ARSIP BULANAN : October 2020

Pendapat

26 October 2020 20:00:19 Dibaca : 26

NAMA:NURHAYATI HUSAIN

NIM:151420067

KELAS B

 

Mengapa mahasiswa perlu menjadi dan mempelajari mengenai pendidikan pancasila? 

Mata kuliah Pancasila perlu diterapkan kembali agar mahasiswa sebagaipenerus bangsa tetap mengingat, lihat, paham, dan memperjuangkan bangsa Indonesia. Jika tidak ada mata kuliah tersebut, akan memungkinkan generasi muda melupakan falsafah negara, sejarah, budaya Indonesia. Mata kuliah Pancasila biasanya terdapat di semester-semester awal perkuliahan untuk memperkokoh rasa nasionalispara penerus bangsa, sehingga tidak ada lagi anak cucu kita yang tidak tahu hal-hal umum yang berkaitan dengan negara Indonesia, misalnya, lupa sila-sila Pancasila ”.

Pada zaman sekarang, arus globalisasi memberikan dampak yang besar bagi warga negara dan kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Tidak hanya itu, rendahnya pengetahuan tentang nilai-nilai pancasila dalam warga negara, pelajar dan mahasiswa akan dapat menimbulkan aliran-aliran akstremisme yang akan berakibat tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan nilai pancasila atau bisa disebut tindakan-tindakan radikal. Oleh karena itu, pendidikan pancasila perlu diajarkan diperguruan tinggi untuk dapat menjadi motivasi dan dapat meningkatkan pengetahuan lebih tentang nilai-nilai pancasila, dan warga negara juga perlu lebih mengetahui tentang nilai-nilai pancasila. 

Dalam Bab pertama dijelaskan tentang pancasila dalam lintas sejarah, pancasila ada dan sudah diterapkan sejak pada masa kerajaan kutai sampailah pada masa reformasi.adapun masa kebangkitan nasional contoh gerakan nasional adalah Budi Utomo yang pada tanggal 20 Mei 1908 dibentuk, organisasi inilah yang yang merupakan awal gerakan nasional yang mewujudkan suatu bangsa yang memiliki kehormatan akan kemerdekaan dan kekuatannya sendiri.

 

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminksn kepribadian bangsa. Di Bab kedua ini dijelakan tentang pengertian pancasila dam perkembangannya. Dalam perkembangan pancasila tidak lepas dengan sejarah, perumusan pancasila, serta tokoh-tokoh yang terlibat didalamnya, salah satu tokoh yang terlibat adalah Kasman Singodimedjo.

Ideologi berarti ilmu pengertian-pengertian, yang dimaksud disini adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar pandangan atau paham, ideologi membimbing bangsa dan negara untuk mencapai tujuannya. Dalam Bab ketiga akan dipaparkan tentang Pancasila Sebagai Ideologi Negara.

Filsafat terbentuk rasa ingin tahu yang diikuti dengan pertanyaan, dengan rasa ingi tahu inilah yang akan menimbulkan pengetahuan. Pancasila yang merupakan sistem filsafat pada hakikatnya merupakan suatu kesatuan organis. Artinya itu saling berkaitan, saling berhubungan bahkan saling mengkualifikasi. Bab keempat akan dijelaskan secara lengkap tentang Pancasila Sebagai Sistem Filsafat.

Etika politik memiliki tujuan menjelaskan mana tingkah laku politik yang baik, yang dimana dalam Bab kelima akan dijelaskan tentang Pancasila Sebagai Etika Politik. Apabila politik mengarah kepada kepentingan umum atau negara, itu adalah etika yang baik. Etika politik diharapkan mampu menciptakan suasana harmonis antar pelaku dan antarkekuatan.

Pancasila ada intuk mengakomodir segala problematika dan keberlangsungan hidup agama-agama diindonesi. Diindonesia ada 6 agama resmiyang masing-masing memiliki latar belakang tersendiri. Ada beberapa teori untuk menganalisis relasi antara negara dan agama yang antara lain dirumuskan dalam tiga paradigma, semua penjelasan akan dijelaskan secara lengkap didalam Bab keenam. 

Paradigma menurut para ahli adalah cara orang melihat diri mereka sendiri dan lingkungan yang akan mempengaruhi pemikiran, sikap, dan perilaku. Pada Bab ketujuh akan dijelaskan tentang Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara. Didalam Bab ketujuh ini akan dijelaskan juga secara lengkap paradigima yang berkaitan dengan pancasila.

Indonesia memiliki hukum dasar tertulis yang disebut undang-undang dasar (UUD), pncasila juga termuat didalamnya.membahas nilai, didalamnya terkandung cita-cita, harapan, kehendak, keinginan dan keharusan. Pembahasan tentang nilai berarti membahas tentang hal-hal yang ideal, tentang cita-cita atau harapan masa depandan kenyataan atau keharusan. Didalam Bab kedelapan ini akan dijelaskan secara rinci tentang Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Sekarang negara indonesia berada pada masa revolusi 4.0 dimana perkembangan teknologi yang besar terjadi pada masa ini dimana diikuti oleh ilmu pengetahuan.

Buku ini cocok untuk para mahasiswa, dimana semua dijelaskan yeng terkait dengan pancasila dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami. Buku ini direkomendasikan untuk para pembaca karena dalam buku ini terdapat ilmu tentang pendidikan pancasila.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong