Latar Belakang

Permasalahan Indonesia pada era globalisasi ini khusunya dalam bidang pendidikan adalah rendahnya sumber daya manusia yang tersedia.

Sumber daya manusia adalah salah satu resources terpenting yang perlu dimiliki oleh suatu negara dalam menentukan tingkat kemakmuran dan kesejahteraan pada negara tersebut.

Pemerintah memegang peranan penting dalam menentukan baik atau tidaknya kualitas SDM yang ada. Khusunya di Indonesia, pada masa sekarang ini tugas terpenting yang perlu diemban oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM yang ada adalah melalui perbaikan sistem pendidikan yang ada.

Alasan mengapa pendidikan ini sangat menentukan dari kualitas baik atau tidaknya SDM yang ada adalah, karena semakin seseorang memiliki tingkat intelejensi yang tinggi maka semakin mudah pula ia untuk menyelaraskan diri dalam perkembangan zaman dan menciptakan ide-ide kreatif serta inovatif yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Oleh karena itulah meningkatkan mutu pendidikan sama dengan meningkatkan kualitas SDM yang ada. Dan semakin buruk sistem pendidikan yang ada maka kualitas SDM yang dihasilkan pun semakin rendah.

Bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas SDM ini dapat dilakukan melalui peningkatan minat baca dan kebiasaan membaca bagi masyarakat umum. Membaca merupakan salah satu kegiatan yang dapat menambah khasanah wawasan pengetahuan si pembaca.

Khususnya bagi masyarakat umum, kegiatan membaca merupakan suatu kegiatan positif yang perlu di jadikan pembiasaan agar rasa cinta membaca itu dapat dijadikan minat yang dimiliki oleh seluruh masyarakat umum.

Di Indonesia, pada era globalisasi khususnya, kemampuan membaca yang baik akan semakin membuat seseorang lebih mudah dalam mempelajari banyak hal baru yang tentunya sangat bermanfaat pada masa sekarang ini.

Peningkatan minat baca ini perlu digalakan karena semakin tinggi tingkat minat baca masyarakat maka semakin besar pula kesempatan untuk meningkatlan kemampuan intelejensi masyarakat umum yang ada.

Perpustakaan merupakan wadah dan pusat penggerak dalam meningkatkan minat baca masyarakat umum. Perpustakaan merupakan tempat dimana semua ilmu pengetahuan (buku) berkumpul.

Oleh karena itu perpustakaan dapat dijadikan sebagai salah satu pusat dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Masyarakat umum di Indonesia, pada era globalisasi ini dapat dibilang belum sepenuhnya dapat membaca, atau buta huruf dan perpustakaan juga dapat dijadikan salah satu motor penggerak dalam membantu masyarakat buta huruf agar dapat belajar membaca dan meningkatkan minat baca agar dimiliki setiap masyarakat umum.

Pengintegrasian ICT dapat dijadikan sebagai bentuk peningkatan SDM yang dapat berselaras dengan perkembangan zaman.

Information and Communication Technology atau ICT merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting yang berkaitan dalam peningkatan kualitas SDM.

Pada masyarakat umum di Indonesia di era globalisasi ini penguasaan ICT yang masih relatif rendah sangat peelu untuk ditingkatkan.

Dari peningkatan ini kemudian diharapkan dapat dijadikan batu loncatan bagi masyarakat Indonesia dalam menguasai teknologi dan dapat berselaras dengn perkembangan zaman.

Oleh karena itu pemerintah harus bekerja ekstra keras untuk meningkatkan pemahaman ilmu ICT kepada masyarakat umum, khususnya mereka yang tinggal di dwerah tertinggal, agar dapat setara dengan mereka yang hidup di perkotaan.

ICT merupakan salah hal penting yang harus dimiliki oleh perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

ICT yang merupakan bidang ilmu yang bergerak di teknologi dan informasi akan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi, khusunya bahan bacaan.

Masyarakat Indonesia pada masa sekarang ini khususnya, tentu akan lebih semakin tertarik dalam membaca apabila terdapat hal-hal unik dan menarik dalam baham bacaanya.

Oleh karena itu ICT dapat dijadikan oleh perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat umum.

 

Rumusan Masalah

1. Apa masalah utama yang dihadapi Indonesia pada era globalisasi ?

2. Mengapa Pendidikan sangat menentukan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) ?

3. Bagaimana bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)!

4. Mengapa ICT dijadikan sebagai bentuk upaya dalam peningkatan SDM yang selaras dengan perkembangan zaman ?

5. Bagaimana ICT berperan penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui Perpustakaan Digital !

 

Tujuan Penulisan

1. Untuk mengetahui apa masalah utama yang dihadapi Indonesia pada era globalisasi

2. Untuk mengetahui mengapa Pendidikan sangat menentukan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

3. Untuk mengetahui bagaimana bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

4. Untuk mengetahui mengapa ICT dijadikan sebagai bentuk upaya dalam peningkatan SDM yang selaras dengan perkembangan zaman

5. Untuk mengetahui bagaimana ICT berperan penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui Perpustakaan Digital

 

Daftar Pustaka

Cleveland, Gary, (1998). IFLA - The official website of the International Federation of Library Associations and Institutions. Retrieved July 30, 2013, from http://archive.ifla.org/VI/5/op/udtop8/udtop8.htm

• Permasalahan utama bagi Indonesia pada era globalisasi ini, khususnya dalam bidang pendidikan adalah rendahnya SDM.

• Bentuk upaya dalam meningkatkan SDM ini, dapat dilakukan melalui peningkatan minat baca dan kebiasaan membaca bagi masyarakat umum.

• Perpustakaan merupakan salah satu wadah yang dapat menjadi penggerak dan pusat dalam meningkatkan minat baca dari masyarakat.

• Pengintegrasian ICT merupakan salah satu penunjang dalam membentuk SDM berkualitas yang mampu berselaras dengan perkembangan era global.

• ICT juga merupakan salah satu hal penting yang perlu dikembangkan oleh perpustakaan sebagai pusat peningkatan minat baca yang dapat menyesuaikan dengan era global.

Perkembangan Internet

15 March 2021 17:25:46 Dibaca : 25

Internet sebagai media dimana bahan digital tersedia, standar dan teknologinya akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kemudahan dalam ketersedian bahan digital inilah yang kemudian membuat banyak pengguna internet terbantu, baik dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan mereka.

Seiring berkembangnya zaman, internet juga ikut menyelaraskan diri dalam berkembang dan meningkatkan kualitasnya. Pada masa sekarang ini hampir semua peristiwa yang terjadi di belahan dunia ini dapat diketahui oleh para pengguna internet hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Kemajuan dalam bidang informasi dan komunikasi inilah yang menjadi salah satu bukti nyata dari perkembangan internet.

Bukan hanya pada bidang informasi dan komunikasi, bahkan kegiatan berniaga dan bertransaksi pun dapat dilakukan melalui internet. Misalkan saja pada situs-situs ternama seperti Amazon, ebay, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja merupakan salah satu dampak positif dari sekian banyak dampak positif yang diberikan oleh internet.

Pada setiap hal yang mempunyai dampak positif, tentu juga akan memiliki sisi negatifnya, tak terkecuali internet. Misalnya saja banyak sekali situs-situs penyedia konten dewasa yang dapat sangat mudah diakses oleh anak-anak dibawah umur. Dan lebih dari itu tak jarang banyak situs-situs perjudian online, penjualan obat-obatan terlarang dan masih banyak hal negatif lainnya yang dapat ditemukan di internet. Tentu hal ini merupakan suatu problematika yang perlu diperhatikan oleh pemerintah agar lebih ketat dan jeli dalam melakukan pemblokiran pada situs-situs tersebut.

Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan internet, harus dapat dimanfaatkan dengan bijak. Karena positif atau negatifnya internet, tergantung dari bagaimana si pengguna dalam menggunakan internet tersebut. Oleh karena itu diperlukan bagi setiap pengguna internet sebuah kemampuan untuk menyaring berbagai konten yang ada di internet, agar pemanfaatan internet dapat maksimal dilakukan.

 

Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk dapat diterapkan di Perguruan Tinggi

Pancasila adalah sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Sebab itu seluruh tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan segabagai tolak ukur baik buruk dan benar salahnya sikap, perubahan dan tingkah laku sebagai bangsa Indonesia.Pentingnya Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan saat di Perguruan Tinggi:1. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa diharapkan mempu memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.2. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa dapat berpartisipasi dalam upaya mencegah dan menghentikan berbagai tindak kekerasan dengan cara cerdas dan damai.3. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki pandangan yang benar terhadap nilai-nilai demokrasi dan HAM.4. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa berpikir kritis dan objektif terhadap persoalan kenegaraan, HAM, dan demokrasi.

Pendidikan Pancasila diharapkan dapat memperkokoh modalitas akademik mahasiswa dalam berperan serta membangun pemahaman masyarakat, antara lain :- Kesadaran gaya hidup sederhana dan cinta produk dalam negeri- Kesadaran pentingnya kelangsungan hidup generasi mendatang- Kesadaran pentingnya semangat solidaritas nasional- Kesadaran pentingnya norma-norma dalam pergaulan- Kesadaran pentingnya kesehatan mental bangsa- Kesadaran tentang pentingnya penegakkan hukum- Menanam pentingnya kesadaran terhadap ideologi Pancasila

Secara spesifiki tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah :- Memperkuat pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar pancasila sebagai norma dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara- Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, dan membimbing untuk dapat menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara- Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD Negara RI 1945- Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air, dan kesatuan bangsa serta penguatan masyarakat yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa indonesiaPendidikan Pancasila adalah suatu usaha sadar, yang terencana dan terarah, melalui pendidikan formal, untuk mentranformasikan nilai-nilai yang terkandung ddalam Pancasila pada mahasiswa. Mahasiswa diharapkan dapat mencerna nilai-nilai Pancasila melalui akalnya, dan menumbuhkan rasionalitas sesuai dengan kemampuan sehingga mereka mencapai perkembangan penalaran moral seoptimal mungkin yang dijiwai Pancasila.

Salah satu hal penting dalam pembelajaran yaitu memahami materi pembelajaran. Pemahaman merupakan sebuah proses yang berlangsung terus dalam kehidupan. Materi merupakan unsur kunci sebuah pembelajaran dan materi ini ingin dibagikan kepada mahasiswa. Agar meteri yang baik itu bisa sampai ke mahasiswa maka metode menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.Umumnya materi merupakan sesuatu yang mendasar sehingga terkesan rumit dan berat. Penekanan pada materi seringkali juga membuat orang mengabaikan metode agar materi tertentu bisa sampai kepada mahasiswa. Pendek kata materi dipandang sebagai sesuatu yang utama sedangkan metode dipandang sebagai sesuatu yang pinggiran belaka. Pandangan ini perlu tinjau ulang, karena mahasiswa ternyata menaruh perhatian dan merasa sangat terbantu dengan metode yang dipakai diperhatikan secara serius dalam proses pembelajaran. Karena pilihan metode yang cepat akan membantu pemahaman materi secara baik pula.Temuan penting yang dapat dikemukakan berkaitan dengan dosen adalah mahasiswa memandang interaksi dosen dengan mereka di kelas akan sangat membantu menumbuhkan minat merekadalam perkuliahan. Para dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pandangan mereka telah mampu membangun hubungan melalui interaksi yang seimbang dengan mahasiswa dalam perkuliahan.

Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo

17 September 2020 12:23:22 Dibaca : 24

Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo :

  1. Program S2 Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi B)
  2. Program S2 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Akreditasi B)
  3. Program S2 Pendidikan Matematika (Akreditasi B)
  4. Program S2 Pendidikan Dasar (Akreditasi B)
  5. Program S2 Pendidikan Biologi (Akreditasi B)
  6. Program S2 Pendidikan Fisika (Akreditasi B)
  7. Program S2 Administrasi Pendidikan (Akreditasi B)
  8. Program S2 Agribisnis (Akreditasi B)
  9. Program S2 Ilmu Kelautan dan Perikanan (Akreditasi B)
  10. Program S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Akreditasi B)
  11. Program S2 Teknologi Pendidikan (Akreditasi B)
  12. Program S2 Pendidikan Ekonomi (Akreditasi B)
  13. Program S2 Ilmu Administrasi (Akreditasi B)
  14. Program S2 Ilmu Hukum (Akreditasi B)
  15. Program S2 Pendidikan Luar Sekolah (Akreditasi B)
  16. Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Akreditasi B)
  17. Program S3 Ilmu Administrasi
  18. Program S3 Ilmu Pendidikan
  19. Program S3 Pendidikan Bahasa
  20. Program S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong