ARSIP BULANAN : March 2014

 

MAKALAH

ETIKA DAN FILSAPAT KOMUNIKASI

“KARYA DAN PEMIKIRAN PARA AHLI”

 

NAMA: SELVIYANTI PANANTU

NIM: 291413023

Universitas Negeri Gorontalo

Jurusan Ilmu Komunikasi

Tahun 2014/2015

 

 

 

ABSTRAK

“ Karya dan Pemikiran Para Ahli Filsafat Islam“ Belajar Filsafat sangat penting dan bermamfaat agar kita dapat mengetahui apa yang di maksud dengan filsafat dan siapa saja tokoh-tokoh filsafat dan karya serta pemikiran mereka tentang filsafat. Seperti yang di kemukakan oleh seorang filsuf islam yang bernama Ibnu Sina: Filsafat ibnu sina adalah penetaan realitas segala sesuatu, sepanjang hal itu mungkin bagi manusia. Ada dua tipe filsafat, teoretis dan praktis. Yang pertama mencari pengetahuannya tentang kebenaran, sedangkan yang kedua mengetahui tentang kebaikan. Salah satu karya dari ibnu sina adalah Al-Najat, Isyarat dan al- Shifa (buku yang berisi tentang penyembuhan penyakit). Ada pula salah satu tokoh yang bernama Ibnu Rusyd memiliki pemikiran dan karya tersendiri mengenai filsafat. Filsafatnya adalah filsafat tidak lain dari berpikir tentang wujud untuk mengetahui pencipta segala yang ada. Adapun karya-karyanya yaitu: Bidayah Al-Mujtahid wa Nihdyah Al-Muqtashid. Masing-masing para filsuf memiliki pemikiran yang berbeda dan memiliki karyanya masing-masing.

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Pengertian Filsapat

Filsapat merupakan bagian dari epistemolog (filsapat pengetahuan) yang secara spesifik mengkaji hakikat ilmu (pengetahuan ilmiah). Ilmu meruakan cabang pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Meskipun secara metodologis ilmu tidak membedakan antara ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial. Filsapat juga merupakan “induk ilmu pengetahuan”. Filsapat itu muncul dari sebua kesadaran dan keheranan tentang dunia di sekeliling yang pada urutannya mendorong pemikiran sistematis, empiris, dan riset ilmiah. Filsapat merupakan landasan pemikiran dari ilmu yang bersangkutan, titik tolak bagai mana ilmu itu bermaksud mencapai kebenaran.

B. Filsapat Islam

Filsapat islam adalah filsapat yang di terapkan pada hukum islam. Ia merupakan filsapat khusus dan objeknya tertentu, yaitu hukum islam. Filsapat islam merupakan jembatan yang menghubungkan antara falsapah kuno dan falsapah pada abad kebangkitan ( renainsance). Selain itu mengambarkan bahwa islam bersiat toleran dan lapang dada sehinga falsafah yunani kuno dapat bernaung dan dipelihara oleh umat islam dengan sebaik-baiknya,

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Ø Karya dan Pemikiran Para Ahli

1. IBNU SINA

v Biografi

Ibnu Sina yang memiliki nama lengkap Abu Ali al-Hussein Ibn Abdallah, lahir di Afshana dekat Bukhara (Asia Tengah) pada tahun 981.

v Filsapat Ibnu Sina

Filsapat adalah penetapan realitas segala sesuatu, sepanjang hal itu mungkin bagi manusia. Ada dua tipe filsapat , teoretis dan praktis. Yang pertama mencari pengetahuan tentang kebenaran, sedangkan yang kedua mengetahui tentang kebaikan .

v Karya-karya Ibnu Sina

Karya Ibnu Sina dalam bidang filsafat yang terkenal adalah Al-Najat, Isyarat, dan al-Shifa (buku yang berisi tentang penyembuhan penyakit) merupakan ensiklopedi filosofis. Di dalamnya berisi jangkauan pengetahuan yang luas, dari filsafat hingga ilmu pengetahuan. Filsafat Ibnu Sina merupakan penggabungan tradisi Aristotelian, pengaruh Neoplatonic dan teologi Islam.

2. AL-RAZI

v Biografi

Nama lengkapnya adalah Abu Bakr Muhammad bin Zakaria bin Yahya Al-Razi. Dia lahir di Ray, dekat Teheran, Iran, pada 865 M/251 H.

v Karya-karya Al-Razi

Al-Razi dikenal sebagai seorang pemberani dan pengeritik dogma-dogma Islam yang fundamental, seperti soal Al-Qur'an, kenabian, dan takdir. Buku Naqd al-Adyan aw fi al-Nubuwwah yang diduga kuat sebagai karyanya, menjadi sasaran kritik dari lawan-lawannya, seperti: 1) Abu Hatim Al-Razi (seorang teolog, ahli hadis, dan da’i beraliran Syi’ah Ismailiyah); 2) Abu Qasim al-Balkhi (seorang Mu’tazilah yang berbeda soal waktu dan zaman); dan 3) Ibnu Tammar yang menolak tulisan Al-Razi berjudul Al-Thibb Al-Ruhani

3. IBNU MASKAWAIH

v Biografi

Abu Ali Al-Khasim Ahmad bin Ya’qub bin Maskawaih. Namanya yang lebih masyhur adalah Maskawaih atau Ibnu Maskawaih.dari gelar ini tidak salah jika orang mengatakan bahwa Maskawaih tergolong menganut aliran syi’ah. Maskawaih dilahirkan di Ray (Iran), pada 320H (932M) dan wafat di Asfahan pada 9 Safar 421H (16 Pebruari 1030M).

v Karya- karya Ibnu Maskawaih

Maskawaih dikenal terutama dalam keahliannya sebagai sejarawan dan filosuf, Maskawaih memperoleh sebutan Bapak Etika Islam, karena Maskawaih-lah yang pertama mengemukakan teori etika dan sekaligus menulis buku tentang etika.

Adapun karya-karya Maskawaih yang dapat terekam oleh para penulis (sejarahwan) diantaranya adalah sebagai berikut:

a.  Al-Fauz Al-Akbar, tentang keberhasilan besar.

b.  Al-Fauz Al-Asghar, tentang keberhasilan kecil

c.  Tajarib Al-umam, tentang pengalaman bangsa-bangsa sejak awal sampai kemasa kehidupan.

d.  Tadzhib Al-Akhlaq Wa Rath-hir Al-‘Araq, tentang etika.

e.  Tartib As-Sa’adat, tentang etika dan politik terutama mengenai pemerintahan Bani Abbas dan Bani Buwaih

 

4. IBNU RUSYD

v Biografi

Ibnu Rusyd atau nama lengkapnya Abu Walid Muhammad Ibnu Ahmad lahir di Kardova pada tahun 1126. Beliau ahli falsafah yang paling agung pernah dilahirkan dalam sejarah Islam.

v Filsapat Ibnu Rusyd

Filsapat tidak lain dari berpikir tentang wujud untuk mengetahui pencipta segala yang ada ini. Ibnu rusyd mendasarkan argumennya menyuruh manusia berpikir tentang wujud atau alam yang tanpak ini dalam rangka mengetahui tuhan.

v Karya- karya Ibnu Rusyd

Karya ibnu rusyd benar-benar membuat sudut pandang filosofis. Di samping potongan-potongan karyannya, ia meningalkan , dalam karya utamanya, Bidayah Al-Mujtahid wa Nihdyah Al-Muqtashid,yang sebagian besar di tulis sejak sekitar tahun 564 H/1168M- sebuah uraian logis tentang hukum islam yang monumental.

5. MUHAMMAD IQBAL

v Biografi

Muhammad iqbal lahir pada tanggal 9 november 1877 di Sialkot ( india inggris ) sekarang pakistan meninggal pada tanggal 21 april 1938 di lahore pada usia 60 tahun. Ia adalah seorang penyair, filsuf, dan politisi yang menguasai bahasa urdu, arab, dan Persia. Dia adalah inspirator kemerdekaan bangsa india menjadi Pakistan.

v Karya dan Filsapat Muhammad iqbal

Pemikiran filsapat iqbal dalam karya monumental iqbal, The Reconstruction of Religious Thought in Islam, banyak di pengaruhi oleh guru-gurunya.

Orisinalitas pemikiran iqbal tanpaknya masih bercampur baur dengan pandangan para pemikiran barat lainnya, seperti professor whitehead, bergson, Bertrand, russel dalam menjelaskan alam dan logika dalam kajian filsapat.

Meskipun demikian, secara khusus, iqbal menulis kajian filsapat dalam bukunya dengan tema the philosophical test of the revelations of religious experience. Dalam topik ini, tanpak teori iqbal tentang filsapat dalam bentuk teori dinamika. Pemikiran iqbal ini didasari dari berbagai teori ilmu alam yang telah di sampaikan oleh para tokoh dunia sebelumnya, seperti Einstein, newton, dan sebagainya sehingga iqbal berkesimpulan bahwa dunia ( pemikiran ) ini adalah dinamis.

6. MUHAMMED ARKOUN

v Biograpi

Mohammed Arkoun lahir pada 1 Februari 1928 di Tourirt-Mimoun, kabilia, Aljazair.

v Filsafat Muhammed Arkoun

Arkoun berargumen bahwa paradigm orientalis benar-benar menyonkong konsepsi ortodoks tentang Nalar Islam dengan menggemukakan kategori-kategori yang sama, simbol-simbol yang sama dan signipikasi yang sama.

v Karya-karya Mohammed Arkoun

Karya-karyanya antara lain Rethinking Islam Today, Mapping Islamic Studies, Genealogy, dan Change, The Untought in Contemprorary Islamic Though, al-Turath: Muhtawahu, al-Fikr al-Ushuli wa Istihalat al-Ta’shil: Nahwa Tarikhin Akhbar li al-Fikr al-Islam, al-Quran min al-Fikr al-Islami al-Mu’ashir, The Concept of Authorithy in Islamic Thought, dan religion dan society.

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Filsafat adalah usaha untuk memahami atau mengerti dunia dalam hal makna dan nilai-nilai. Pengertian pengetahuan, ilmu, konsep dan para filsuf pada zaman dahulu, teori, sistem tertentu yang merupakan hasil dan roses berfilsafat dan yang mempunyai cirri-ciri tertentu, dan filsafat sebagai filsafat disederhanakan sebagai proses dan produk, yang mencakup pengertian filsafat sebagai problem yang dihadapi manusia.

Filsafat berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang asal mula dan sifat dasar alam semesta tempat manusia hidup serta apa yang menjadi tujuan hidupnya.

B. SaranHanya dengan cara dan metode tertentu pengetahuan dapat diperolehIlmu pengetahuan yang diperoleh tidak berguna bila tidak dibagi atau diberikan kepada orang lainIlmu pengetahuan yang ada harus dimanfaatkan

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Dedi supriyadi,M.Ag, 2009. Pengantar Filsapat Islam,:Bandung

Kismiyati El Karimah. Uud Wahyudin. 2010. Filsapat dan etika komunikasi. Bandung : Widya Padjajaran

Prof. Dr.H. Sirajuddin Zar,M.A. 2004. Filsapat Islam Filosof dan Filsapatnya. Padang

Http//:www.Jaringankomputer/Filsafatislam-dan-tokoh-aliran-Filsafatislam.com

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong