Pentingnya pendidikan pancasila untuk dapat di terapkan di perguruan tinggi

26 October 2020 21:35:11 Dibaca : 10

Nama : Rahmat Putra Lasena 

Nim : 151420045

Kelas : 1B

Tugas : pentingnya pendidikan pancasila untuk dapat di terapkan di perguruan tinggi 

A. Pentingnya Pendidikan Pancasila Untuk Di         Terapkan DiPerguruan Tinggi     Pada zaman sekarang, arus globalisasi memberikan dampak yang besar bagi  warga negara dan kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Tidak hanya itu, rendahnya pengetahuan tentang nilai-nilai pancasila dalam warga negara, pelajar dan mahasiswa akan dapat menimbulkan aliran-aliran akstremisme yang akan berakibat tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan nilai pancasila atau bisa disebut tindakan-tindakan radikal. Oleh karena itu, pendidikan pancasila perlu diajarkan diperguruan tinggi untuk dapat menjadi motivasi  dan dapat meningkatkan pengetahuan lebih tentang nilai-nilai pancasila, dan warga negara juga perlu lebih mengetahui tentang nilai-nilai pancasila. Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminksn kepribadian bangsa. Ideologi berarti ilmu pengertian-pengertian, yang dimaksud disini adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar pandangan atau paham, ideologi membimbing bangsa dan negara untuk mencapai tujuannya. Pancasila simbol dari negara indonesia yang menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara, oleh sebab itu pendidikan pancasila sangatlah penting bagi pelajar baik itu siswa maupun mahasiswa dan pendidikan pancasila wajib hukumnya menurut UU N0. 2 Tahun 1989 Tentang Hukum Pendidikan Nasional, surat edaran No. 03/M/SE/VIII/2017 Tentang Penguatan Pendidikan Pancasila Dan Mata Kuliah Wajib Umum Pada Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu buku “ pendidikan pancasila” ini memberikan pelajaran bahwa pancasila adalah jiwa bangsa dan negara indonesia yang harus dan wajib menjadi landasan bagi kehidupan bangsa dan negara sehingga paham-paham radikalisme tidak tumbuh dalam diri kita karena sejatinya pancasila bersumber dari nilai agama, budaya dan sejarah kehidupan bangsa indonesia.

kebijakan penyelenggaraaan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi tidak serta merta diimplementasikan, baik di perguruan tinggi negeri maupun di perguruan tinggi swasta. Keadaan tersebut terjadi karena dasar hukum yang mengatur berlakunya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi selalu mengalami perubahan dan persepsi pengembang kurikulum di masing-masing perguruan tinggi berganti-ganti. Dengan demikian, mata kuliah pendidikan Pancasila ini dapat lebih fokus dalam membina pemahaman dan penghayatan mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Artinya, pendidikan Pancasila diharapkan menjadi ruh dalam membentuk jati diri mahasiswa dalam mengembangkan jiwa profesionalitas mereka sesuai dengan bidang studi masing-masing. Selain itu, dengan mengacu kepada ketentuan pasal 2 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, sistem pendidikan tinggi di Indonesia harus berdasarkan Pancasila. 

B.Tujuan penyelenggaraan pendidikan pancasila di perguruan tinggi

1.Memperkuat pancasila sebagai dasar falsafah negara dan idiologi bangsa Melalui revalitas nilai-nilai dasar pancasila sebagai norma dasar Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.2.Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai Dasar pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara republik Indonesia dan membimbing untuk dapat menerapkannya dalam Kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.3.Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari Solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan Nilai-nilai pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945.4.Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi Nilai-nilai ketuhanan,kemanusiaan,kecintaan pada tanah air,dan Kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang Demokratis , berkeadilan , dan bermatabat berlandaskan pancasila ,Untuk mampu berinteraksi deangan dinamika internal dan eksternalMasyarakat bangsa indonesia.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong