Aplikasi Video Pembelajaran

14 October 2018 23:51:47 Dibaca : 18

         Pembuatan video pembelajaran dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat memberikan hasil yang bagus dalam vidio tersebut. Hal yang pertama harus dibuat dalam pembuatan video adalah membuat storyboard.

    Storyboard merupakan sketsa atau gambar yang dapat menggambarkan cerita dalam vidio tersebut sehingga orang bisa mengerti atau paham dengan vidio yang akan di buat.

Aplikasi yang dapat kita gunakan dalam pembuatan vidio pembelajaran yaitu:

  1. Moovly. Moovly adalah salah satu dari banyak aplikasi yang berguna untuk pembuatan animasi video atau edit video.
  2. Camtasia. Camtasia merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer. Software ini bisa di manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning yaitu dengan membuat vidio tutorial atau pelatihan dan membuat vidio presentasi.
  3. Powtoon. Aplikasi powtoon yaitu layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki animasi yang sangat menarik seperti animsi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah.
  4. Movie maker.Aplikasi movie maker merupakan perangkat luna yang dapat mengolah vidio dari windows XP. Fungsi utama program ini adalah untuk melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan film yang sedang disunting.

 

TERIMAKASIH :)

 

Microsoft Excel

06 October 2018 23:18:42 Dibaca : 31

        Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Menurut Susandra (2013) microsoft excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). fungsi dari microsoft excel yaitu untuk melakukan opersi perhitungan serta dapat mempresentasikan data kedalam bentuk tabel.

Fungsi dari Microsoft Excel

  • Untuk membuat laporan ataupun keperluan administrasi suatu perusahaan
  • Memudahkan perhitungan otomatis dengan memanfaatkan rumus dan fungsi serta logika pada Microsoft excel
  • Memberikan kemudahan membuat laporan keuangan
  • Memudahkan pembuatan table dan grafik berdasarkan dari suatu perhitungan
  • Dapat menyajikan data dengan tampilan yang rapi, tepat serta penghitungan yang akurat.

Manfaat dari Microsoft Excel

  • Dengan adanya berbagai rumus formula yang ditawarkan, tentu akan memudahkan kita untuk membuat rumus yang sulit dan variatif
  • Fitur grafik data pada Microsoft excel ini memberikan kemudahan dalam proses penganalisaan data dalam bentuk table maupun grafik
  • Jika terjadi kesalahan penghitungan pada tahapan tertentu dapat diketahui secara mudah menggunakan fasilitas trace error.
  • Jumlah baris dan kolom yang sangat banyak pada Microsoft excel ini akan memudahkan kita ketika menginput data dalam jumlah yang sangat banyak.

Data yang dapat diolah dalam microsoft excel diantranya yaitu:

  • Data Angka (numeric)
  • Data Teks/Label
  • Data Tanggal (date)
  • Fungsi
  • Data Waktu (date)
  • Rumus (Formula)

Peran microsoft excel sangat banyak, antara lain

  1. Membuat sebuah laporan keuangan
  2. Membuat Daftar Nilai
  3. Membuat daftar hadir
  4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
  5. Menghitung Kurs Mata Uang
  6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
  7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
  8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
  10. Menyajikan data secara tepat,
  11. Bisa unutk buat RPP dan langsung muncul silabusnya

Kelebihan microsoft excel

  1. Memudahkan dalam menghitung otomatis dengan memanfaatkan rumusan dan fungsi serta logika pada microsoft excel.
  2. Memiliki daya tampung yang sangat besar. Dimana dalam satu sheet terdiri dari 1 juta baris dan 16 ribu kolom. Sehingga anda bisa mengentry data dalam jumlah yang sangat banyak Adanya fitur rumus dan fungsi membuat Microsoft excel semakin mudah dioperasikan.
  3. Dapat dapat menghemat waktu pengerjaan.

       Kesulitan dalm penggunaan microsot excel itu terletak dalam penguasaan rumus yang akan kita gunakan jika salah dalam memahami rumus maka akan salah juga hasil yang akan di dapatkan.

Kesulitan yang dihadapi dalam penggunaan microsoft excel

  1. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  2. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. kemudian Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya, Jika salah menggunakan rumus akan berakibat serta pada kesalahan membaca data.

     Pembuataan rpp mnggunakan aplikasi excel memudahkan kita secara otomatis dalam pembuatan rpp dan silabus, namun di lain sisi juga kekurangan dri aplikasi ini pengaturan pada kolom input yang kadang secara tidak otomatis dapat terganti pada silabus. Melihat itu perlu di ketik kembali agar sesuai dg silabus yg sehrusnya.

Mendeley

04 October 2018 00:13:10 Dibaca : 9

      Menurut Lukman (2013), mendeley adalah piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Mendeley berfungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan mengolah daftar pustaka dalam menyusun karya tulis ilmiah atau skripsi selain itu mendeley juga mempermudah kita untuk menemukan jurnal yang kita gunakan. Aplikasi mendeley ini dapat menghindari penulis dari plagiat dan dapat mencantumkan sumbernya dengan benar. Plagiarisme tidak bisa dilakukan karena jika kita melakukan hal tersebut maka sama saja kita mencuri karya orang lain.

     Kesimpulannya aplikasi Mendeley dapat mendeteksi plagiat, mencari jurnal/ artikel, penyimpanan online secara gratis, aturan penulisan dan parafpase. Aplikasi Mendeley membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam Mendeley adalah sebagai berikut:

  1. Mendeley Desktop, berbasiskan Windows, Macinthos dan Linux.
  2. Metadata dapat langsung dibuat dari file PDF.
  3. Back-up dan sinkronisasi dilakukan melalui komputer secara silang dengan akun private secara online.
  4. PDF viewer untuk membuat catatan, text highlighting dan tampilan secara full-screen.
  5. Pencarian dapat dilakukan melalui teks lengkap.
  6. Filtering, tagging dan pemberian nama file secara otomatis pada file PDF.
  7. Pembuatan sitasi dan daftar pustaka melalui Microsoft Word, OpenOffice.org dan LibreOffice.
  8. Impor dokumen dapat dilakukan langsung dari website eksternal (seperti PubMed, Google Scholar, Arxiv, Science Direct, ProQuest, Springer) melalui ikon browser bookmark.
  9. Sinkronisasi terhadap hasil ekspor dalam format BibTeX.
  10. Private groups untuk bekerjasama dan saling berbagi terhadap anotasi dari dokumen hasil penelitian.
  11. Public groups untuk berbagi (share) daftar bacaan yang tersedia.
  12. Fitur social networking (newsfeeds, comments, profile pages, dan sebagainya).
  13. Statistik dari dokumen yang banyak dibaca, pengarang dan publikasi.
  14. iPhone dan iPad app.

Beberapa hal yang harus perhatikan dalam memilih artikel atau jurnal yang digunakan:

  • Jurnal Ilmiah selalu diterbitkan secara berkala, terbit setiap tahun (dinyatakandengan“Volume”) dan dalam setahun bisa terbit lebih dari satu kali (dinyatakan dengan“Nomer”.
  • Diterbitkan oleh lembaga penerbit atau institusi keilmuan(misal: Organisasi Profesi, PerguruanTinggi, LembagaRiset, Penerbit, dll).
  • Struktur utama artikel adalah: Judulartikel, NamaPenulis, Abstrak, Isi, Kesimpulan, DaftarPustaka.

      Untuk pemula penguna aplikasi ini sebaiknya melihat tutorialnya terlebih dahulu kemudian mengikuti langkah-langkah yang ditutorial tersebut agar mempermudah kita dalam penggunaan aplikasi ini. Jika kita tidak mengikuti langkah-langkahnya dengan benar maka kita akan merasa bahwa penggunaan aplikasi ini sangat sulit.

Kelebihan:

  • Aplikasi Mendeley sangat bermanfaat bagi mahasiswa/peserta didik dalam hal sitasi atau penulisan pustaka apalagi dalam penulisan karya ilmiah (makalah, jurnal dan tugas akhir mahasiswa).
  • Aplikasi Mendeley sangat membantu mahasiswa dalam pembuatan referensi atau mengatur referensi misalnya pembuatan daftar isi, catatan kaki atau foot note, dan daftar pustaka, aturan penulisannya juga sudah teratur sesuai dengan aturan yang digunakan.
  • Perangkat lunak mendeley, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen sehingga mahasiswa mampu menghindari plagiarisme.

Kelemahan:

  • Tidak memiliki kemampuan database search
  • Import file hanya bisa untuk koleksi digital dengan format pdf dan doc, semua file yang kita upload ke Mendeley akan terunggah ke website Mendeley.
  • Restore hanya berlaku untuk satu komputer yang sama dalam satu instalasi yang sama, jika berbeda komputer atau new installation OS maka Mendeley menolak dan meminta untuk login ke website untuk melakukan sinkronisasi

 

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

24 August 2018 11:54:05 Dibaca : 10

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write). Information and communications technology (ICT) literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.


Cara untuk membentuk budaya literasi diantaranya:

  1. Pendekatan akses fasilitas baca (buku dan non buku)
  2. Kemudahan akses mendapatkan bahan bacaan
  3. Murah/ Tanpa biaya (gratis)
  4. Menyenangkan dengan segala keramahan
  5. Keberlanjutan/ Continue/ istiqomah

       Menurut Wijaya:31 aspek yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan koknitive dan teknis yaitu:

  1. Akses        : Mengetahui bagaimana mendapatkan/mengumpulkan informasi.
  2. Mengelola : Menerapkan skema klasifikasi atau organisasi.
  3. Mengintegrasikan: Meng-interpretasikan dan menggambarkan kembali informasi (membuat ringkasan, membandingkan, dan menggarisbawahi).
  4. Mengevaluasi : Menguji tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi.
  5. Menciptakan   : Membuat informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.

       Menurut Mentri Komunikasi dan Informasi RI (2006:42) tingkatan kematangan literasi TIK yaitu:

  1. Level 0 – Sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi.
  2. Level 1 – Memiliki pengalaman satu dua kali dalam melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi dalam menyelesaikan sesuatu.
  3. Level 2 – Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitasn sehari-hari secara terus menerus.
  4. Level 3 – Memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi sebagai acuan pengunaanya dalam aktivitas sehari-hari.
  5. Level 4 – Sanggup meningkatkan kinerja aktivitas melalui pemanfaatan TIK.
  6. Level 5  – Menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian dari kehidupannya (information society atau manusia berbudaya informasi).

Elemen-Elemen Literasi Informasi

  1. Visual Liteacy (terbagi menjadi pembelajaran visual, pemikiran visual, komunikasi visual).
  2. Media Literacy (kemampuan untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik).
  3. Computer Literacy
  4. Digital Literacy
  5. Network Literacy (menempatkan, mengakses dan menggunakan informasi dalam dunia berjejaring).

Model Pencarian Informasi

  1. Starting (Mulai), pencari informasi dengan memasukan kata kunci.
  2. Chaining (Menghubungkan), mengkaitkan dengan daftar pustaka yang ada.
  3. Browsing (Menjelajah), pencarian informasi dengan cara terstruktur.
  4. Differentiating (Pembedaan), penyaring informasi berdasarkan sifat dan kualitas rujukan
  5. Monitoring (Memantau), mengembangkan lebih lanjut pencarian informasi terhadap sumber-sumber tertentu.
  6. Extracting (Mengambil Sari), menyimpulkan informasi yang di dapat secara sistematis

Literasi Komputer

Literasi Komputer merupakan pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan komputer dan teknologi secara efisien.

Literasi Digital

Literasi digital merupakan kemampuan dalam memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital.

Manfaat Literasi Digital

  1. Menghemat waktu dan uang
  2. Belajar lebih cepat
  3. Membuat lebih aman
  4. Selalu memperoleh informasi terkini
  5. Selalu terhubung
  6. Membuat keputusan yang lebih baik
  7. Dapat membuat anda bekerja
  8. Membuat lebih bahagia
  9. Mempengaruhi dunia.

Elemen Penting Literasi Digital

  1. Social Networking (jaringan sosial)
  2. Transliteracy (transliterasi)
  3. Maintaining Privacy (menjaga privasi)
  4. Managing Digital Identity (mengelola identitas digital)
  5. Creating Content (membuat konten)
  6. Organising and Sharing Content (pengorganisasian dan berbagi konten)
  7. Reusing/repurposing Content (menggunakan kembali/ repurposing konten)
  8. Filtering and Selecting Content (menyaring dan memilih konten)
  9. Self Broadcasting (penyiaran diri).

Literasi Internet

Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital.

 

TERIMA KASIH :)

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong