ARSIP BULANAN : March 2021

• Permasalahan utama bagi Indonesia pada era globalisasi ini, khususnya dalam bidang pendidikan adalah rendahnya SDM.

• Bentuk upaya dalam meningkatkan SDM ini, dapat dilakukan melalui peningkatan minat baca dan kebiasaan membaca bagi masyarakat umum.

• Perpustakaan merupakan salah satu wadah yang dapat menjadi penggerak dan pusat dalam meningkatkan minat baca dari masyarakat.

• Pengintegrasian ICT merupakan salah satu penunjang dalam membentuk SDM berkualitas yang mampu berselaras dengan perkembangan era global.

• ICT juga merupakan salah satu hal penting yang perlu dikembangkan oleh perpustakaan sebagai pusat peningkatan minat baca yang dapat menyesuaikan dengan era global.

Perkembangan Internet

15 March 2021 17:25:46 Dibaca : 25

Internet sebagai media dimana bahan digital tersedia, standar dan teknologinya akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kemudahan dalam ketersedian bahan digital inilah yang kemudian membuat banyak pengguna internet terbantu, baik dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan mereka.

Seiring berkembangnya zaman, internet juga ikut menyelaraskan diri dalam berkembang dan meningkatkan kualitasnya. Pada masa sekarang ini hampir semua peristiwa yang terjadi di belahan dunia ini dapat diketahui oleh para pengguna internet hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Kemajuan dalam bidang informasi dan komunikasi inilah yang menjadi salah satu bukti nyata dari perkembangan internet.

Bukan hanya pada bidang informasi dan komunikasi, bahkan kegiatan berniaga dan bertransaksi pun dapat dilakukan melalui internet. Misalkan saja pada situs-situs ternama seperti Amazon, ebay, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja merupakan salah satu dampak positif dari sekian banyak dampak positif yang diberikan oleh internet.

Pada setiap hal yang mempunyai dampak positif, tentu juga akan memiliki sisi negatifnya, tak terkecuali internet. Misalnya saja banyak sekali situs-situs penyedia konten dewasa yang dapat sangat mudah diakses oleh anak-anak dibawah umur. Dan lebih dari itu tak jarang banyak situs-situs perjudian online, penjualan obat-obatan terlarang dan masih banyak hal negatif lainnya yang dapat ditemukan di internet. Tentu hal ini merupakan suatu problematika yang perlu diperhatikan oleh pemerintah agar lebih ketat dan jeli dalam melakukan pemblokiran pada situs-situs tersebut.

Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan internet, harus dapat dimanfaatkan dengan bijak. Karena positif atau negatifnya internet, tergantung dari bagaimana si pengguna dalam menggunakan internet tersebut. Oleh karena itu diperlukan bagi setiap pengguna internet sebuah kemampuan untuk menyaring berbagai konten yang ada di internet, agar pemanfaatan internet dapat maksimal dilakukan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong