RANGKUMAN VIDEO PEMBELAJARAN

18 October 2018 23:35:30 Dibaca : 122

SISTEM REPRODUKSI
1. Alat Reproduksi Pria:
Sperma diproduksi dan disimpan dalam alat reproduksi pria. Anda bisa melihat bagian sistem reproduksi pria.
1. Testis/Buah Zakar
2. Penis/Batang zakar
3. Uretra/saluran kencing
4. Vas Defrens/saluran benih
5. Kelenjar prostat
6. Vesikula seminalis/kantung mani
Dalam testis terdapat Tubulus seminiferus. Tubulus seminiferus adalah organ yang memproduksi sperma. Ovarium wanita hanya memproduksi 1 telur dewasa setiap bulan. Sementara tubulus seminiferus pria memproduksi lebih dari 12 milyar sperma setiap bulan. Bagian diatas tubulus seminiferus terdapat Epididimis. Sperma berkumpul didalam epididimis untuk didewasakan. Proses ini berlangsung selama 20 hari sebelum terjadi hubungan seksual penis terisi dengan darah dan berereksi kemudian dengan rangsangan yang cukup proses ejakulasi dimulai. Pada puncak senggama akan terjadi pancarana air mani yang membawa sel sperma dari epididimis sel sperma akan mengalir keatas menuju ampula yaitu bagian terluas pada ujung saluran ini. Ampula akan bermuara pada saluran kencing yang memiliki katup . Katup akan terbuka pda puncak senggama sehingga air mani akan keluar melalui saluran kencing pada tubuh.
2. Alat Reproduksi Wanita:
Untuk memahami proses reproduksi telur mari kita lihat beberapa organ repr. Wanita atau alat kelamin wanita. Ini adalah uterus (rahim), tuba fallopi, ovarium (indung telur), vagina (mulut rahim).
Semenjak dilahirkan semua sel telur yang dimiliki wanita tersimpan didalam ovarium dalam keadaan tak berkembang. Sebulan sekali perintah hormonal dari otak memerintahkan ovarium untuk memproduksi folikel dimana folikel yang dominan akan melepaskan sel telur dewasa untuk pembuahan. Ini merupakan folikel yang berkembang didalam ovarium. Folikel adalah sekumpulan sel yang mengelilingi telur dan menyuburkannya. Pada masa ini selaput rongga rahim menebal untuk persiapa pertumbuhan sel telur yang telah dibuahi untuk menjadi janin atau jabang bayi. Selain itu ovarium menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Bila kadar estrogen mencapai puncaknya maka hromon ini akan memberi umpan balik pada kelenjar di otak untuk melepaskan atau menyetop LH. Untuk menyiapkan telur dalam pembuahan, FSH mulai membagi materi genetiknya. Ini tanda dimulainya siklus reproduksi folikel kemudian melepaskan hormon estrogen yang membuat lapisan uterus dapat menerima telur yang telah dibuahi dalam perjalannanya menuju uterus, ada 2 hal yang dapat terjadi pada telur. Dibuahi oleh sperma atau tidak. Jika terbuahi, biasanya terjadi dituba fallopi dari situ telur menuju uterus dan tertanam dalam dinding lapisan uterus untuk menyuburkan dirinya. Jika telur tidak dibuahi dalam waktu 24 jam setelah keluar dari ovarium ia berhenti berkembng dan hancur sebelum mencapai uterus sebagai gantinya uterus mengeluarkan lapisannya dalam bentuk menstruasi selama 4-5 hari.
3. Siklus Reproduksi
Siklus reproduksi berkisar antara 21 hingga 40 hari hanya sekitar 10-15 wanita yang memiliki siklus 28 hari. menghitung siklus reproduksi dapat dilakukan dengan membuat ctatan pada kalender dngan demikian masa subur dapat diketahui. Hal ini sangat berguna kapan masa subur dan ovulasi terjadi. Setiap bulan pada hari kelima siklus reproduksi selaput rongga rahim mulai tumbuh dan menebal sebagai persiapan terhadpa kemungkinan terjadinya kehamilan. Pada sekitar hari ke 14 terjadi proses pelepasan telur dari ovarium (ovulasi). Sel telur ini masuk kedalam salah satu saluran fallopi dan jika saat ini ada sperma yang masuk maka terjadilah pembuahan. Jika terjadi pembuahan sel telur yang telah dibuahi akan masuk kerahim dan tumbuh menjadi janin. Pada sekitar hari ke 28 jika tidak terjadi pembuahan lapisan rongga rahim meluruh dan terjadi siklus menstruasi berikutnya.
4. Pembuahan
Jutaan sperma dilepaskan dalam satukali ejakulasi saat puncak senggama. Setelah dipancarkan kedalam mulut rahim sel sperma bergerak kedalam rongga rahim dan saluran telur untuk mencapai sel telur yang matang dan siap dibuahi. Dari jutaan sperma yang dipancarkan hanya beberapa yang dapat bertahan hidup mencapai indung telur dan hanya satu yang akan bertahan hidup mencapai indung telur. sperma kemudian menetrasi dinding sel telur. Kemudian mengkombinasikan materi genetiknya dengan sel telur dalam proses yang disebut pembuahan.
5. Kehamilan
Tiga bulan pertama kehamilan terjadi selama 14 minggu dari 40 minggu masa kehamilan. Pada masa ini wanita mengalami berbagai perubahan emosi yang dikarenakan perubahan hormon pada tubuhnya. Dan pada saat ini pula sering terasa mual-mual pada pagi hari ataupun malam hari. Pada minggu pertama hampir seluruh organ internal janin telah terbentuk. Janin mulai menebal bahkan sudah dapat sedikit bergerak. 3 bulan kedua minggu ke 15 sampai minggu ke 27 kehamilan wanita mulai mengalami gejala sesak napas, pertumbuhan janin diperut mulai terlihat. Muncul kerut dikarenakan membesarnya kandungan.
Pertumbuhan janin terjadi paling cepat di minggu ini. Tangan dan kaki janin berkembang semakin kuat. Gerakan janin semakin dapat dirasakan ibu yang mengandung . Walau organ janin telah hampir terbentuk, paru-parunya masih harus mampu berkembang. Janin bertambah besar dan berat. Pada 3 minggu terakhir, minggu ke 28-40 bayi dan paru-parunya terus berkembang. Sulit bagi wanita menemukan posisi yang nyaman. Baik saat tidur maupun terbagun pada usia kehamilan ini. Pada akhir minggu ke 40 bayi terdorong kebawah hal ini tanda bahwa persalinan akan dimulai
6. Kelahiran
Ketika pembukaan mencapai 10 cm, terjadi dorongan, tanda persalinan akan dimulai. Bayi mulai berjalanan melalui saluran rahim. Saat kepala bayi mulai berputar ia dapat saja terluka ketika menuju kebawah saluran rahim yang sempit pembukaannya. Tulang kepala bayi terdapat ruang yang bernama fontanel. Ia membuat kepala bayi memanjang dan cukup untuk keluar melalui saluran rahim. Kepala dan pundak bayi disanggah sementara bagian tubuh lainnya keluar degan mudah. Ketika keluar kepala bayi secara otomatis kembali ke ukuran normalnya.

Pemanfaatan Program/Aplikasi Excel

06 October 2018 21:55:52 Dibaca : 20

RANGKUMAN

Berdasarkan diskusi yang telah dilaksanakan berikut merupakan rangkuman dari hasil diskusi tersebut yaitu:

Dalam pengoperasiannya terdapat beberapa manfaat dari aplikasi Microsoft Excel yaitu sebagai pengolah Angka. Namun untuk lebih jelasnya ada beberapa manfaat dari penggunaan microsoft excel yaitu sebagai berikut:
1. Dapat memudahkan kita dalam menganalisa data dalam bentuk tabel dan juga grafik.

2. Adanya ketersediaan formula yang banyak sehingga memudahkan kita untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif.

3. Dapat memudahkan kita dalam menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error.

4. Dapat memudahkan kita untuk memilah-milah data dengan fasilitas yang ada di program Ms. Excel yaitu Auto Filter.

5. Memungkinkan kita untuk mengurutkan data berdasarkan empat kriteria sekaligus bahkan lebih.

6. Dengan adanya fitur grafik data pada Microsoft excel ini dapat memberikan kemudahan bagi kita dalam proses penganalisaan data dalam bentuk table maupun grafik.

7. Jumlah baris dan kolom yang sangat banyak pada Microsoft excel ini akan memudahkan kita ketika menginput data bahkan dalam jumlah yang sangat banyak

Sedangkan hal-hal diatas sesuai pernyataan Subagy (2010) bahwa microsoft Excel ini dapat digunakan untuk pengolahan data. Pengolahan data yang dimaksud mencakup data penelitian, data penduduk, data penilaian, data untuk kewirausahaan dan lain sebagainya.

Dalam diskusi juga dibahas tentang komponen RPP. Adapun komponen Excel yaitu sebagai berikut:

1. Office Button

2. Quick Acces Toolbar

3. Title Bar

4. Baris Tab (Tabs)

5. Ribbon

6. Name Box

7. Formula Bar

8. Grup

9. Kolom

10. Cell Aktif

11. Baris

12. Navigasi Sheet

13. Tabulasi Sheet

14. Insert Worksheet

15. Pengatur Tampilan Lembar Kerja

16. Zoom Level

17. Penggulung horizontal

18. Penggulung vertikal

Adapula beberapa peranan Excel bagi guru, siswa dan masyarakat yaitu:

1. Bagi guru, microsoft Excel ini dapat membantu dalam pengolahan data

mengenai nilai, membantu dalam penyusunan RPP, silabus

2. Bagi siswa, memudahkan dalam pembuatan tugas, pengolahan data statistik

3. Bagi masyarakat, memudahkan dalam pendataan penduduk.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Subagyo (2010), bahwa aplikasi Excel dapat meminimalisir

waktu dalam pengolahan data selain itu dapat membuat lembar kerja siswa. Menurut Subagyo

(2010) juga dapat digunakan dalam melakukan pengolahan rekaman data aktivitas perpustakaan.

Menarik bukan? Ternyata setelah mendapatkan mata kuliah Pengajaran Berbantuan Komputer ada

hal-hal menarik mengenai aplikasi microsoft excel ini yaitu kita dapat membuat RPP dan Silabus

dalam waktu bersamaan. Artinya 1 kali dayung 2 pulau terlewati.

Akan tetapi, meskipun demikian terdapat pula beberapa kekurangan dari aplikasi excel yaitu:

1. Memakan waktu yang banyak dalam memasukkan data secara manual, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan.

2. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien.

3. Menyulitkan pengguna apabila tidak menghafal rumus ketika mengoperasikan aplikasi excel.

4. Dapat di pakai juga untuk menggambar Anime hal tersebut pernah dilakukan oleh Seniman asal jepang.

RANGKUMAN HASIL DISKUS

03 October 2018 19:37:18 Dibaca : 23

NAMA : MEISSY PUTRI SULASTRY MANGGALUPANG

NIM : 431416007

KELAS : PENDIDIKAN BIOLOGI B

RANGKUMAN HASIL DISKUSI

1. Manfaat Menggunakan Mendeley

Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan terdapat beberapa manfaat yaitu:

1) Dapat menghindari plagiat

2) Dapat memudahkan dalam menyusun karya ilmiah karena mendeley memiliki fiture yang sangat membantu yaitu dari catatan kaki sebuah paragraf dan daftar pustaka yang secara otomatis sehingga kita tidak perlu kembali meninjau antara catatan kaki dan daftar pustaka.

3) Mempermudah dalam mencari referensi

4) Mmudahkan dalam mengelola kepustakaan

5) Dapat saling berbagi kepustakaan secara online, dan terkini

6) Mengelola file pdf hasil unduhan dari database jurnal online untuk temu kembali informasi apabila diperlukan.

7) Mendiskusikan tentang sebuah artikel, setelah diberi catatan oleh

pembaca pertama.

8) Memudahkan mencari referensi yang terpercaya baik itu berupa buku maupun jurnal

9) Menambah wawasan bagi mahasiswa dalam literasi informasi

Berdasarkan diskusi juga selain terdapat manfaat-manfaat dalam menggunakan mendeley terdapat

juga kelemahan-kelemahan dari aplikasi ini yang sekaligus menyulitkan penggunanya. Adapun

kekurangannya yaitu:

1) Ketika koneksi internet lelet

2) Ketika lupa prosedur dalam mengoperasikan mendeley

3) Apabila mencari kepustakaan namun tidak tercantum URL nya

Akan tetapi walaupun demikian mendeley merupakan solusi yang sangat efektif untuk diterapkan

dalam pembelajaran karena disini Mendeley membantu mahasiswa untuk mencari referensi

terpercaya berupa pdf, jurnal dan buku dan untuk mengutipnya juga tidak akan terjadi yang

namanya 'plagiat'.

Jadi, aplikasi ini sangat memudahkan mahasiswa dalam menyusun karya tulis/karya ilmiah.

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

02 October 2018 15:12:48 Dibaca : 21

Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).
Bunz (dikutip Indrajit, 2005: 38) menjelaskan kata ini kemudian berkembang dan sering dipadankan dengan “technology” sehingga dikenal istilah “technology literacy” yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk memahami dan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuan.
Wijaya (2005: 29) mengutip The International ICT Literacy Panel mengeluarkan definisi sebagai berikut “ICT literacy is using digital technology, communication tools, and/or networks to access, manage, integrate, evaluate and create information in order to function knowlwdge society”.
Kesimpulan bahwa ICT literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.

Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:
a. Access (akses
b. Manage (mengelola):
c. Integrate (meng-integrasikan
d. Evaluate (meng-evaluasi
e. reate (menciptakan


1. Tingkat Kematangan literasi TIK
Level e-literacy seseorang dapat digambarkan seperti demikian: (Sumber: Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2006: 42)
a. Level 0 – jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari
b. Level 1 – jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting dan telah melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi untuk mencarinya;
c. Level 2 – jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya;
d. Level 3 – jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan sehari-hari;
e. Level 4 – jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif)
f. Level 5 – jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari.

Tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital, dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK.

2. Literasi Informasi

a. Elemen-Elemen Literasi Informasi
1) Visual Literacy
2) Media Literacy
3) Computer Literacy
4) Digital Literacy

5) Network Literacy

3. Literasi Komputer

Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Seorang profesional di bidang komputer yang berpengalaman dapat mempertimbangkan kemampuan dirinya untuk dapat mengajar (yaitu untuk mempelajari program-program baru dengan terbiasa atau mengerjakan tugas-tugas seperti yang ditemui) sehingga dikatagorikan “melek komputer”.

4. Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer. Literasi digital adalah pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital.

a. Manfaat Literasi Digital

1)Menghemat waktu

2)Belajar lebih cepat

3) Menghemat uang

4) Membuat lebih aman

5) Selalu memperoleh informasi terkini

6) Selalu terhubung

7) Membuat keputusan yang lebih baik

8) Dapat membuat anda bekerja

9) Membuat lebih bahagia

10) Mempengaruhi dunia


b. Elemen Penting Literasi Digital


1) Social Networking

2) Transliteracy

3) Maintaining Privacy

 

The bad day ever

24 August 2016 12:57:26 Dibaca : 21

Hari buruk sedunia

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong