Pentingnya pendidikan pancasila diterapkan pada perguruan tinggi

26 October 2020 20:45:03 Dibaca : 14

 

       Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran pendukung pengembangan karakter manusia. Pendidikan Pancasila di tingkat perguruan tinggi sangat penting, karena merupakan proses lanjutan pembentukan karakter bagi manusia .Kehidupan kampus merupakan suatu awal pembentukan karakter seorang mahasiswa. Setiap kampus di Indonesia mengupayakan kepada mahasiswanya untuk selalu berpegang teguh pada norma dan hukum yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mencetak generasi muda yang berakhlak dan berjiwa kritis dalam kehidupan bermasyarakat.

        Krisis moral dan identitas kita sebagai bangsa dan negara semakin kuat tantangannya. Oleh karena itu, pendidikan pancasila perlu diajarkan di sekolah maupun perguruan tinggi. hal ini dipertegas oleh UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi yang ditegaskan bahwa mata kuliah agama, pancasila, kewarganegaraan dan bahasa Indonesia wajib dimasukkan di dalam kurikulum pendidikan tinggi. Ini merupakan sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang termaktub dalam sila-sila dalam pancasila.

         Mata kuliah pancasila merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan student centered learning,untuk mengembangkan knowledge,attitude,dan skil mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dalam membangun jiwa profesionalitasnya sesuai dengan program studinya masing-masing dengan menjadikan nilai-nilai pancasila sebagai kaidah penuntun(guiding principle) sehingga menjadi warga negara yang baik (good citizenship).

          Pendidikan pancasila diharapkan dapat memperkokoh modalitas akademik mahasiswa dalam berperan serta membangun pemahaman masyarakat,antara lain :

1.      Kesadaran gaya hidup sederhana dan cinta produk dalam negeri.

2.      Kesadaran pentingnya kelangsungan hidup generasi mendatang

3.      Kesadaran pentingnya semangat solidaritas nasional

4.      Kesadaran pentingnya norma-norma dalam pergaulan.

5.      Kesadaran pentingnya kesehatan mental bangsa

6.      Kesadaran tentang pentingnya penegakkan hukum

7.      Menanamkan pentingnya kesadaran terhadap ideologi pancasila.

Secara spesifik,tujuan penyelenggaran pendidikan pancasila diperguruan tinggi adalah untuk :

v  Memperkuat pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.

v  Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa-jiwa dan nilai-nilai dasar pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara republik indonesia,dan membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara.

v  Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara mellui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila dan UUD Negra RI tahun 1945.

v  Membenuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan,kemanusiaan,kecintaan pada tanah air,dan kesatuan bangsa,serta penguatan masyarakat madani yang demokratis,berkeadilan,dan bermartabat berlandaskan pancasila,untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa indonesia.

          Pancasila adalah  simbol dari negara indonesia yang menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara, oleh sebab itu pendidikan pancasila sangatlah penting bagi pelajar baik itu siswa maupun mahasiswa dan pendidikan pancasila wajib hukumnya menurut UU N0. 2 Tahun 1989 Tentang Hukum Pendidikan Nasional, surat edaran No. 03/M/SE/VIII/2017 Tentang Penguatan Pendidikan Pancasila Dan Mata Kuliah Wajib Umum Pada Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu mata kuliah  “ pendidikan pancasila” ini memberikan pelajaran bahwa pancasila adalah jiwa bangsa dan negara indonesia yang harus dan wajib menjadi landasan bagi kehidupan bangsa dan negara sehingga paham-paham radikalisme tidak tumbuh dalam diri kita karena sejatinya pancasila bersumber dari nilai agama, budaya dan sejarah kehidupan bangsa Indonesia

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong