Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk dapat diterapkan di Perguruan Tinggi

26 October 2020 20:48:11 Dibaca : 11

 

Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk dapat diterapkan di Perguruan Tinggi

Pancasila adalah sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Sebab itu seluruh tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan segabagai tolak ukur baik buruk dan benar salahnya sikap, perubahan dan tingkah laku sebagai bangsa Indonesia.Pentingnya Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan saat di Perguruan Tinggi:1. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa diharapkan mempu memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.2. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa dapat berpartisipasi dalam upaya mencegah dan menghentikan berbagai tindak kekerasan dengan cara cerdas dan damai.3. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki pandangan yang benar terhadap nilai-nilai demokrasi dan HAM.4. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa berpikir kritis dan objektif terhadap persoalan kenegaraan, HAM, dan demokrasi.

Pendidikan Pancasila diharapkan dapat memperkokoh modalitas akademik mahasiswa dalam berperan serta membangun pemahaman masyarakat, antara lain :- Kesadaran gaya hidup sederhana dan cinta produk dalam negeri- Kesadaran pentingnya kelangsungan hidup generasi mendatang- Kesadaran pentingnya semangat solidaritas nasional- Kesadaran pentingnya norma-norma dalam pergaulan- Kesadaran pentingnya kesehatan mental bangsa- Kesadaran tentang pentingnya penegakkan hukum- Menanam pentingnya kesadaran terhadap ideologi Pancasila

Secara spesifiki tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah :- Memperkuat pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar pancasila sebagai norma dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara- Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, dan membimbing untuk dapat menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara- Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD Negara RI 1945- Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa serta penguatan masyarakat yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa indonesiaPendidikan Pancasila adalah suatu usaha sadar, yang terencana dan terarah, melalui pendidikan formal, untuk mentranformasikan nilai-nilai yang terkandung ddalam Pancasila pada mahasiswa. Mahasiswa diharapkan dapat mencerna nilai-nilai Pancasila melalui akalnya, dan menumbuhkan rasionalitas sesuai dengan kemampuan sehingga mereka mencapai perkembangan penalaran moral seoptimal mungkin yang dijiwai Pancasila.

Salah satu hal penting dalam pembelajaran yaitu memahami materi pembelajaran. Pemahaman merupakan sebuah proses yang berlangsung terus dalam kehidupan. Materi merupakan unsur kunci sebuah pembelajaran dan materi ini ingin dibagikan kepada mahasiswa. Agar meteri yang baik itu bisa sampai ke mahasiswa maka metode menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.Umumnya materi merupakan sesuatu yang mendasar sehingga terkesan rumit dan berat. Penekanan pada materi seringkali juga membuat orang mengabaikan metode agar materi tertentu bisa sampai kepada mahasiswa. Pendek kata materi dipandang sebagai sesuatu yang utama sedangkan metode dipandang sebagai sesuatu yang pinggiran belaka. Pandangan ini perlu tinjau ulang, karena mahasiswa ternyata menaruh perhatian dan merasa sangat terbantu dengan metode yang dipakai diperhatikan secara serius dalam proses pembelajaran. Karena pilihan metode yang cepat akan membantu pemahaman materi secara baik pula.Temuan penting yang dapat dikemukakan berkaitan dengan dosen adalah mahasiswa memandang interaksi dosen dengan mereka di kelas akan sangat membantu menumbuhkan minat merekadalam perkuliahan. Para dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pandangan mereka telah mampu membangun hubungan melalui interaksi yang seimbang dengan mahasiswa dalam perkuliahan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong