ARSIP BULANAN : December 2016

Resume Komunikasi Pemasaran

13 December 2016 09:41:52 Dibaca : 25

Nama : Ayu Rahmawati Diko
Nim : 291 414
Kelas : B Ilmu Komunikasi (semester 5)
M.K : Komunikasi Pemasaran
Tugas : UAS
Resume PRG “Stand “BI (Bank Indonesia)
Untuk presentasi pengunjung yang melihat pajangan dari stand BI ini hanya sedikit, sekitar yaitu 10 % saja, dan pengunjung yang terhitung 10 % ini banyak dari kalangan masyarakat biasa saja. dan dari mereka yang datang di hari pertama mengunjungi stand BI ini alasannya karena tertarik dengan hadiah payung. Paling banyak pengunjung yang datang tertarik dengan kuis tebak jumlah koin yang sudah disediakan oleh pemilik stand tersebut. jadi yang jawabannya benar atau mendekati benar dalam kuis tebak koin tersebut akan mendapatkan hadiah.
Dan untuk pelayanan awal hari pertama pengunjung yang datang pertama ke stand BI, dan pengunjung memberikan sebuah tulisan harapan untuk BI, mereka akan mendapat hadiah payung gratis. Untuk pengunjung yang datang menanyakan hal-hal terkait di stand BI ini, paling banyak dari kalangan pegawai, terhitung sekitar 35 %. Untuk tingkat keefektian kinerja staf dari stand BI, bisa dikatakan sekirar 85% efektif, karena setiap ada pengunjung yang datang ke stand BI ini untuk bertanya-tanya maka penjaga stand menjawab dengan baik, dan pada setiap saat keadaan stand selalu dijaga atau tidak pernah ditinggalkan dalam keadaan kosong atau tidak dijaga. Untuk penjaga stand ada 2 orang, satu orang dari pegawai tetap, dan untuk satu orang lagi dari obsorvi. Jadi saling bergantian jaga jika ada urusan lain.
Untuk presentasi pengunjung yang diharapkan datang ke stand BI sekitar 65 % dari semua jumlah pengunjung. Dan untuk kalangang pengunjung yang diharapkan merata, baik dari kalangan masyarakat biasa ataupun dari para pegawai. Mereka juga mengharapkan untuk para pengungjung stand BI akan bertanya-tanya mengaenai Bi. Seperti tugas-tugas BI, Dan pengunjung juga bisa melihat langsung visi-misi BI yang sudah dipajang di stand BI, supaya pengunjung tahu seperti apa BI tersebut. namun, ternyata kenyataannya tidak sesuai harapan, bahwa sangat sedikit sekali pengunjung yang datang hanya sekedar lewat, dan melihat saja, apalagi untuk bertanya-tanya mengenai BI itu sedikit sekali.
Dan rata-rata dari beberapa pengunjung yang datang di stand BI lebih menanyakan mengenai kredit. Untuk promo produk-produk di BI, ada beberapa buku-buku tentang BI, Karena salah satu tugas BI yaitu sebagai pemberi rekomendasi kepada pemerintah soal perkembangan ekonomi yang ada diprovinsi, misalnya inflasi, untuk presentasinya berapa. dari BI bisa memberikan rekomendasinya kepada pemerintah, dan BI juga mempunyai data seperti SPH itu juga sebagai pemantauan harga, jadi dari harga bisa dihitung kira-kira inflasi yang terjadi disitu berapa persen.
Dari semua perkembangan ekonomi diterbitkan dalam bentuk buku, dan diterbitkan pertriwulan. Dalam buku tersebut ada tentang inflasi, perkembangan, mengenai energi, bensin, bahan-bahan kebutuhan pokok, perumahan, perbankkan, dan sebagainya.
Besar biaya yang dikeluarkan untuk produk, misalnya untuk buku keker disediakan sekitar 126 exemplar biayanya sekitar 60 juta. Ada juga produk BI yaitu PSBI (penyaluran bantuan sosial BI), misalnya ada orang yang memasukkan proposal untuk kegiatan sosial, maka bisa difasilitasi oleh BI.
Ada hasil dari produk UMKM binaan BI Seperti , makanan stik jagung, sagela, Yang juga dipajang distang BI. Ini salah satu fungsi pelaksanaan BI membina UMKM yang ada digorontalo, ada juga produk beras organik, sapi potong dll.
Di BI tidak ada pelayanan simpan pinjam, karena BI berfungsi mengatur bank-bank, BI juga yang meberi aturan, seperti berapa % bunga yang harus dikeluarkan oleh bank-bank lain. Bahkan dulu Seluruh kinerja bank-bank juga dievaluasi oleh BI, tetapi sekarang tugas tersebut sudah dialihkan kepada OJK, Jadi fungsi BI hanya mengatur bank-bank saja.
Usaha yang dilakukan BI Untuk meningkatkan citra BI itu sendiri seperti, melakukan progam perubahan ditiap-tiap kantor perwakilan BI. Dimasing-masing provinsi ada kantor perwakilan. Jadi pegawai-pegawai ditiap kantor perwakilan diminta untuk berkreatifitas, dari kreatifitas tersebut diharapkan bisa dapat membangun BI lebih berkembang. di BI juga ada tugas pemantau hal-hal yang ada dimedia massa, seperti apa yang terjadi dogorontalo, jadi BI bisa tahu prodauk-produk yang yang laris atau baru digorontalo.