ARSIP BULANAN : April 2021

Latar Belakang

Permasalahan Indonesia pada era globalisasi ini khusunya dalam bidang pendidikan adalah rendahnya sumber daya manusia yang tersedia.

Sumber daya manusia adalah salah satu resources terpenting yang perlu dimiliki oleh suatu negara dalam menentukan tingkat kemakmuran dan kesejahteraan pada negara tersebut.

Pemerintah memegang peranan penting dalam menentukan baik atau tidaknya kualitas SDM yang ada. Khusunya di Indonesia, pada masa sekarang ini tugas terpenting yang perlu diemban oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM yang ada adalah melalui perbaikan sistem pendidikan yang ada.

Alasan mengapa pendidikan ini sangat menentukan dari kualitas baik atau tidaknya SDM yang ada adalah, karena semakin seseorang memiliki tingkat intelejensi yang tinggi maka semakin mudah pula ia untuk menyelaraskan diri dalam perkembangan zaman dan menciptakan ide-ide kreatif serta inovatif yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Oleh karena itulah meningkatkan mutu pendidikan sama dengan meningkatkan kualitas SDM yang ada. Dan semakin buruk sistem pendidikan yang ada maka kualitas SDM yang dihasilkan pun semakin rendah.

Bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas SDM ini dapat dilakukan melalui peningkatan minat baca dan kebiasaan membaca bagi masyarakat umum. Membaca merupakan salah satu kegiatan yang dapat menambah khasanah wawasan pengetahuan si pembaca.

Khususnya bagi masyarakat umum, kegiatan membaca merupakan suatu kegiatan positif yang perlu di jadikan pembiasaan agar rasa cinta membaca itu dapat dijadikan minat yang dimiliki oleh seluruh masyarakat umum.

Di Indonesia, pada era globalisasi khususnya, kemampuan membaca yang baik akan semakin membuat seseorang lebih mudah dalam mempelajari banyak hal baru yang tentunya sangat bermanfaat pada masa sekarang ini.

Peningkatan minat baca ini perlu digalakan karena semakin tinggi tingkat minat baca masyarakat maka semakin besar pula kesempatan untuk meningkatlan kemampuan intelejensi masyarakat umum yang ada.

Perpustakaan merupakan wadah dan pusat penggerak dalam meningkatkan minat baca masyarakat umum. Perpustakaan merupakan tempat dimana semua ilmu pengetahuan (buku) berkumpul.

Oleh karena itu perpustakaan dapat dijadikan sebagai salah satu pusat dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Masyarakat umum di Indonesia, pada era globalisasi ini dapat dibilang belum sepenuhnya dapat membaca, atau buta huruf dan perpustakaan juga dapat dijadikan salah satu motor penggerak dalam membantu masyarakat buta huruf agar dapat belajar membaca dan meningkatkan minat baca agar dimiliki setiap masyarakat umum.

Pengintegrasian ICT dapat dijadikan sebagai bentuk peningkatan SDM yang dapat berselaras dengan perkembangan zaman.

Information and Communication Technology atau ICT merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting yang berkaitan dalam peningkatan kualitas SDM.

Pada masyarakat umum di Indonesia di era globalisasi ini penguasaan ICT yang masih relatif rendah sangat peelu untuk ditingkatkan.

Dari peningkatan ini kemudian diharapkan dapat dijadikan batu loncatan bagi masyarakat Indonesia dalam menguasai teknologi dan dapat berselaras dengn perkembangan zaman.

Oleh karena itu pemerintah harus bekerja ekstra keras untuk meningkatkan pemahaman ilmu ICT kepada masyarakat umum, khususnya mereka yang tinggal di dwerah tertinggal, agar dapat setara dengan mereka yang hidup di perkotaan.

ICT merupakan salah hal penting yang harus dimiliki oleh perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

ICT yang merupakan bidang ilmu yang bergerak di teknologi dan informasi akan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi, khusunya bahan bacaan.

Masyarakat Indonesia pada masa sekarang ini khususnya, tentu akan lebih semakin tertarik dalam membaca apabila terdapat hal-hal unik dan menarik dalam baham bacaanya.

Oleh karena itu ICT dapat dijadikan oleh perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat umum.

 

Rumusan Masalah

1. Apa masalah utama yang dihadapi Indonesia pada era globalisasi ?

2. Mengapa Pendidikan sangat menentukan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) ?

3. Bagaimana bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)!

4. Mengapa ICT dijadikan sebagai bentuk upaya dalam peningkatan SDM yang selaras dengan perkembangan zaman ?

5. Bagaimana ICT berperan penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui Perpustakaan Digital !

 

Tujuan Penulisan

1. Untuk mengetahui apa masalah utama yang dihadapi Indonesia pada era globalisasi

2. Untuk mengetahui mengapa Pendidikan sangat menentukan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

3. Untuk mengetahui bagaimana bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

4. Untuk mengetahui mengapa ICT dijadikan sebagai bentuk upaya dalam peningkatan SDM yang selaras dengan perkembangan zaman

5. Untuk mengetahui bagaimana ICT berperan penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui Perpustakaan Digital

 

Daftar Pustaka

Cleveland, Gary, (1998). IFLA - The official website of the International Federation of Library Associations and Institutions. Retrieved July 30, 2013, from http://archive.ifla.org/VI/5/op/udtop8/udtop8.htm

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong