ARSIP BULANAN : March 2021

PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

27 March 2021 08:39:32 Dibaca : 36

Nama : Alfareza Thaib

NIM : 151 420 044

Kelas : 2B PGSD

  • 5 hal yang menjadi isi pendahuluan
  1. Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan. 
  2. Pemerintah mengupayakan Program-program perbaikan pada budaya bangsa Indonesia yang selama ini menjadi terasa asing dan jarang ditemui di tengah-tengah masyarakat. 
  3. Pendidikan karakter menjadi tempat yang mampu mewujudkan misi dari pendidikan karakter. 
  4. Pembelajaran materi PAI dapat mengoptimalkan dan merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pendidikan karakter. 
  5. Pendidikan agama merupakan sarana transformasi pengetahuan dan aspek kognitif, aspek afektif dan aspek Psikomotorik. 

Nama : Alfareza Thaib

Kelas : 2B PGSD

NIM : 151 420 044

Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini, hal ini berkaitan dengan fenomena dekadensi moral yang terjadi ditengah-tengah masyarakat maupun dilingkungan pemerintah yang semakin meningkat dan beragam. Seperti Kriminalitas, ketidak adilan, korupsi, kekerasan pada anak, pelangggaran HAM, dan fenomena lainnya menandakan bahwa telah terjadi krisis jati diri dan karakteristik pada bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukannya salah satu mata pelajaran yang dapat membentuk dan mengubah karakteristik bangsa, Yakni dengan menerapkan dan mengoptimalkan Pendidikan Agama khususnya Pendidikan Agama Islam disekolah untuk membentuk kembali karakter peserta didik atau bangsa Indonesia. Pendidikan Agama Islam ini, memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk karakter peserta didik.

Konsep pendidikan karakter sebenarnya telah ada sejak zaman rasulullah SAW. Hal ini terbukti dari perintah Allah Subhanahu Wata'Ala bahwa tugas pertama dan utama Rasulullah adalah sebagai penyempurna akhlak bagi umatnya. Maka dapat dikatakan bahwa makna dari karakter sama dengan konsep akhlak dalam Islam, keduanya membahas tentang perbuatan Prilaku baik buruk manusia. Oleh sebab itu, Pendidikan Agama khususnya Pendidikan Agama Islam ini sangat penting untuk diterapkan disekolah. Karena memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai moral, akhlak, akidah dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata'Ala. Maka dari itu, Pendidikan Agama menjadi salah satu mata pelajaran wajib baik dari sekolah tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi. 

Akhlak atau karakter dalam Islam adalah sasaran utama dalam pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hadits nabi yang menjelaskan tentang keutamaan pendidikan akhlak salah satunya hadits berikut ini: “ajarilah anak-anakmu kebaikan, dan didiklah mereka”. Hal ini berarti bahwa Islam memandang manusia lahir dengan membawa potensi lahiriah. Maka diperlukannha pembentukan karakter dan kepribadian seseorang. Adapun tujuan utama dari Pendidikan Agama khususnya Agama Islam yakni membentuk kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari, oleh karenanya pembelajaran PAI tidak hanya menjadi tanggung jawab guru PAI disekolah tetapi juga dibutuhkan dukungan dari seluruh komunitas disekolah, masyarakat, dan lebih penting lagi adalah orang tua.karena waktu anak lebih banyak bersama orang tuanya, dibandingkan dengan guru disekolah.

Proses belajar mengajar yang diharapkan didalam pendidikan akhlak adalah lebih kepada mendidik bukan mengajar. Mendidik berarti proses pembelajaran lebih diarahkan kepada bimbingan dan nasihat. Karena Pendidikan yang berhubungan dengan kepribadian atau akhlak tidak dapat diajarkan hanya dalam bentuk pengetahuan saja, tetapi perlu adanya pembiasaan dalam prilakunya sehari-hari. Agar peserta didik bisa memahami dan bisa mengubah tingkah laku mereka yang awalnya buruk bisa menjadi lebih baik. Karena sejatinya peserta didik inilah yang akan menjadi calon penerus bangsa yang nantinya akan menjadi calon pemimpin di masa depan dan akan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya serta mampu mempertahankan dan melindungi bangsa dan negara dengan menerapkan nilai-nilai moral dan luhur bangsa agar terciptanya kesejahteraan bangsa dan negara. 

            

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong