ARSIP BULANAN : March 2021

1.Salah satu bentuk inovasi dalam kondisi ini yaitu dengan melakukan pembelajaran secara online atau daring(dalam jaringan). Akan tetapi dalam pembelajaran daring ini tidak terlepas dari permasalahan. Meskipun juga pembelajaran daring mampu memberikan layanan yang menarik dan efektif, tetapi saja dalam pelaksanaannya memiliki tantangan sendiri. 

2.Sebagai calon guru bukan hanya dituntut untuk ahli dalam menyampaikan materi/bahan ajar secara offline(tatap muka dikelas), tetapi dituntut juga dapat menggunakan sistem pembelajaran daring. 

3.Berbagai hambatan yang ditemukan dalam proses pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap kondisi psikis mahasiswa, sehingga diperlukan adanya solusi atas berbagai hambatan tersebut, misalnya kemampuan dalam pengolahan stres yang dihadapi. 

4.Adanya hambatan pada proses pembelajaran daring ini dapat menurunkan minat belajar mahasiswa karena diantara faktor-faktor yang menjadi kunci kesuksesan pembelajaran ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana. 

5.Tetapi ada juga sisi baik dalam pembelajaran ini, yaitu pendidikan Indonesia lebih maju dengan adanya sistem belajar seperti ini, karena para guru dan pelajar sudah bisa belajar dengan menggunakan teknologi dan memanfaatkannga dengan sebaik-baiknya. 

Kondisi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

16 March 2021 22:06:33 Dibaca : 24

Pada masa pandemi ini kita dianjurkan agar setiap kegiatan wajib dijalankan dirumah, terutama pada kegiatan belajar-mengajar. Pada saat ini proses belajar mengajar sudah dilakukan dirumah atau disebut dengan daring. 

Dalam proses daring ini kita memperoleh beberapa masalah, diantaranya adalah kebiasaan siswa pada saat proses pembelajaran. Ketika sistem pembelajaran dilakukan secara offline, kemudian materi disampaikan dengan metode ceramah maka pada umumnya hanya mendengarkan. Akan tetapi, ketika sitem pembelajaran online diterapkan, maka mereka memahami materi dengan instruksi yang sudah dijelaskan masih menjadi tantangan, sehingga sebagai siswa merasa sulit dalam memahami materi. 

Dan juga ada beberapa hambatan dalam pembelajaran sistem daring, mulai dari terbatasnya kuota, banyaknya tugas, penguasaan IT yang masih terbatas dan jaringan tidak stabil. 

Tetapi ada juga sisi baik dari belajar daring ini yaitu:

*Waktu belajar lebih singkat dan dengan mudahnya mengakses materi atau mengikuti video tatap muka, maka para pelajar memiliki waktu yang cepat untuk belajar, apalagi belajarnya hanya dirumah. 

*Pendidikan Indonesia lebih maju dengan adanya sistem belajar seperti ini, setidaknya pendidikan Indonesia lebih maju walaupun sedikit, salah satunya pendidikan Indonesia sudah bisa memanfaatkan teknologi yang ada. 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong