ARSIP BULANAN : March 2021

PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

27 March 2021 08:05:24 Dibaca : 30

A.Pendahuluan

1.Pendidikan karakter menjadi isu yang sangat penting dalam dunia pendidikan

2.Memudarnya nilai-nilai budaya dikarenakan kurangnya pendidikan karakter

3.Pendidikan karakter merupakan sebuah jawaban atau solusi tentang permasalahan-permasalahan yang dialami di dunia pendidikan

4.Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan karakter disekolah yaitu dengan cara mengoptimalkan pembelajaran agama islam(PAI)

5.Pendidikan agama islam merupakan sarana transformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan ( aspek kognitif ), sebagai sarana transformasi norma serta nilai moral untuk membentuk sikap yang berperan dalam mengedalikan perilaku dan etika.

PENTINGNYA PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM ISLAM

18 March 2021 07:31:05 Dibaca : 314

Sebagai mana yang kita ketahui bahwa konsep pendidikan karakter sebenarnya sudah ada sejak zaman rasulullah saw. Hal ini terbukti dari perintah allah bahwa tugas pertama dan utama rasulullah adalah sebagai penyempurna akhlak bagi umatnya. Selain itu juga, makna dari karakter sama dengan konsep akhlak dalam islam. keduanya membahas tentang perbuatan perilaku umat manusia.

Akhlak atau karakter dalam islam adalah sasaran utama dalam dunia pendidikan. Karena akhlak dianggap dasar bagi keseimbangan dalam kehidupan manusia yang menjadi penentu keberhasilan bagi potensi paedagogis yang lain. Hal ini dapat dilihat beberapa hadist nabi yang menjelaskan tentang keutamaan pendidikan karakter atau akhlak. Salah satu hadistnya sebagai berikut:" ajarilah anak-anakmu kebaikan, dan didiklah mereka".

Islam selalu memposisikan pembentukan ahklak atau karakter anak pada pilar utama tujuan pendidikan. Hal ini senada dengan latar belakang perlunya di terapkan pendidikan karakter disekolah; untuk menciptakan bangsa yang besar, bermartabat dan disegani oleh dunia maka dibutuhkan good society yang dimulai dari pengembangan karakter ( character building ).

Pembangunan akhlak atau karakter dapat dilakukan dengan cara salah satunya melalui proses pendidikan disekolah dengan mengimplementasikan penanaman nilai-nilai akhlak dalam setiap materi pelajaran.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong