KETERAMPILAN ABAD KE-21 : KETERAMPILAN YANG DI AJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN

27 March 2021 09:07:46 Dibaca : 67

5  hal Isi  Pendahuluan  :

1. Pembelajaran keterampilan abad ke 21 merupakan pembelajaran yang menuntut seseorang agar dapat menguasai keterampilan sehingga dapat bersaing di era globalisasi saat ini.

2. Keterampilan-keterampilan penting di abad 21 terdiri dari empat pilar kehidupan yang mencakup Learning to know,learning to do,learning to be,dan learning to live together.

3. Pencapaian keterampilan abad ke-21 dilakukan dengan memperbaharui kulitas pembelajaran,membantu siswa mengembangkan partisipasi, menyesuaikan personalisasi belajar, menekankan pada pembelajaran berbasis proyek/masalah, mendorong kerja sama dan komunikasi, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, membudayakan kreativitas dan inovasi dalam belajar, menggunakan sarana belajar yang tepat, mendesain aktivitas belajar yang relevan dengan dunia nyata, memberdayakan metagkognisi,dan mengembangkan pembelajaran student-centered.

4. Pada abad 21 indikator keberhasilan lebih didasarkan pada kemampuan untuk berkomunikasi,berbagi,dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang kompleks,dapat beradaptasi dan berinovasi dalam menanggapi tuntunan baru dan mengubah  keadaan,dan memperluas kekuatan teknologi untuk menciptakan pengetahuan baru.

5. Dalam keterampilan pembelajaran abad ke-21 sangat membutuhkan peran seorang guru untuk meningkatkan skill para generasi muda yang mampu bersaing di kancah internasional.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong