RANGKUMAN MICROSOFT EXCEL
RANGKUMAN MICROSOFT EXCEL
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.
Ø Kelebihan Ms Excel:
1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
4. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
Ø Kekurangan Ms Excel:
1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka.
Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:
1. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
2. Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
3. Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
4. Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
5. Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
6. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
7. Melakukan analisa serta riset harga.
8. Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
9. Melakukan konversi mata uang.
10. Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
11. Dan lain sebagainya.
Langkah-langkah atau cara mengaplikasikan atau menggunakan ms. Excell yaitu cukup gampang, pertama kita pastikan dulu laptop atau komputer tersambung dengan listrik. Kedua, tekan tombol power, lalu tunggu sampai proses muncul dekstop. Ketiga, di refresh komputer/laptop agar tidak loading saat digunakan dgn cara klik kanan pada mouse terus plih menu Refresh. Setelah itu, cara keempat geser kursor(mouse) di bagian bawah sebelah kiri. Kelima, plih menu Microsoft Office-->Klik Microsoft Office Excell dan tunggu sampai muncul tampilan Microsoft Excell dengan tampilan bentul sel-sel (kotak-kotak)
RANGKUMAN HASIL DISKUSI PENGAPLIKASIAN MC WRD DAN MENDELEY
RANGKUMAN HASIL DISKUSI
PENGAPLIKASIAN MC WRD DAN MENDELEY
Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.
Langka-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley
1. Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop
2. Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop
3. Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.
4. Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi
5. Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word
6. Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.
7. Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop
8. Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.
Meskipun merupakan sebuah aplikasi dengan kemampuan luar biasa dalam mengolah data e-book, jornal, dan sejenisnya, mendeley mempunyai keunggulan dan kelemahan. Berikut ini keunggulan dan kelemahan mendeley.
Ø Keunggulan :
a) Karya ilmiah yang Anda upload di mendeley secara otomatis diurutkan baik menurut penulis, lalu judul, tahun dan penerbit
b) Anda dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal, tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang ada kata yang kita cari
c) Setiap file yang kita masukkan kedalam program mendeley ini mampu terdeteksi dan diketahui detailnya otomatis secara lengkap. Detail tersebut diantaranya : tipe file, judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, bahkan url asal, dan sebagainya. Selain itu, detail dari file dapat diedit sesuai keinginan kita
d) Terhubung secara online dengan website, jadi bagi Anda yang memiliki akun mendeley di internet dapat disinkronkan dengan file yang ada di computer Anda dan sewaktu-waktu dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet
e) Dengan fasilitas web importer Anda dapat menambahkan file ke mendeley tanpa mengunduhnya.
Ø Kelemahan :\
a) Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer
b) Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website
Untuk pengaplikasian mc word dan mendeley ini sangat membantu anak bangsa itu dalam dunia pendidikan yang serba modern seperti sekarang ini, karena zaman sekaramg adalah zaman dimana teknologi berkembang sangat pesat sehinnga anak banga sangat membutuhkan mc word dan mendeley ini. Disamping cara pengaplikasiannya mudah, juga memberi banyak manfaat untuk anak didik itu sendiri.
Untuk pembelajaran melalui aplikasi Mc word dan mendeley ini akan sangat efisien pada peserta didik itu sendir, karena kita tau bersama bahwa saat sekarang ini sangat banyak aplikasi tidak berguna yang hanya membodohi anak bangsa kita, jika seorang pendidik mengajarkan aplikasi ini yang didalamnya berisi banyak manfaat maka akan sangat berguna dan bermanfaat jika diterapkan dalam pembelajaran
LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
RANGKUMAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
ICT literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi. Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:
a. Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi.
b. Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atau organisasi.
c. Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi.
d. Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi.
e. reate (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.
1. Tingkat Kematangan literasi TIK
Level e-literacy seseorang dapat digambarkan seperti demikian :
a. Level 0 – jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari;
b. Level 1 – jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah, dan telah melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi untuk mencarinya;
c. Level 2 – jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya;
d. Level 3 – jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan standar tersebut sebagai acuan penyelenggaraan aktivitasnya sehari-hari;
e. Level 4 – jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi; dan
f. Level 5 – jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi).
2. Literasi Informasi
Elemen-Elemen Literasi Informasi
a. Visual Literacy
Visual Liteacy didefenisikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk pula kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut.
b. Media Literacy
adalah kemampuan warga Negara untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik.
c. Computer Literacy
Komputer merupakan alat yang dapat memfasilitasi dan memperluas kemampuan manusia dalam mempelajari dan memproses informasi.
d. Digital Literacy
Digital Literacy merupakan keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital. Perkembangan pesat teknologi informasi dewasa ini telah menghasilkan banyak temuan-temuan digital terbaru.
e. Network Literacy
Network literacy merupakan satu istilah yang masih terus berkembang (envolving). Untuk dapat menempatkan, mengakses dan menggunakan informasi dalam dunia berjejaring, misalnya internet, pengguna harus menguasai keahlian ini.
3. Literasi Komputer
Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Paham (melek) komputer juga dapat merujuk kepada tingkat kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan program komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer.
4. Literasi Digital
Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer.
Literasi digital adalah pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital.
Literasi digital juga di definisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital.
5. Literasi Internet
Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital. Perangkat yang digunakan dalam literasi internet merupakan perangkat computer yang mana merupakan perangkat digital
a. Monitoring (Memantau), mengembangkan lebih lanjut pencarian informasi yang dibutuhkan dengan cara memberi perhatian yang lebih serius terhadap sumber-sumber tertentu.
b. Extracting (Mengambil Sari), pencarian informasi lebih bersifat sistematis, kegiatan ini diperlukan pada saat pencari informasi membuat suatu tinjauan literatur atau laporan
Pentingnya Landasan Yuridis dan Landasan Religius Bagi Pendidikan
Mengapa Pendidikan Perlu Landasan Yuridis?
Karena Landasan yuridis atau hukum pendidikan, yaitu menjadi asusmsi dasar yang bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan yang ada di indonesia. Artinya adalah segala sesuatu yang bertalian dengan pendidikan, mulai dari prasekolah sampai dengan pendidikan tinggi ditentukan dalam undang-undang. Landasan yuridis pendidikan Indonesia adalah seperangkat konsep peraturan perundang-undangan yang menjadi titik tolak system pendidikan Indonesia, yang menurut Undang-Undang Dasar 1945 meliputi, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Ketetapan MPR, Undang-Undang Peraturan Pemerintah pengganti undang-undang, peraturan pemerintah, Keputusan Presiden, peraturan pelaksanaan lainnya, seperti peraturan Menteri, Instruksi Menteri, dan lain-lain
Mengapa Pendidikan Perlu Landasan Religius?
Karena landasan religius yaitu landasan yang menjadi asumsi dasar yang bersumber dari agama. Agama mengatur seluruh aspek kehidupan pemeluknya sebagai individu, anggota masyarakat serta lingkungannya. Agama merupakan penghambaan manusia terhadap Tuhannya. Agama bersifat dogmatis, otoriter serta imperatif sehingga setiap pemeluknya harus mentaati aturan, nilai serta norma yang ada di dalammnya. Aturan-aturan tersebut bersifat mengikat dan berfungsi sebagai pedoman bagi pemeluknya untuk mencapai kebahagian yang diidamkannya. Bila aturan tersebut dilanggar maka dampaknya bukan hanya pada individual saja tetapi juga lingkungan sekitar. Bila berbicara tentang agama maka tidak akan pernah lepas dari pendidikan. Agama selalu bersifat pendidikan karena di dalamnya ada transfer ilmu dan pengetahuan yang bersifat dogmatis. Lain halnya bila berbicara tentang pendidikan maka tidak selalu berkaitan dengan agama. Namun dalam proses pendidikan maka pendidikan harus sejalan dengan agama dan saling melengkapi sehingga output yang dihasilkan oleh pendidikan bersifat menyeluruh
Pembentukan manusia yang Cerdas dan Kompetitif tidak semata dilakukan hanya dengan transfer ilmu dan pengetahuan saja tetapi juga penanaman nilai-nilai moral yang sesuai dengan nilai dan norma yang terdapat di dalam agama. Hal ini dilakukan agar output pendidikan yang dihasilkan tidak hanya cerdas secara ilmu dan pengetahuan tetapi juga memiliki akhlak dan moral yang baik. Akhlak dan moral inilah yang menjadi penyeimbang dan penggerak output pendidikan sehingga tidak lepas control dan tidak menjadi sombong dengan hasil yang dicapainya. “Ilmu tanpa agama adalah buta, dan agama tanpa ilmu adalah lumpuh”. (Albert Einstein). Dalam setiap agama memiliki landasan agamis terhadap pendidikan. Karena landasan agama terhadap pendidikan merupakan landasan yang paling mendasari dari landasan-landasan pendidikan lainnya.
LANDASAN YURIDIS DAN PERATURAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
NAMA : MARIA ULFA
KELAS A PENDIDIKAN BIOLOGI
MK : PENGANTAR PENDIDIKAN BIOLOGI
LANDASAN YURIDIS DAN PERATURAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
1. Landasan yuridis sistem pendidikan nasional yaitu seperangkat undang-undang, peraturan atau keputusan yang harus dijadikan titik tolak dalam rangka pengelolaan, penyelenggaraan dan kegiatan pendidikan di dalam sistem pendidikan nasional.
Sebagaimana dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasiona dan sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat 2 “pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman”.
Pada pasal 1 ayat 3 “sistem pendidkan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.”
Sebagaiman telah dijelaskan diatas tentang landasan yuridis sistem pendidikan nasional adalah undang-undang, maksudnya yaitu bahwa apapun peraturan atau UU yang ditetapkan negara kita yang berkaitan dengan sistem pendidikan nasional, maka sistem pendidikan nasional harus ikut aturan yang ditetapkan itu karena itu sudah menjadi landasan utama. Semua hal yang terkait dengan pendidikan nasional tidak lepas dari UU yang ada di negara kita.
2. Peraturan yang ada dalam pendidikan nasional yaitu salah satunya terdapat dalam UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang hak dan kewajiban warga negara yaitu dalam
PASAL 5 :
(1) Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.
(2) Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus.
(3) Warga negara di daerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil berhak memperoleh pendidikan layanan khusus.
(4) Warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.
(5) Setiap warga negara berhak mendapat kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat.
PASAL 6
(1) Setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar.
(2) setiap warga negara bertanggung jawab terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan.
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong