RESUME PELATIHAN JURNALISTIK DASAR MATA KULIAH JURNALISTIK ONLINE

20 April 2016 08:50:48 Dibaca : 293

Adapun Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar 14 April 2016 dengan Tema “Membangun dan Mengembangkan Minat Mahasiswa di Bidang Jurnalistik” Hari pertama kegiatan dilaksanakan pada hari kamis dengan pemateri dari Kak Cristopel.
Tentang Media Massa Media massa (cetak, radio, televisi, dan e-media) adalah sarana utama penegakan demokrasi substansial. Saat ini media massa telah menjadi kekuatan keempat (the fourth estate), di luar kekuasaan eksekutif, legislatif dan judikatif.
Namun setelah ‘reformasi’ tahun 1998, fenomena yang terlihat semakin jelas adalah, perubahan media menjadi mediacracy (mediakrasi). Kita melihat betapa dahsyatnya pengaruh media, khususnya televisi terhadap berbagai persoalan saat ini.
Beberapa sifat dari media massa :
• Radio: menguasai waktu, tetapi tidak menguasai ruang, cepat, ringkas, pendek, berita disajikan intinya, seperti headline. Kedalaman kurang.
• Televisi menyajikan gambar dan kata, langsung menyasar pada mata dan telinga
• Televisi memiliki berbagai perangkat yang mampu menyajikan beragam kemungkinan
• Web menyajikan berita selengkap koran, secepat radio dan televisi, bisa diraih di mana saja, tetapi pemakaiannya masih terbatas
• Media sosial: sangat responsif terhadap suatu peristiwa, bisa menggerakkan isu-isu tertentu yang menjadi interest kelompok-kelompok sosial tertentu, tidak terikat pada kaidah-kaidah jurnalistik.
• Media cetak, lebih rumit dan kompleks, lebih rinci dan mendalam. Menguasai ruang, tetapi tidak menguasai waktu.
Jurnalis adalah orang yang melakukan kerja jurnalistik.Ada yang menggunakan istilah wartawan. Sebenarnya sama. Wartawan adalah pewarta, orang yang mewartakan peristiwa dengan kerja jurnalistik Kerja jurnalistik adalah, mencari, memperoleh, memilih, menyimpan, mengolah dan menyunting. Subyeknya adalah fakta, peristiwa yang berlangsung saat ini, atau pun yang menjadi isu laten.
Disampaikan dengan tulisan, gambar atau foto, suara dan gambar, data, grafik dan bentuk-bentuk lain. Menggunakan media cetak, elektronik, dan segala saluran yang tersedia.
Sehingga manusia tidak bisa lepas dari yang namanya media massa, penggunaan media massa yang berlebihan juga akan berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Media massa yang sering kita gunakan baiknya digunakan untuk kepentingan yang positif. Pekerjaan menjadi seorang jurnalis tidaklah mudah dengan tuntutan seorang jurnalis yang berprofesi sebagai wartawan itu sangat beresiko.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong