ARSIP BULANAN : February 2013

Arti dari Sebuah Seni

27 February 2013 12:32:03 Dibaca : 167

Seni merupakan segala sesuatu yang didalamnya ada ungkapan, yang dapat disalurkan lewat pertunjukan, yang didalamnya berbaur unsur keindahan. Unsur- unsur dari seni yaitu, seni tari, seni musik, seni drama dll. Seni tari di ungkapkan dengan gerak, dimana seorang penari itu harus lembut, semangat dan lincah, seni musik diungkapkan dengan memainkan alat music tersebut. Seni drama diungkapkan dengan cara berakting atau dialog.

Seni merupakan kebutuhan dari setiap orang yang harus di penuhi baik jasmani maupun rohani. Adapun tujuan dari seni itu sendiri yaitu mempertunjukan segala sesuatu yang berhubungan dengan karsa cipta manusia itu sendiri.

Manfaat dari seni yaitu untuk menghilangkan stress, sebagai hiburan, media terapi dan ritual. Seni sangat bermanfaat bagi kita semua, hidup tanpa seni terasa hampa dan kosong. Maka dari itu marilah kita tingkatkan dan lestarikan seni daerah ataupun Negara kita ini.

PUISI "AKU"

22 February 2013 09:43:41 Dibaca : 205

Aku adalah satu bagian yang tak berarti

Satu hati yang terlupa

Satu cinta yang terabaikan

 

Aku adalah satu syair yang tak bermakna

Satu goresan tak bermakna

Satu tatapan tak terbayangkan

 

Aku bukan orang yang selalu dirindukan

Bukan pula orang yang slalu diperdulikan

Aku hanya seperti krikil yang perlahan

Kian kecil terkikis oleh mentari dan hujan

Atau bahkan seperti sebuah daun yang

Luruh meninggalkan pohon yang tak berbekas

 

Pijakan ku yang gemetar

Seakan lantainya rapuh

Makin membuat kumemutih dalam ketakutan

Kesunyian malam makin membunuh ku

dalam jelmaan ilusi mimpi

 

tubuhku yang terbujur kaku seperti mati

seakan jutaan urat

yang membeli gumpalan daging ini menjadi mati

betapa terpuruknya yang kurasakan.......

Tumbuhan kelapa dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat

19 February 2013 07:39:48 Dibaca : 172

Kelapa merupakan tumbuhan yang mempunyai manfaat sangat banyak, mulai dari batang sampai daun. Kelapa juga merupakan buah yang berasal dari daerah tropis dan sub tropis, seperti daerah gorontalo. Kelapa yang dalam bahasa inggrisnya yaitu coconut, dan dalam bahasa latinnya yaitu Cocos Nucifera. Di daerah saya pohon dan buah kelapa banyak sekali manfaatnya, mulai dari daun hingga akarnya.

Akar pada pohon kelapa di manfaatkan sebagai obat diare dan pewarna. Batangnya di manfaatkan sebagai bahan membangun rumah ataupun jembatan. Daunnya digunakan untuk atap rumah, atap rumah hewan, membuat ketupat, hiasan dalam suatu acara/perkawinan, dan dalam Agama Hindu daun kelapa ini (janur) sering di gunakan dalam sarana upacara. Lidinya dapat dimanfaatkan sebagai sapu lidi dan bahan dasar untuk berbagai karya atau anyaman, seperti pot bunga dari lidi dan piring yang terbuat dari lidi. Bunganya dimanfaatkan sebagai sarana upacara pernikahan. Serabut kelapa dimanfaatkan untuk bahan bakar, berbagai anyaman, sapu, keset dan pot bunga anggrek. Tempurungnya dapat digunakan sebagai bahan bakar dan kerajinan tangan. Air dan daging kelapanya yang masih muda di manfaatkan untuk memebuat es kelapa atau campuran es lainnya. Untuk daging kelapa yang sudah tua digunakan untuk membuat santan, kopra dan minyak kelapa.

Begitu banyak manfaat dari pohon kelapa dari pada pohon yang lainnya, padahal dilihat dari kenyataanya pohon kelapa terlihat kurus tetapi manfaatya sangat bnyak, jadi kita harus memanfaatkannya dengan baik agar memperoleh hasil yang baik....... :)