ARSIP BULANAN : November 2016

TEKNOLOGI KOMUNIKASI

16 November 2016 23:25:08 Dibaca : 297

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, tulisan ini dibuat utuk memenuhi tugas mata kuliah “Perkembangan Teknologi” dalam tugas ini saya membahas tentang sejarah televon, telegraf, satelit dan digital.

1. TELEVON

1871, Natonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. 1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan
jeda pada sirkuit.
1876, perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.
1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana telepon pertama
kali dibuat dengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi departemen
riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Alexander
Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada
akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. Perusahaan Bell juga
telah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet
permanen, diafragma besi, dan dering panggilan.
1878, papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan
banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran. dibawah
kepemimpinan Theodore N. Vail, perusahaan Bell mempunyai 10.000 telepon
yang dapat digunakan.
1880, sirkuit metalic pertama dipasang. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari
sirkuit one-wire menjadi two-wire. Perbaharuan ini membantu mengurangi
gangguan yang seringkali dirasakan dengan penggunaan jalur one-wire.
1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.
1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini
memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara. Princess Phone Awal telepon sebagai alat komersial.
1940, telepon mobile pertama kali digunakan secara komersial. Inovasi ini
sebelumnya digunakan sebagai alat bantu perang untuk membidik tembakan dan
meningkatkan kualitas radar. Selesai perang, ratusan telepon dipasang dengan
menggunakan sistem ini. Microwave radio dipasang untuk hubungan jarak jauh.
1959, telepon Princess pertama kali diperkenalkan
1963, telepon dengan tombol bersuara diluncurkan.
1971, perusahaan telekomunikasi mandiri diizinkan untuk mengemangkan
sistem komunikasi yang dikembangkan untuk bisnis. Berjuta-juta saluran telepon
telah digunakan masyarakat.
1983, Judge Harold Greene dengan sukses mengungguli perusahaan Bell yang sebelumnya telah dicabut hak monopolinya.
1899, AT&T atau The American Telephone and Telegraph Company telah
mandapatkan asset dan mendapatkan hak paten dari perusahaan American Bell.
AT&T didirikan tahun 1885 sebagai pemilik keseluruhan subsidi dari American
Bell yang bertugas mendirikan dan mengoperasikan jaringan telepon jarak jauh.
1913, amplifirers elektric pertama kali dipraktekkan oleh AT&T. sistem ini memungkinkan adanya hubungan telepon antar-benua.
1927, AT&T memulai proyek layanan telepon lintas-atlantik di London dengan menggunakan dua jalur radio. Namun proyek ini masih jauh dari ideal karena banyak terjadi gangguan dalam radio, memiliki kapasitas yang kecil, dan biaya teleponnya yang mahal. Kemudian proyek ini dipindahkan menjadi lintas-pasifik pada tahun 1964.
1969, pengguna telepon di Amerika telah mencapai 90%. AT&T menjadi
laboratorium sistem telepon paling baik di dunia.
1990, pertumbuhan komputer yang kemudian disusul dengan munculnya internet membuat pola pengiriman pesan bergeser dari percakapan menjadi pengiriman data.
Telepon digital Public Switched Telephone Network (PSTN) dilakukan berdasarkan hubungan langsung antara sender dengan receiver yang harus menggunakan kabel tembaga, serat optic, satellite, fixed wireless, dan mobile wireless circuit. Penggunaan jaringan tersebut melibatkan komponen dasar yaitu telepon, network access, central office (CO), trunks and special circuit, dan customer premise equipment (CPE).perkembangan PSTN sebagai sistem telepon digital telah meningkatkan kapasitas dan kalitas jaringanya sehingga memungkinkan untuk menggunakan beberapa saluran komunikasi dalam sebuah medium pertukaran.

2. TELEGRAF

Samuel F.B Morse, orang yg membuat telegraf, mengawali hidupnya sbg seseorang seniman, mengkhususkan diri sbg pelukis manusia. Rata-rata, orang yg kreatif dalam seni liberal tak terlibat dalam hal-hal mekanik, meski ada pengecualian terhadap hokum ini. Benar-benar benar, sample penting merupakan Leonardo Da Vinci.

Samuel F.B. Morse, Penemu Telegraf.
Sumber: New York Public Library Picture Collection
Lulus dari Yale University terhadap thn 1810, Morse berlayar ke inggris, di sana beliau menuntut ilmu seni. Ia kembali th 1813 & berangsur-angsur berkembang jadi salah satu orang pelukis manusia terbaik di Amerika. Beliau melukis bermacam orang populer di periode itu, salah seseorang di antaranya ialah sesame pencipta, Eli Whitney, yg membuat mesin pemisah biji kapas.

Morse senantiasa tertarik kepada ilmu wawasan. Sebuah hri terhadap th 1832, dikala dalam perjalanan pulang dalam kapal setelah kunjungan lain ke eropa, dirinya mendengar satu buah topic pembicaraan yg merangsang imajinasinya. Topiknya yakni penemuan electromagnet oleh Joseph Henry, satu buah sarana yg menurut wawasan Morse, yg mampu mengirimkan impuls listrik melintasi kabel.
Morse mengetahui bahwa kepada thn 1831 Henry sudah mengirimkan Impuls Listrik melintasi kabel yg panjangnya satu setengah km. Impuls Listrik, dihasilkan oleh baterai, berlangsung sepanjang kabel & meyatakan diwaktu tibanya dgn membunyikan bel yg dihubungkan bersama dynamo magnetic diujung kabel lain.

Konsep Morse ialah membuat sistem komunikasi memanfaatkan impuls listrik yang merupakan bahasa dasarnya. Di ilhami oleh gagasan ini, dirinya sejak mulai membuat beraneka ragam pengirim & penerima magnetic, & tiga thn sesudah ia mendengar percakapan diatas kapal, dirinya siap buat menguji prototype nya. Terpikat lebih lanjut bersama fasilitas mekanis ciptaanya, terhadap th 1837 dirinya meninggalkan dunia seni sama sekali & setahun setelah itu dikenal yang merupakan “kode morse”.
Masalah yg dihadapi Morse waktu itu yakni menguji ciptaanya kepada skala gede, & utk itu, dirinya berkerja keras membujuk Kongres Amerika Serikat utk mendanai proyeknya. Dirinya tak sukses meyakinkan Kongres Amerika Serikat buat mendanai proyeknya. Ia tak sukses meyakinkan kongres dalam kala singkat, namun hasilnya, Kongres menyetujui & dibentangkan kabel sepanjang 37 mil (kira kira 60 Kilometer) antara Baltimore & Washington, Dgn nafas mandek, para saksi mata menonton seseorang operator mengirimkan pesan yg di terima diujung dunia lain “What bath God wrought?” (apa yg di tempa Tuhan).
Walau pengujian itu sukses, menciptakan telegraf di terima oleh warga bukan pekerjaan yg gampang. Tidak Sedikit orang dihantui ole hide tentang arus listrik yg mengalir di tanah & khawatir tentang keselamatan diri mereka sendiri menentangnya. Morse sendiri menghadapi masalah berkaitan paten seperti yg dialami oleh tidak sedikit pencipta yg lain & dirinya dituntut berulang-ulang oleh tidak sedikit orang yg mencari peluang utk menguasai patennya. Hasilnya, pengadilan yg memastikan meminta fatwa dari pengadilan tinggi Amerika Serikat.
Kepada th 1854 pengadilan tinggi menyebut Morse juga sebagai pemegang hak paten. Ironisnya, seorang yg tak menuntutnya merupakan orang yg paling sesuai menciptakan pendapat yg memberatkan beliau : Joseph Henry. Henry yaitu orang yg membuat sistem pengiriman yg utama maka sinyal telegrafi diperkuat sedemikian rupa maka akan hingga ke tujuannya, namun Morse tak sempat mengakui hal tersebut.
Benar-benar benar, seperti tidak sedikit pencipta lain, tak sempat mengakui pertolongan apa serta dari siapapun. Hasilnya, masalah berkaitan penerimaan oleh warga selesai bersama sendirinya. Penduduk menerima telegraf, yg memainkan peran mutlak dalam perkembangan Amerika bidang barat & pun penciptaan lain yg tergantung terhadap tenaga listrik. Bakal namun, telegraf bukannya tak menghadapi masalah. Terhadap awalnya seseorang operator memakai diwaktu yg bervariasi utk menekan tombol pengirim diwaktu beliau mengirimkan titik & garis. Tidak Sedikit operator kesusahan buat memanfaatkan dikala yg pas. Buat menyelesaikan masalah ini, Morse membuat peralatan yg terhadap dasarnya terdiri dari lembaran logam yg dilekatkan terhadap pelat yg tak menghantarkan listrik, yg dihubungkan ke plat logam dibawah pelat lain. Operator cuma butuh menggerakkan batang ini maka menyentuh pelat logam, yg dengan cara automatis membuahkan panjang yg cocok buat mengirimkan titik atau garis yg dipakai.
Seiring dgn berlalunya diwaktu, prosedur penerimaan pun dirancang ulang. Perdana, terdapat gulungan kertas & semacam jarum yg menciptakan lubang dari kode yg di terima, & selanjutnya mesin yg memakai tinta menggantikannya. Kepada pertengahan thn 1850-an, ditemukan bahwa operator sanggup menuliskan kode bila “alat penghasil suara” tertentu dipergunakan. Ini kepada kebanyakan di terima & suaranya jadi populer dalam tidak sedikit adegan film diwaktu kehidupan sedang genting, seperti sesungguhnya.
Morse wafat di umur 81 th terhadap th 1872. Penciptaan menciptakan ia tajir & beliau jadi seseorang dermawan, memberikan sumbangan kepada organisasi yg menentang minuman keras & misionaris, pula pun kepada tidak sedikit sekolah.

3. SATELIT

A. PENGERTIAN SATELIT
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan waktu rotasi dan revolusi tertentu. Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, satelit adalah bintang siarah yang mengedari bintang siarah yang lebih besar, misalnya bulan yang mengedari bumi. Satelit dapat mengelilingi planet karena adanya gaya gravitasi planet.

B. JENIS DAN FUNGSI SATELIT
1. Satelit Alami
Satelit alami adalah salah satu benda luar angkasa yang telah ada (bukan buatan manusia) yang mengorbit suatu planet. Satelit alami bumi adalah bulan. Selama mengelilingi bumi, bulan mengalami tiga gerakan sekaligus, yaitu rotasi, revolusi bulan mengelilingi bumi dan revolusi bulan mengelilingi matahari.
Rotasi merupakan gerakan peruputaran bulan pada porosnya, waktu rotasi bulan adalah satu bulan (29hari), sedangkan revolusi merupakan gerakan beredarnya bulan mengelilingi bumi. Akibatnya, bila dilihat dari bumi, bentuk bulan akan berubah-ubah, hal ini disebut fase bulan. Dalam sekali revolusi, bulan mengalami beberapa fase diantaranya bulan baru – bulan sabit – bulan setengah – bulan bungkuk – bulan purnama – bulan bungkuk – bulan setengah – bulan sabit – bulan baru.

SATELIT ALAMI
Selain berotasi dan berevolusi, bulan bersama bumi juga mengitari matahari. Waktu yang diperlukan bulan untuk mengitari matahari sama dengan waktu yang diperlukan bumi untuk mengitari matahari, yaitu satu tahun. Bulan mengelilingi matahari sekali dalam setahun, sedangkan mengelilingi bumi 12 kali dalam setahun, sehingga revolusi bulan sering dijadikan penanggalan masehi/hijriah.
Adapun fungsi satelit alami (bulan) diataranya adalah
• Secara tidak lansung melindungi bagi planet yang diorbitnya dari hantaman benda langit lain seperti komet dan asteroid
• Dapat mengontrl kecepatan rotasi suatu planet karena efek gravitasional tidal wave
• Menyeimbangkan perputaran siklus air laut yang mengakhibatkan pasang surut air laut
• Mengurangi efek yang ditimbulkan akibat radiasi sinar ultraviolet
• Memberi penerangan pada malam hari
• Contoh satelit alami lainnya diantaranya adalah Callisto, Ganymede, dan Io yang mengorbit planer Jupiter, serta Titan yang mengorbit planet Saturnus.

2. Satelit Buatan

SATELI BUATAN
Satelit buatan adalah salah satu benda luar angkasa buatan manusia yang mengorbit suatu planet yang dalam pembuatannya memiliki jenis dan fungsi tertentu dengan tujuan untuk kepentingan manusia. Berikut merupakan jenis-jenis satelit berdasarkan fungsinya,
• Satelit navigasi, berfungsi untuk penerbangan dan pelayaran. Satelit ini akan memberikan informasi posisi pesawat terbang dan kapal yang sedang dalam perjalanan.
• Satelit geodesi, berfungsi untuk melakukan pemetaan bumi dan mendapatkan informasi tentang grafitasi.
• Satelit komunikasi berfungsi untuk komunikasi seperti radio, televisi, dan telepon.
• Satelit meteorologi, berfungsi untuk menyelidiki atmosfer bumi guna melakukan peramalan cuaca.
• Satelit penelitian, berfungsi untuk menyelidiki tata surya dan alam semesta secara lebih bebas tanpa dipengaruhi oleh atmosfer. Satelit ini berusaha mendapatkan data-data tentang matahari dan bintang-bintang lain untuk mengungkap rahasia alam semesta.
• Satelit militer, berfungsi untuk kepentingan militer suatu negara, misalnya mengintai kekuatan senjata lawan.
• Satelit survei sumber daya alam, berfungsi untuk memetakan dan menyelidiki sumber-sumber alam dibumi bagi kepentingan pertambangan, pertanian, perikanan dan lain-lain

4. DIGITAL

Teknologi Komunikasi Digital
Teknologi Komunikasi Digital bisa disebut adalah alat komunikasi jaman sekarang. Karena dengan teknologi ini, kita dapat berkomunikasi dengan cepat, mudah, dan fleksibel. Salah satu teknologi ini adalah handphone atau laptop. Laptop yang memiliki chip yang dapat terkoneksi internet, memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan kita. Contohnya saja Tono yang berada di Indonesia, dapat berkomunikasi dengan Jerry yang berada di Jerman menggunakan alat komunikasi laptop dengan bantuan alat piranti lunak Yahoo Messenger! Selain manfaat yang tak dibatasi dengan jarak ataupun waktu, manfat efisiensi biaya juga kita dapatkan dengan adanya perkembangan teknologi saat ini. Bayangkan saja jika kita mengirimkan surat seperti jaman dahulu. Kita harus memerlukan biaya untuk mengirimkan surat ke Jerman, ditambah lagi dengan waktu yang diperlukan. Selain itu, hal yang ingin dibicarakan tentunya tidak sedikit. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi komunikasi digital ini, kita sangat dimudahkan untuk mendapatkan informasi atau data dari individu lain yang berada jauh dengan kita.Perkembangan Teknologi Komunikasi Saat Ini Teknologi komunikasi saat ini di dunia sangat maju dengan pesat. Jika dulu pada abad ke-17 atau ke-18 nenek moyang kita masih menggunakan pos atau surat menyurat secara fisik, namun pada abad ke-20 ini kita sudah dapat menikmati komunikasi yang dipengaruhi dengan teknologi. Salah satunya tentunya teknologi komunikasi.Pada awal abad ke-20 muncullah alat komunikasi seperti telepon rumah, radio, fax, dan beberapa alat komunikasi lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa alat komunikasi mengalami perkembangan pula. Seperti telepon yang mungkin sekarang mulai banyak ditinggalkan, karena sudah banyak orang yang beralih ke telepon genggam alias handphone. Dengan diiringi perkembangan teknologi informasi, teknologi komunikasipun berkembang secara pesat. Muncullah istilah seperti teknologi komunikasi cyber yang memungkinkan kita dapat menggunakan teknologi komunikasi baru lagi. Contoh teknologi komunikasi yang menggunakan teknologi cyber atau internet adalah e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Teknologi Komunikasi yang seperti itulah yang sekarang digunakan di mana-mana.
Teknologi Komunikasi Digital
Teknologi Komunikasi Digital bisa disebut adalah alat komunikasi jaman sekarang. Karena dengan teknologi ini, kita dapat berkomunikasi dengan cepat, mudah, dan fleksibel. Salah satu teknologi ini adalah handphone atau laptop. Laptop yang memiliki chip yang dapat terkoneksi internet, memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan kita. Contohnya saja Tono yang berada di Indonesia, dapat berkomunikasi dengan Jerry yang berada di Jerman menggunakan alat komunikasi laptop dengan bantuan alat piranti lunak Yahoo Messenger! Selain manfaat yang tak dibatasi dengan jarak ataupun waktu, manfat efisiensi biaya juga kita dapatkan dengan adanya perkembangan teknologi saat ini. Bayangkan saja jika kita mengirimkan surat seperti jaman dahulu. Kita harus memerlukan biaya untuk mengirimkan surat ke Jerman, ditambah lagi dengan waktu yang diperlukan. Selain itu, hal yang ingin dibicarakan tentunya tidak sedikit. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi komunikasi digital ini, kita sangat dimudahkan untuk mendapatkan informasi atau data dari individu lain yang berada jauh dengan kita.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong