Teka Teki Ayam Dan Telur

31 March 2013 18:23:11 Dibaca : 2546

Teka teki, tentang lebih dulu mana telur dan ayam yang kerap kita dengar, dari dahulu sampai detik kemarin  belum ada jawabanya. Tapi sekarang sudah ada jawabannya secara ilmiah. Para ilmuan mancanegara menemukan bahwa pembentukan kulit telur bergantung pada satu protein yang hanya ditemukan di indung telur ayam. Artinya telur hanya bisa ada jika berada di dalam ayam.

Protein yang disebut ovocledidin-17, atau OC-17 bertindak sebagai katalis untuk mempercepat pengembangan kulit telur. Cangkang telur ini sangat penting untuk tempat kuning dan putih telur. Para ilmuan dari Universitas di Sheffield dan Warwick menggunakan super komputer untuk men’zoom in’ pembentukan telur tersebut. Komputer yang disebut HEC-ToR mengungkapkan bahwa OC-17 sangat penting dalam memulai kristalisasi atau tahap awal penciptaan kulit telur.

 

Protein OC-17 mengubah kalsium karbonat menjadi kristal kalsit yang membentuk kulit telur. Kalsit kristal ada di berbagai tulang dan tempurung unggas, tetapi untuk unggas ayam terbentuknya lebih cepat. Ayam mampu menghasilkan 6 gram kulit telur setiap 24 jam.

 

Dr. Colin Freeman dan Profesor John Harding dari Departemen Teknik Material Universitas Sheffield, mengatakan dengan bukti ilmiah yang menunjukan bahwa “Ayam” lah yang lebih dulu ada. ‘Protein itu sudah diidentifikasi lama dan diketahui terkait dengan pembentukan telur. Menarik untuk diketahui bahwa berbagai jenis spesies burung memiliki variasi protein dengan cara kerja yang sama.

 

” Alam telah menemukan solusi inovatif untuk semua jenis masalah dalam ilmu tentang materi dan teknologi, kita dapat belajar banyak dari alam”.

 

Kita jangan pernah menyerah, Inovasi teknologi yang akan menjawab semuanya.

 

Mana Duluan Ayam Atau Telur?

31 March 2013 18:20:23 Dibaca : 824

 

 

 
 

VIVAnews - Para ilmuwan berhasil menjawab  salah satu tebak-tebakan tertua di dunia, mana yang lebih dulu, ayam, atau telur?

Melalui komputer super, tim dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris  menemukan jawabannya. Apakah itu? Ayam.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

"Apa yang kami temukan adalah 'kecelakaan' yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur."

Menurutnya,  selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

"Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia."

Cangkang telur memiliki kekuatan sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya.

"Masalahnya, kita tak tahu bagaimana ayam membuat cangkangnya."

Tim peneliti lalu menggunakan komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).

"Kami ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis."

Yang pertama dicari adalah, mengetahui 'resep' yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur.

"Dengan bantuan komputer canggih, Kami memecahkan masalah ini selama berminggu-minggu. Sementara, ayam bisa menyusun cangkang itu hanya dalam semalam."

Lucunya, pemilihan cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja. Para peneliti memilih telur ayam karena proteinnya sederhana untuk ditelaah.

Namun hasilnya ternyata sangat mengejutkan. "Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa. Ini mengagumkan."

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah 'tukang bangunan' tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain.

Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. "Itu berati ayam ada duluan sebelum telur."

Tapi, dari mana ayam berasal?

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur zaman Dinosaurus.

"Penemuan kami sangat potensial. Sebab, cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Kita bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui cara membuat dan menghancurkan struktur kristal lainnya."

Sebagai contoh, untuk menghilangkan kerak di ceret maupun pipa.  Penelitian ini juga berimplikasi medis.

"Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, kita  bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia."

Cara Jitu Memulai Peluang Wirausaha

23 March 2013 04:01:11 Dibaca : 1156

Sebagaimana kata pepatah yang sering kita dengar, bahwa peluang adalah emas yang sangat bernilai, sehingga terlalu sayang jika kita membiarkan peluang itu berlalu. Mungkin sebagian besar kita memiliki keinginan untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Hal itu wajar dan sebuah cita-cita yang sebaiknya terus dipelihara dan dikembangkan karena sebenarnya banyak peluang wirausaha disekitar kita yang dapat kita jadikan sebagai usaha industri baru kita.

 

Terkadang sering kita berpikir bahwa untuk menemukan suatu peluang usaha yang brilliant adalah setara dengan cara kita untuk berani memulai berwirausaha. Bagimana hal ini dapat dikatakan setara? Jawabannya sebenarnya adalah sederhana, jika kita tidak mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada dipikiran kita, lantas bagaimana kita akan mengetahui apakah peluang usaha yang kita rencanakan tersebut benar-benar akan sukses atau tidak.

Memang tidak mudah bagi seseorang untuk berani mengambil sebuah peluang wirausaha dan mempraktekannya dengan cara berani memulai berwirausaha atas peluang usaha yang telah diperkirakan tersebut. Terlebih lagi hal ini akan menjadi sangat berat bagi kita yang tidak didukung dengan keadaan, seperti modal usahayang pas-pasan, tanggung jawab terhadap keluarga yang sedemikian besar, dll.

Berikut ini adalah beberapa informasi sederhana cara jitu memberanikan diri kita untuk memulai memanfaatkan peluang wirausaha yang ada untuk berwirausaha dengan sukses dan berhasil:

1. Melakukan riset pasar. Sebelum kita memulai untuk berwirausaha, maka hal utama yang harus kita lakukan adalah dengan cara melakukan riset pasar dengan kata lain mengumpulkan data sebanyak mungkin berkaitan dengan pasar yang akan kita bidik. Beberapa data yang harus dicerna dengan baik diantaranya adalah tingkat persaingan, kompetisi harga, dan karakteristik dari konsumen yang diincar. Intinya, lakukan riset dilapangan apakah jenis usaha kerja yang akan rintis apakah akan berhasil bertahan atau sebaliknya.


2. Menyusun rencana untuk memulai usaha dengan benar. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah target market bisnis, target pendapat awal per bulan, rencana jangka panjang, biaya operasional dan sebagainya yang sesuai dengan jenis usaha kita.


3. Memahami dan mematuhi aturan, baik dari yang telah kita buat sendiri atau jenis peraturan lainnya yang diluar wewenang kita (missal peraturan daerah). Pasti kita tidak mau kan, usaha yang capek-capek kita kembangkan harus colaps atau harus ditutup gara-gara kita melanggar kebijakan peraturan tertentu.


4. Dan terakhir lakukan strategi pemasaran dengan tepat sasaran. Untuk hal ini biasanya memerlukan waktu yang relatif tidak singkat untuk menguji apakah teknik pemasaran yang kita terapkan berhasi atau tidak.

Ke-empat points diatas sifatnya masih terlalu teori, karena dalam penerapannya membutuhan penjabaran dan banyak variable lainnya yang berpengaruh dan harus dianalisis lebih mendalam lagi. Namun pada intinya, sekali lagi jika kita ingin mengetahui apakah peluang wirausaha yang kita rencanakan akan berhasil atau tidak adalah dengan cara memberanikan untuk mulai berwirausaha atas ide-de usaha yang telah kita miliki.

13 Tips Sukses Berwirausaha

23 March 2013 03:59:23 Dibaca : 1486
13 Tips Sukses BerwirausahaIlustrasi
  •  
  • Share

Wirausaha sangat beresiko, beberapa orang mampu meraih kesuksesan saat menjalankan berwirausaha. Kesuksesan terasa sangat nikmat jika dirintis sejak awal.

Berikut 13 tips sukses berwirausaha :

1. Modal
Siapkan modal untuk berwirausaha, mulai dari yang kecil dan tentunya siapkan modal tambahan untuk hal mendadak.

2. Belajar dari yang berpengalaman
Pengalaman adalah guru yang paling pintar, jadi belajarlah dengan orang yang lebih berpengalaman dibidang yang sama.

3. Niat Baik
Mulailah usaha dengan niat dan semangat yang baik, wirausaha yang merugikan orang lain atau niat yang tidak baik tidak akan berjalan lancar, karena bisa melanggar hukum dan agama.

4. Pemasaran yang baik
Pemasaran adalah kunci utama kesuksesan dalam berwirausaha, strategi pemasaran yang tepat mendatangkan banyak konsumen.

5. Pantang Menyerah
Menyerah adalah salah satu tanda kegagalan, setiap rintangan dalam berwirausaha.

6. Bangun kepercayaan
Buat konsumen baru atau pelanggan percaya terhadap produk atau jasa. Kepercayaan mampu menimbulkan konsumen nyaman.

7. Percaya Diri
Jangan mudah malu atau tidak percaya diri, mungkin banyak pesaing yang lebih dari kita namun bukan berarti mereka yang terbaik.

8. Produk Baru
Dengan menambah jenis produk atau membuat produk baru, akan semakin mempercepat proses kesuksesan, karena semakin banyak produk semakin besar jangkauan pemasaran dan tentunya keuntungan.

9. Ikhtiar
Berusaha dengan bersungguh-sungguh, dan berani menghadapi resiko adalah salah satu kunci dalam meraih segala hal termasuk kesuksesan.

10. Tawakal
Jika kalian sudah berusaha, jangan lupa ber-tawakal. Tawakal adalah berpasrah diri dengan berdoa.

11. Sedekah
Sedekah atau saling berbagi kepada orang yang tidak mampu tidak akan mengurangi harta atau kekayaan, hal ini semakin membuat kita bersyukur atas apa yang dicapai.

12. Pelanggan adalah Teman
Mungkin beberapa orang beranggapan pelanggan adalah raja, namun lebih baik jika pelanggan dianggap sebagai teman.

13. Berbagi Ilmu
Kesuksesan tidak akan hilang jika kita berbagi ilmu kepada orang lain, dengan saling berbagi ilmu kita akan semakin tahu kekurangan kita.

10 Trik Untuk Memulai Wirausaha

23 March 2013 03:56:54 Dibaca : 1753

 

Memulai WirausahaMenjadi wirausaha dan memulai bisnis sendiri adalah impian banyak orang. Sayangnya, banyak yang bingung harus mulai dari mana. Bingung juga harus bisnis apa, dan kapan sebaiknya memulai bisnis yang paling tepat ?
Ribuan pertanyaaan berkelebat di benak, yang sebenarnya bukan pertanyaan, tapi keragu-raguan. Pertanyaan-pertanyaan itu seperti: bisnis apa yang cocok buat saya? Saya tidak mempunyai modal. Saya cuma mempunyai modal 5 juta, usaha apa ya? Peluangnya bagaimana? Bagus atau tidak? Dan lain sebagainya. Berikut merupakan 13 trik untuk memulai wirausaha untuk Anda:

 

1. Mimpi sebagai Awal
A dream is where it all started. Bangunlah mimpi Anda! Ya, bangun mimpi dan pastikan saat bermimpi Anda tidak sedang tidur! Setelah membangun mimpi, segera catat mimpi-mimpi Anda, sehingga jelas dan terencana. Mimpi harus dicatat dan dinyatakan, agar mudah mengukur pencapaiannya.
Ingat, dari seorang pemimpilah semua hal tentang inovasi produk, cara pelayanan, jasa, dan ide bisa laku dijual dan sukses. Karena mimpi tidak ada batasnya, tidak bayar pula, mimpilah dengan berani, dan beranilah bermimpi besar. Dalam dunia mimpi, tidak ada yang tidak mungkin. Tidak ada yang tidak bisa. Semua serba mungkin, semua serba bisa!

 

2. Percaya dan Yakin
Percaya dan yakin bahwa Anda mampu untuk meraih mimpi dan kesuksesan. Andrie Wongso bilang,“Sukses adalah hak saya”. Karena keyakinan dan kepercayaan ini, segala kendala dan tantangan yang ada di depan akan mudah ditaklukkan, dan Anda akan merasa ringan saja melakukannya. Ya, harus YAKIN bisa!

 

3. Mulailah dari hal yang Anda sukai
Yup, temukan passion Anda. Passion itu adalah suatu hal yang jika Anda mengerjakannya, maka hasilnya lebih baik dari orang lain meski tidak dibayar. Atau, suatu pekerjaan yang Anda mampu lakukan berjam-jam, berlama-lama, saat orang lain bosan, Anda masih saja melakukannya.
Mulailah usaha dari hal-hal yang Anda sukai.Sehingga antusiasme akan terus terjaga, meski pada saat-saat sulit. Carilah passion Anda.

 

4. Ketahui dan Belajarlah Dasar-dasar Bisnis
Dasar-dasar Bisnis harus dipelajari, misalnya bagaimana melakukan hal ini: *BUY LOW, SELL HIGH, PAY LATE, COLLECT EARLY* (beli lebih murah, jual dengan harga tinggi, lakukan pembayaran di belakang, dan terimalah pembayaran di depan). Ilmu dasar berbisnis mutlak harus dipelajari. Aspek-aspek produksi, pemasaran, keuangan dan pengembangan bisnis adalah aspek utama yang harus diketahui.

 

5. Jangan Takut Mengambil Resiko
Orang sukses adalah pengambil resiko. Jadi bukan resiko yang harus dihindari, tapi bagaimana membuat agar resiko itu tidak terjadi. Bukan dihindari, tapi di manajemen, diatur sedemikian rupa agar resiko dapat diminimalkan! Pepatah bijak mengatakan “The Giant that you will be able to achieve is directly proportional to the risk taken“.
Resiko selalu ada di setiap bisnis, bahkan di semua tindakan. Semua hal ada resikonya. Berani mengambil resiko adalah kunci awal dalam dunia usaha. Biasanya, berlaku hukum keseimbangan: Hi-Risk=Hi-Profit. Meski tidak selalu begitu. Tapi resiko terbesar adalah menunda action, karena pasti akan tertunda pula suksesnya, dan lebih buruk lagi: Pasti gagal!

 

6. Carilah Guru, Penasihat Spiritual, dan Konsultan
Ini sangat penting, bergaul dengan orang-orang yang tepat. Jika ingin jadi pengusaha sukses, banyaklah berteman dengan pengusaha yang terlebih dahulu sukses. Angkatlah mereka jadi ’mentor’. Anda tidak harus bilang ke orang tersebut untuk minta diajari, tapi dekatilah, belajarlah padanya. Cari juga Penasehat Spiritual dan Konsultan Bisnis.

 

7. Miliki Etos Kerja Pengusaha
Seorang pengusaha sukses pasti melakukan kerja lebih banyak dan lebih cerdas dari orang kebanyakan. Meski terlihat mereka tidak bekerjapun, sejatinya mereka berpikir dan bekerja terus-menerus.
Bahkan, jauh lebih keras dan lebih banyak dari orang lain. Tanyalah hal ini pada mereka yang sudah sukses, pasti mereka meng-IYA-kannya. Tidak segera menyerah dengan kegagalan, ulang lagi, lakukan lagi…tak berhenti sampai berhasil. Seorang pengusaha, jika memperoleh penolakan dari calon pelanggannya, maka artinya: Belum oke, atau lain waktu pasti oke.

 

8. Bangunlah Jaringan
Bersilaturahmilah. Bangunlah jaringan, cari teman sebanyak banyaknya. Perhatikanlah, jika ada barang dan jasa yang harganya sama, kualitasnya sama, maka orang akan cenderung memilih produk atau jasa dari orang yang sudah dikenalnya. Jaringan juga akan membantu Anda mengembangkan usaha, memperluas pasar, bahkan membantu Anda pada saat-saat sulit.

 

9. Berani Hadapi Kegagalan
Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan berwirausaha. Hadapilah dengan jantan! Gagal adalah sarana belajar. Habiskan jatah gagal Anda saat muda, sukses pasti datang.

 

10. Bukalah Bisnis Sekarang
Bisnis yang bagus itu adalah bisnis yang sudah dijalankan, bukan cuma dihitung-hitung terus. Bisnis yang dihitung belum tentu dibuka, tapi bisnis yang dibuka, pasti dibuat perhitungannya. Menunda bisnis bukan hal yang baik. Semakin lama ditunda, maka akan semakin ragu untuk memulainya. Dan akan semakin jauh kemungkinan untuk sukses

 

Demikianlah 10 trik memulai wirausaha untuk Anda. Jadi tunggu apa lagi? Saatnya untuk go action sekarang!

 

 

 

Sumber :

 

http://windowsbie.blogspot.com