Rangkuman Microsoft Excel

13 September 2019 16:43:07 Dibaca : 1085

Nama : I Gusti Ayu Mega Moniati

Nim : 431 416 027

Tugas Rangkuman

Pengertian Microsoft excel

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang tergabung dalam Microsoft office yang digunakan dalam pengolahan angka. Microsoft excel sangat pouler dikalangan pelajar dan para pekerja untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan permasalahan yang mudah sampai yang rumit dalam bidang administrasi khususnya. Microsoft excel dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula yang ada dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus dan formula yang efektif akan mempermuda dalam pembuatan laporan yang berhubungan dengan angka.

Kelebihan Microsoft Excel

Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan kapasitas dalam satu sheet terdiri dari 1 juta baris, dan 16.000 kolom.Microsoft excel mempunyai format yang paling popular dan flexible.Microsoft excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah dalam pengolahanManfaat Microsoft Excel

Mempermudah dalam menganalisa data dalam bentuk table dan juga grafikKetersediaan formula banyak sehingga mempermudah untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatifMempermudah menganalisa kesalahan rumus ditiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace errorMempermudah untuk memilih milih data dengan fasilitas yang ada di program Microsoft Excel seperti Auto FilterPenggunaan dasar yang akan dicapai dalam mempelajari Microsoft Excel ini adalah :

1.      Pengolahan data-data secara sederhana dalam lembar kerja

2.      Penggunaan fungsi-fungsi standar (built in) yang ada dalam Excel

3.      Pemformatan lembar kerja

4.      Penggunaan fungsi string

5.      Penggunaan fungsi logika

6.      Penggunaan fungsi pembacaan tabel

7.      Pembuatan grafik

8.      Pengurutan dan subtotal.

Hasil Diskusi Mendelay

09 September 2019 16:15:33 Dibaca : 917

Nama : I Gusti Ayu Mega Moniati

Nim : 431416027

 

RANGKUMAN

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis. Tujuannya untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

pengaplikasian mc word dan mendeley kepada anak didik bangsa sangat mempermudah anak bangsa karena Microsoft Word, Mendeley juga mendukung perangkat lunak word processor berbasis open source yaitu LibreOffice. Namun tulisan ini akan membahas penggunaan Mendeley pada Microsoft Word. Sebelum dapat melakukan sitasi maupun menambahkan bibliografi, terdapat perangkat lunak tambahan (plugin) yang perlu diinstall terlebih dahulu pada Microsoft Word dan juga engan adanya pengaplikasian ms wor dan mendeley dapat mempermudah pengalaman mengutip kata orang lain terutama bagi anak didik dan disitu juga bisa membelajarkan anak didik agar tidak sembarangan mengutip kalimat dari orang lain, dan juga bisa membelajarkan anak didik agar mencari sumber yang bisa terpercaya. pembelajaran melalui apklikasi mc word dan mendeley sangat efektif utuk diterapkan karena dapat mempermudah kita melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan word dan lain sebagainya, untuk pembelajaran melalui aplikasi Mc word dan mendeley ini akan sangat efisien pada peserta didik itu sendir, karena kita tau bersama bahwa saat sekarang ini sangat banyak aplikasi tidak berguna yang hanya membodohi anak bangsa kita, jika seorang pendidik mengajarkan aplikasi ini yang didalamnya berisi banyak manfaat maka akan sangat berguna dan bermanfaat jika diterapkan dalam pembelajaran.

langka langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley

  1. Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley DesktopPastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley DesktopJika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.
  2. Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi
  3. Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word
  4. Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.
  5. Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop
  6. Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya pada link beriku https://youtu.be/b4tr5mMYrsk

kelebihan aplikasi mendeley ini sangat unik Dapat dijalankan pada Linux, Mac, dan MS Word. terus dapat menampilkan metadata secara otomatis file PDF.  terhubung dan dapat disinkronkan dalam akun online, sehingga data dapat di-backup. Pada file PDF dapat digunakan anotasi dan highlighting. menggunakan Smart filtering dan tagging. dan juga dapat impor dokumen dari situs lain. mendapatkan gratis penyimpanan online sebesar 2 GB. kemudian kekurangan aplikasi mendeley yaitu 

  1. Tidak memiliki kemampuan database search
  2. Pembuatan bibliographies hanya dengan cut & paste
  3. Bagi pakai dokumen dengan pengguna publik dapat menjadi isu pelanggaran hak cipta

hubungan budaya dengan landasan yuridis

05 April 2017 09:59:08 Dibaca : 591

Nama: I Gusti Ayu Mega Moniati
Nim: 431416027
Kelas; Pendidikan Biologi/A
Tugas: Pengantar pendidikan Biologi
Hubungan budaya dengan landasan Yuridis
Budaya di artikan sebagai keseluruhan sisitem berpikir,nilai moral, norma dan keyakinan manusia yang di hasilkan masyarakat.
Dalam memajukan kebudayaan Nasional disadari bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan beraneka ragam budaya yang akan terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika kehidupan masyarakat yang terus berubah. Penghargaan terhadap keragaman budaya menjadi harmoni melalui pemahaman terhadap suku atau etnik yang lain. Pengakuan dan pemahaman yang bersandar akan keberagaman multietnik dan budaya akan melahirkan sikap toleransi, harmoni, dan demokratis yang menjadi ciri yang makin kukuh sebagai jati diri bangsa. Kesadaran akan jatidiri suatu bangsa dipengaruhi oleh pemahaman kebudayaan yang berlanjut yang diperoleh dari proses belajar, penyesuaian diri dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sehingga keberadaan bangsa itu dalam masa kini dan dalam proyeksi ke masa depan tetap bertahan pada ciri khasnya sebagai bangsa dan tetap berpijak pada landasan falsafah dan budaya sendiri. Kebudayaan dalam bentuk keragaman ras, suku bangsa merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang perlu ditumbuhkembangkan untuk memperkukuh jatidiri, kebanggaan nasional memiliki arti penting bagi kesadaran keberagaman suku bangsa dan multi etnik yang berkembang saat dapat bertahan dan sekaligus dapat menjadi dasar dan mewarnai kehidupan yang maju seiring dengan perkembangan peradaban saat ini. Kebudayaan Indonesia diharapkan dapat bertahan dan semakin kuat, dan dapat turut berperan di tengah peradaban dunia, ketetapan untuk memajukan kebudayaan menjamin kebebasan masyarakat untuk berekspresi dan mengembangkan kreatifitas yang sekaligus juga memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya. Pengusulan Undang-undang Kebudayaan merupakan hasil dari proses harmonisasi dan pendalaman dari sejumlah undang-undang organik yang secara langsung ataupun tidak langsung terkait dengan upaya memelihara dan memajukan kebudayaan. Undang-undang dan konvensi internasional yang berkaitan dengan kebudayaan adalah: 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Di dalam undang-undang ini dimaksudkan untuk melindungi lingkungan hidup dari kerusakan dampak berbagai kegiatan pembangunan. Dalam RUU Kebudayaan perlu diatur tentang pengelolaan warisan budaya yang pemanfaatannya harus berwawasan pada pelestarian, sejalan dengan pengembangan yang berkelanjutan ”sustainable development”

 

peraturan sistem pendidikan nasional landasan yuridis

29 March 2017 11:19:03 Dibaca : 855

Nama : I Gusti Ayu Mega Moniati
Nim : 431416027
Kelas : Pend.Biologi A
Tugas : pengantar pendidikan biologi

Sistem pendidika Nasional
Sistem pendidikan nasional merupakan satu keseluruhan terpadu dari semua satuaan dan kegiatan pendidikan yang saling berkaitan untuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Pendidikan nasional itu sendiri merupakan pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Landasan yuridis pendidikan di Indonesia
Landasan yuridis pendidikan merupakan asumsi-asumsi yang bersumber dari peraturan perundangan yang berlaku, yang di jadikan titik tolak dalam pendidikan. Landasan pendidikan yuridis pendidikan Indonesia juga dapat di artikan sebagai perangkat konsep peraturan perundang-undangan yang menjadi titik tolak sistem pendidikan Indonesia, yang meliputi
a. UUD 1945 sebagai landasan yuridis pendidikan Indonesia
b. Pancasila sebagai idil sistem pendidikan Indonesia
c. Ketetapan MPR sebagai landasan yuridis pendidikan nasional
d. Undang –undang dan peraturan pemerintah sebagai landasan yuridis pendidikan nasional
e. Keputusan presiden sebagai landasan yuridis pelaksanaan pendidikan nasional
f. Keputusan mentri sebagai landasan yuridis pelaksanaan pendidikan nasional
g. Intruksi mentri sebagai landasan yuridis pelaksanaan pendidikan nasional

PPB : Belajar sambil menulis tugas 1

23 March 2017 10:35:03 Dibaca : 570

Nama: I Gusti Ayu Mega Moniati
Nim: 431416027
Tugas: Pengantar Pendidikan Biologi
Prodi: Pendidikan Biologi/A

Belajar sambil Menulis
Seringkali kita temukan di kalangan pelajar bahwa, kebanyakan pelajar membuat tugas dengan cara menulis. Bukan hanya seorang pelajar saja, tetapi seorang mahasiswa juga. Magsud artian dalam menulis di sini adalah, pelajar atau mahasiswa membuat tugas yang di berikan oleh pengajar dengan cara mencari sumber media yang berkaitan dengan bahan yang di ajarkan, misalnya seperti buku. Buku yang di gunakan sebagai media pembelajaran ini sudah di miliki oleh seorang pelajar, akan tetapi seorang guru atau pengejar menyuruh seorang pelajar ini menulis kembali apa yang terdapat dalam buku tersebut atau yang sering kita sebut dengan Resume.
Belajar sambil menulis, ini banyak sekali manfaat yang dapat di peroleh. Antara lain:
1. Memperluas dan meningkatkan kemampuan kosakata
2. Meningkatkan kelancaran tulis menulis dan menyusun kalimat
3. Lebih banyak menyerap, mencari, serta menguasai informasi sehubungan dengan topic yang di tulis
4. Dengan menulis kita aktif berfikir
5. Mengingat kembali apa yang telah di baca
Menulis adalah media belajar, dengan menulis akan mendorong dan menuntut kita menyerap, menggali dan mengumpulkan informasi tentang apa yang kita tulis.saat mencari dan mengumpulkan informasi inilah kita sebenarnya tenggelam dalam dunia belajar.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong