ARSIP BULANAN : March 2017

peraturan sistem pendidikan nasional landasan yuridis

29 March 2017 11:19:03 Dibaca : 855

Nama : I Gusti Ayu Mega Moniati
Nim : 431416027
Kelas : Pend.Biologi A
Tugas : pengantar pendidikan biologi

Sistem pendidika Nasional
Sistem pendidikan nasional merupakan satu keseluruhan terpadu dari semua satuaan dan kegiatan pendidikan yang saling berkaitan untuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Pendidikan nasional itu sendiri merupakan pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Landasan yuridis pendidikan di Indonesia
Landasan yuridis pendidikan merupakan asumsi-asumsi yang bersumber dari peraturan perundangan yang berlaku, yang di jadikan titik tolak dalam pendidikan. Landasan pendidikan yuridis pendidikan Indonesia juga dapat di artikan sebagai perangkat konsep peraturan perundang-undangan yang menjadi titik tolak sistem pendidikan Indonesia, yang meliputi
a. UUD 1945 sebagai landasan yuridis pendidikan Indonesia
b. Pancasila sebagai idil sistem pendidikan Indonesia
c. Ketetapan MPR sebagai landasan yuridis pendidikan nasional
d. Undang –undang dan peraturan pemerintah sebagai landasan yuridis pendidikan nasional
e. Keputusan presiden sebagai landasan yuridis pelaksanaan pendidikan nasional
f. Keputusan mentri sebagai landasan yuridis pelaksanaan pendidikan nasional
g. Intruksi mentri sebagai landasan yuridis pelaksanaan pendidikan nasional

PPB : Belajar sambil menulis tugas 1

23 March 2017 10:35:03 Dibaca : 570

Nama: I Gusti Ayu Mega Moniati
Nim: 431416027
Tugas: Pengantar Pendidikan Biologi
Prodi: Pendidikan Biologi/A

Belajar sambil Menulis
Seringkali kita temukan di kalangan pelajar bahwa, kebanyakan pelajar membuat tugas dengan cara menulis. Bukan hanya seorang pelajar saja, tetapi seorang mahasiswa juga. Magsud artian dalam menulis di sini adalah, pelajar atau mahasiswa membuat tugas yang di berikan oleh pengajar dengan cara mencari sumber media yang berkaitan dengan bahan yang di ajarkan, misalnya seperti buku. Buku yang di gunakan sebagai media pembelajaran ini sudah di miliki oleh seorang pelajar, akan tetapi seorang guru atau pengejar menyuruh seorang pelajar ini menulis kembali apa yang terdapat dalam buku tersebut atau yang sering kita sebut dengan Resume.
Belajar sambil menulis, ini banyak sekali manfaat yang dapat di peroleh. Antara lain:
1. Memperluas dan meningkatkan kemampuan kosakata
2. Meningkatkan kelancaran tulis menulis dan menyusun kalimat
3. Lebih banyak menyerap, mencari, serta menguasai informasi sehubungan dengan topic yang di tulis
4. Dengan menulis kita aktif berfikir
5. Mengingat kembali apa yang telah di baca
Menulis adalah media belajar, dengan menulis akan mendorong dan menuntut kita menyerap, menggali dan mengumpulkan informasi tentang apa yang kita tulis.saat mencari dan mengumpulkan informasi inilah kita sebenarnya tenggelam dalam dunia belajar.

Tri pusat pendidikan, lebih khusus tentang masyarakat

22 March 2017 09:42:10 Dibaca : 832

Nama : I Gusti Ayu Mega Moniati
Nim : 431416027
Kelas : pend. Biologi A
Tugas : pengantar Pendidikan Biologi
Materi :Tri pusat pendidikan (Masyarakat)
Pentingnya Organisasi dalam Pendidikan
Pendidikan sangat berperanguruh penting bagi individu/manusia. Setiap orang harus memiliki pendidikan karna di dalam pendidikan kita dapat mengetahui apa itu ilmu. Lingkungan pendidikan ialah latar tempat berlangsungnya pendidikan khususnya pada tiga lingkungan utama pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat, dan Secara umum fungsi lingkungan pendidikan ialah membantu peserta didik dalam ibteraksi dalam berbagai lingkungan sekitarnya, utamanya berbagi sumber daya pendidikan yang terjadinya akar dapat mencapai tujuan pendidik yang optimal
Organisasi pada dasarnya adalah sekumpulan manusia yang mempunyai minat dan kepentingan yang sama. Karena mempuyai minat dan kepentingan yang sama,akhirnya manusia membentuk sebuah kelompok. Kerja sama di dalam kelompok yang terikat secara formal di sebut organisasi, sedangkan seluruh proses kerja sama di sebut administrasi.
Organisasi pendidikan adalah suatu wadah yang memungkinkan komponen pendidik untuk meraih hasil yang maksimal dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang pumya prestasi. Organisasi dalam pendidikan merupakan factor yang penting dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang keberhasilannya di ukur oleh prestasi . di samping itu organisasi dalam pendidikan dapat membuat siswa dapat mengenal lebih luas bagaimana itu organisasi, apa-apa saja yang berada di dalam organisasi,
Tujuan organisasi pendidikan ialah hal-hal yang perlu di capai oleh organisasi pendidikan dalam jangka penjang dan jangka pendek agar memungkikan orang-orang dalam berorganisasi pedidikan tersebut memenuhi misinya dan mewujudkan visi pendidikan. Tujuan-tujuan organisasi pendidikan itu perlu di rumuskan secara kongkrit dan jelas. Sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan penuh dedikasi dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong