ARSIP BULANAN : April 2021

LATAR BELAKANG, RUMUSAN MASALAH BUDAYA LOKAL PADA ANAK

08 April 2021 01:15:41 Dibaca : 13

NAMA: AMALIYA LADJU

KELAS: 2B

NIM: 151420053

DOSEN PENGAMPUH: MUHAMMAD SARLIN S.Pd.,M.Pd

KESADARAN BUDAYA PADA ANAK

 

Latar Belakang

 

Budaya lokal merupakan identitas bangsa yang berkembang dimasing-masing daerah dan patut dihormati, dijaga serta dilestarikan agar kebudayaan kita tidak hilang dan bisa menjadi warisan cucu kelak, budaya ini juga termasuk salah satu aturan atau hukum yang diyakini pada setiap daerahnya masing-masing yang dimana untuk mengatur agar setiap manusia bisa mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan dalam menjalin hubungan dengan manusia lain. Di Indonesia kita juga memiliki budaya toleransi yang dimana saling menghargai walaupun memiliki banyak perbedaan serta kita juga memiliki budaya gotong royong yang merupakan salah satu budaya atau sifat-sifat masyarakat kita dalam melakukan satu kegiatan dilakukan secara bersama-sama dan saling tolong-menolong.

Inilah keindahan budaya kita, yang dimana tak bisa disamakan dengan budaya dari Negara lain. Budaya-budaya bukan hanya itu saja akan tetapi ada juga yang dalam bentuk nyanyian, legenda,  cerita-cerita, kaya akan bahasa, bahkan ada juga dalam bentuk permainan. Budaya ada karena hasil dari pengalaman-pengalaman kehidupan orang-orang terdahulu dan dilakukan pada kehidupan sehari-hari sehingga menjadi satu kebiaasaan yang baik dan bisa diwariskan pada generasi selanjutnya dari masa ke masa. Sehingga kita harus bangga akan hal ini karena kita bangsa Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda pada tiap daerahnya namun kita tetap satu.

Kesadaran adalah dimana kita  benar-benar mengetahui adanya satu keadaan atau peristiwa yang ada di lingkungan sekitar kita. Jadi kesadaran budaya lokal adalah dimana kita benar-benar mengetahui dan memahami akan pentingnya budaya lokal pada diri kita yang dimana dapat berpengaruh pada kehidupan baangsa dan Negara. Kesadaran juga bukan harus memahami secara terus menerus  akan tetapi setelah ia memahami satu hal lalu ia mempunyai keinginan atau mempunyai rasa untuk mempertahankan dan mengembangkan budayanya tanpa ada paksaan dari orang lain. Inilah yang dinamakan kesadaran budaya lokal.

Namun sayangnya semakin berubahnya zaman, dari waktu ke waktu zaman semakin modern budaya-budaya yang ada semakin terkikis dengan berbagai teknologi. Nilai-nilai dari budayanya semakin memudar ini disebabkan karena globalisasi atau masuknya Negara-negara barat di Indonesia dimana memiliki ragam kebudayaannya. Bahkan anak-anak  hanya lebih tertarik pada hal-hal yang lebih modern. Yah walaupun anak-anak yang berbaur dengan teknologi akan lebih maju kehidupannya dari pada anak yang bersifat kuno atau hanya monoton terhadap kepercayaan orang dulu akan tetapi bukan berarti anak ini bisa melupakan budaya dan ciri khas bangsanya sendiri yang  dimana telah ada sejak dulu. Kita bisa mengikuti perkembangan zaman tapi kita tidak bisa melupakan adat serta tradisi budaya kita bangsa Indonesia dengan begitu kita bisa menjadikan Negara kita yang tetap memiliki identitasnya sendiri, ciri khasnya sendiri.

Perkembangan teknologi pada anak dapat berkembang dengan cepat sehingga masih banyak anak-anak yang melupakan budaya-budaya dan tradisi bangsa nya sendiri. Contohnya saja pada anak-anak dulu selalu memakai bahasa daerahnya pada kehidupan sehari-harinya  sedangkan sekarang anak-anak bahkan tidak bisa berbahasa daerahnya sendiri. Dulu anak-anak itu permainannya pun asik dan menyenangkan dimana tidak bisa dilakukan oleh satu melainkan harus bersama-sama sedangkan sekarang permainannya hanya permainan modern atau disebut game online bahkan ia tidak bisa tahu dilingkungan sekitarnya. Dan masih banyak lagi contoh-contoh budaya atau kebiaasaan dulu yang telah hilang

Maka dari itu kita harus mewujudkan serta membangun kembali atau melastarikannya kembali budaya-budaya kita yang hilang dan mengembangkan budaya-budaya yang telah ada. Dengan kita sebagai calon guru atau calon orang tua nanti cara kita untuk menumbuhkannya budaya pada anak-anak adalah dengan cara kita menyadari bahwa pentingnya memberikan pemahaman budaya pada anak dengan memberikan kesempatan pada anak untuk mengikuti kegiatan disekolah nya yang bersifat untuk menyelenggarakan kebudayaan disini juga anak bisa tahu potensi dirinya dimana dan seperti apa. Atau kita juga bisa menyampaikan tentang budaya ini melalui hal-hal yang disukai anak seperti anak suka sekali bermain handphone cara kita adalah mengenalkan atau membiasakan pada anak untuk menyanyikan lagu daerah-daerah kita walaupun sedikit demi sedikit setidaknya ada yang bisa di ingat oleh anak nanti.

Dari hal-hal kecil itulah yang bisa mempertahankan kebudayaan kita. Sehingga akan dapat terwariskan kegenerasi selanjutnya. Budaya kita ini juga menjaga kita dari pengaruh budaya luar atau budaya asing. Sehingga itu pentingnya kita sejak awal menyadari akan pelestarian budaya lokal kita.

 

 

 

Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan budaya lokal?

2.      Bagaimana masalah budaya lokal dan strategi di era globalisasi

3.      Apa pentingnya kesadaran budaya?

4.      Bagaimana upaya memperkenalkan budaya lokal pada anak?

5.      Bagaimana pengajaran budaya lokal dalam pembentukan karakter siswa dasar?

 

Tujuan masalah

1.      Untuk  memahami tentang budaya lokal

2.      Untuk mengetahui masalah  dan strategi budaya lokal di era globalisasi

3.      Untuk memahami baahwa pentingnya kesadaran budaya

4.      Untuk mengetahui upaya dalam memperkenalkan budaya lokal pada anak

5.      Untuk mengetahui pengajaran budaya lokal dalam pembentukan karakter siswa dasar

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong