ARSIP BULANAN : March 2021

PENTINGNYA MENUMBUHKAN KESADARAN ANAK PADA BUDAYA LOKAL

27 March 2021 08:27:31 Dibaca : 17

1. Budaya lokal merupakan identitas bangsa yang berkembang dimasing-masing daerah/ suku dan patut dihormati, dijaga serta dilestarikan agar kebudayaan kita tidak hilang dan menjadi warisan cucu kelak, dengan mempertahankan dan meningkatkan budaya positif serta mengoreksi, dan menghindari budaya negatif.

2. Kebanggaan bangsa indonesia akan budaya dapat mengundang tantangan bagi seluruh rakyat untuk mempertahankan agar tidak dicuri bangsa lain

3. Cara menumbuhkan kesadaran budaya yaitu dengan penanaman sikap multikulturalisme sejak dini, sosialisasi budaya melalui lembaga pendidikan, penyelenggaraan pentas budaya, mencintai dan menjaga budaya sendiri.

4. Dengan melestarikan budaya lokal kita bisa menjaga bangsa dari pengaruh budaya asing.

5. Pengenalan budaya sejak dini memberikan edukasi kepada anak tentang keberagaman budaya yang harus saling dihargai sehingga norma dan nilai budaya akan dapat terwariskan kegenerasi selanjutnya

 

 Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi kegenerasi berikutnya. Budaya juga merupakan idendititas bangsa yang harus dilestarikan. Budaya lokal hidup dan berkembang diseluruh hamparan dari sabang sampai merauke di indonesia. wilayah indonesia memiliki kondisi geografis dan iklim yang berbeda-beda. Misalnya wilayah pesisir pantai jawa yang beriklim tropis dan pegunungan jayawijaya di provinsi papua yang bersalju. perbedaan iklim dan kondisi geografis tersebut dapat berpengaruh terhadap kemajuan budaya lokal.

 Indonesia terkenal dengan berbagai macam budaya. Namun sayangnya budaya-budaya yang ada di indonesia semakin menghilang. ini disebabkan adanya perkembangan jaman yang semakin canggih dan modern, ataupun faktor dari adanya masuknya budaya barat di indonesia. Karena perkembangan yang semakin modern ini generasi muda sudah mulai tertarik dengan budaya lokal melainkan mereka mulai mengikuti budaya barat yang dimana ini sangat bertolak belakang dengan budaya-budaya yang ada di indonesia. Sehingga banyak generasi-generasi muda yang terjerumus ke hal-hal yang negatif.

 Agar semua ini tidak terjadi secara terus menerus yang dimana bisa merugikan negara kita sendiri maka kita harus mempunyai cara untuk menghindari akan hal ini. Yaitu dengan meningkatkan kesadaran untuk mengenalkan dan melestarikan budaya lokal pada generasi muda sedini mungkin. kita harus mengajarkan dan mengenalkan pada mereka akan banyaknya budaya yang dimiliki indonesia bangsa kita sendiri. Masih banyak juga cara untuk mengenalkan budaya pada anak seperti melalui buku, bermain, bahkan kita bisa melakukannya pada kesukaan anak agar mereka juga bisa senang dengan mengenal budaya ini dengan sendirinya.

 Dengan cara pengenalan, pengembangan atau pelestarian budaya-budaya indonesia pada anak budaya akan tetap ada, serta diperlukannya juga kesadaran pada setiap individu baik orang tua, keluarga, guru dan lain-lain akan hal ini. Karena kesadaran amatlah penting dalam melestarikan budaya sehingga dapat mewujudkan indonesia sebagai negara yang berkarakter dan di akui dunia.  Dan juga melestarikan dan mengenalkan budaya lokal pada anak sedini mungkin ini bisa membuat mereka bisa tahu perbedaan budaya kita yang dimana membawa kearah positif dengan budaya luar atau budaya barat yang bisa menjerumuskan ke hal-hal negatif.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong