkembangan teknologi.
Teknologi dalam perkembangan arus produksi, konsumsi dan distribusi informasi memegang peranan penting. Pentingnya peranan teknologi dalam proses massifikasi informasi terjadi ketika hasil teknologi membantu mengubah pola komunikasi yang dibatasi oleh ruang dan waktu menjadi pola komunikasi informasi tanpa batas. Pada awalnya ketika kita mendengar istilah surat kabar dan berita, banyak orang yang berfikir mengenai koran. Koran pada masa sebelumnya merupakan koran dalam wujud kertas yang dicetak dan berisikan informasi-informasi yang dikumpulkan menjadi satu. Tetapi seiring berkembangnya waktu, koran tidak lagi seperti hanya sebuah cetakan kertas.
Teknologi yang semakin maju pesat menyebabkan koran dapat dengan mudah di akses secara digital, dengan menggunakan alat-alat yang ada misalnya gadget seperti tablet, smartphone, laptop, dll. Koran yang dibaca tidak lagi koran harian dalam bentuk media cetak, tetapi koran digital yang dapat terus menambah berita setiap menitnya. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan teknologi ditengah-tengah kehidupan jurnalisme.
Munculnya medium baru internet, yang salah satu fasilitasnya populer dengan nama World Wide Web (WWW) era 1990-an, menandakan babak baru dalam sistem komunikasi global. Sistem komunikasi tanpa batas. Melampaui batas-batas fisik geografis, mental ideologis, ruang dan waktu. Komputer yang sebelumnya sebagai medium pengumpulan dan penyimpanan, berkembang menjadi media komunikasi dan jaringan komunikasi yang kompleks dengan segala struktur operasionalnya. Internet, sebagai sebuah jaringan komputer global, merupakan suatu teknologi yang memicu perkembangan berita elektronik (e-News). Teknologi internet memungkinkan berita dipublikasikan dengan menggunakan format Hypertext MarkUp Language (HTML). Dimana, format berita (teks, gambar/foto, video, audio, animasi) disajikan secara digital, sehingga pembaca dapat mengakses dari komputer maupun gadget lain dengan cepat dan seketika pada halaman web. Jarak dan waktu bukan lagi kendala. Karenanya, internet sebagai medium jurnalistik memiliki banyak kelebihan dibandingkan media massa lain. Mudah mengaksesnya, memproduksi dan menyebarkan dengan cepat dan murah dengan daya jangkau dunia. Seperti produk dan layanan yang sudah dikembangkan BBC (bbc.co.uk) antara lain news feed, podcasts, deskstop alert, berita pada mobile phones, Portable Digital Assistant (PDA), serta perangkat mobilelainnya. Dalam Internet, interaksi antara orang-orang dimediasi oleh komputer, dan ditentukan oleh alat teknologi yang dipergunakan.
Interaksi komunikasi yang terjadi bukanlah sesuatu yang lahir secara natural. Melainkan hasil adanya konstruksi teknologi. Jurnalistik sebagai kegiatan melaporkan berbagai kejadian atau peristiwa yang terjadi di masyarakat. Sementara berita adalah laporan atau pemberitahuan tentang sesuatu kejadian atau peristiwa yang disampaikan melalui orang lain, baik secara lisan maupun tertulis. Dalam konteks ini, pengertian berita yang dimaksud adalah penyajian informasi yang sudah, sedang dan akan terjadi. Internet dan perkembangannya mengakibatkan adanya tuntutan perubahan bentuk berita, dari pers cetak dan broadcast menjadi bentuk berita online (e-News).
Berita dalam media online berkembang sangat pesat, tidak saja dalam bentuk teks tetapi juga dalam bentuk multimedia, yaitu menggabungkan teks, audio dan video yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun manusia berada. Semua perubahan dalam surat kabar digital kini tidak jauh pengaruhnya dari adanya internet. Segala koran digital, streaming TV, dll dapat dilakukan dengan adanya internet. Dengan edisi online internet mampu menjangkau jumlah pengunjung situs yang lebih besar. Sinergi media cetak dengan internet memperkuat penentuan diri khalayak dalam hal informasi dan membuat mereka lebih bebas dari media konvensional. Internet sebagai media teknologi baru juga mempengaruhi transformasi jurnalisme secara fundamental. Beberapa fakta menunjukkan bahwa banyak perusahaan mengembangkan radio internet dan jurnalistik onlinesekaligus karena tuntutan perkembangan. Media harus tetap dekat kepada audiencenya dimana pun mereka berada. Informasi audio dan video dapat disimpan dalam bentuk digitaldan memudahkan pendengar untuk menelusurnya kembali.
Internet mempengaruhi kegiatan jurnalisme juga berkaitan dengan gerakan Web 2.0. Web 2.0 adalah apa yang disebut interaktivitas internet, mendeklarasikan dirinya kepada dunia sebagai teknologi yang memungkinkan manusia dengan sebuah komputer menjadi seorang penulis, sutradara film, ataupun musisi. Gerakan Web 2.0 merupakan ideologi yang berdasarkan kepada asumsi-asumsi etik mengenai media, budaya, dan teknologi. Gerakan ini ‘memuja’ para amatir kreatif: para pembuat film otodidak, musisi awam, dan penulis-penulis yang tidak ternama. Gerakan Web 2.0 menyarankan semua orang tanpa terkecuali untuk menggunakan media digital untuk mengekspresikan dan menyadari diri mereka. Web 2.0 memperkuat kretifitas kita, mendemokratisasikan media, dan meingkatkan level antara para ahli dan para amatir. Hal yang memperkuat internet adalah kreativitas. Karena tujuan adanya suatu budaya adalah mewakili manusia, menjadi manusia saja kini bisa sebagai kualifikasi untuk ikut serta dalam ekspresi budaya. kita tidak perlu memiliki persepsi, sintesis, atau secara verbal berfikir kritis seperti seorang jurnalis, kita cukup mewakili atau menghadirkan diri kita sebagai jurnalis dan berusaha untuk menunjukkan bahwa kita sedang melakukan jurnalisme. Hal inilah yang akan membawa kepada contoh jurnalisme yang semkin berkembang akibat berkembangnya teknologi.
Sekarang, dengan ditemukannya internet, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis professional. Setiap orang bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyampaikan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan dalam perkembangan jurnalistik tersebut adalah citizen journalism. Citizen journalism atau jurnalisme warga adalah konsep bagi anggota publik yang memainkan peran aktif mengumpulkan, melaporkan, menganalisis dan menyebarluaskan berita dan informasi. Maksud dari anggota publik disini adalah setiap orang tanpa latar belakang pendidikan dan keahlian. Kehadiran citizen journalism mendorong setiap orang untuk berani menulis dan melaporkan informasi atau berita kepada banyak orang tanpa harus memiliki label atau status sebagai seorang jurnalis professional. Online journalism dapat mengirim berita secara bersamaan dan serentak dalam bentuk breaking news event sesuai dengan cakupannya yang global. Online journalism disebut permanen karena para reporter bekerja berjam-jam untuk sebuah dokumen berita digital yang dapat disimpan dalam sebuah server komputer dalam waktu yang lama dan tetap terjaga kualitasnya. Berbeda dengan surat kabar cetak yang mediumnya masih berupa kertas yang mudah sobek, begitu juga dengan videotape dan audiotape yang akan menurun kualitasnya seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi. Informasi yang disimpan online dapat dijaga kualitasnya, mudah diakses, tetapi memang memiliki kemungkinan rawan diduplikasi. Karena ‘web’ adalah sebuah medium terbuka dan suatu teknologi yang berupa jaringan, sehingga mudah diduplikasi dan disimpan dari lokasi yang berbeda dengan aslinya.

• Dampak positif
Sekarang, dengan ditemukannya internet, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis professional. Setiap orang bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyampaikan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan dalam perkembangan jurnalistik tersebut adalah citizen journalism. Contohnya, diacara berita ditelevisi dimana mereka memberikan informasi yang diberikan oleh khalayak atau masyarakat.

• Dampak negatif
Namun pada sisi lain juga karena adanya citizen di internet maka kebenaran atas berita yang diberikan belum bisa dipercaya. Karena pembaca belum tentu bisa melihat mana yang jurnalisme yang menggunakan cara penulisan yang baik dan mana jurnalise yang penulisannya belum tentu akurat. Itu juga berdampak pada orang yang akan membaca berita itu. Contohnya, didalam sosmed atau facebook dimana berita difacebook beritanya belum tentu benar atau akurat.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Satelit
http://www.onestopenglish.com/methodology/methodology/teaching-technologies/teaching-
http://www.finanznachrichten.de/nachrichten-aktien/teletech-holdings-inc.htm
https://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_protokol_Internet
https://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_television
https://firmanhendrad.wordpress.com/2013/12/16/semua-tentang-iptv-all-about-iptv/
http://amilbayu.blogspot.co.id/2013/11/iptv-internet-protocol-television_21.html
https://unindrax1eione.wordpress.com/jaringan-dan-telekomunikasi-3/teleconference/
http://iamafandi.blogspot.co.id/2013/04/karya-ilmiah-dampak-teknologi-informasi.html