ARSIP BULANAN : December 2016

Kopi Pinogu Harus Naik Podium

13 December 2016 05:32:01 Dibaca : 110

Nama           : Zulkifli Mangkau
Kelas           : A
Mata kuliah : Komunikasi Pemasaran
Resume Kegiatan Pekan raya Gorontalo                           

                              “Kopi Pinogu dan ekonomi kretaif harus naik podium”
Pekan raya gorontalo atau PRG kembali diadakan, bertempat di lapangan taruna remaja gorontalo. Kegiatan PRG sendiri sudah yang ketiga kalinya,diadakan oleh PEMPROV Gorontalo. PRG sendiri diadakan dalam rangkaian memperingati ulang tahun Gorontalo yang ke-16. Kegiatan PRG kali ini lebih mengutamakan basis ekonomi kreatif kerakyatan, kita bisa melihat dari berbagai macam stand kuliner dan ekonomi kreatif masyarakat yang di pamerkan. PEMPROV berharap melalui kegiatan seperti ini, gorontalo mampu bersaing dengan daerah lain yang telah lebih dulu maju di bidang ekonomi kreatif mereka.

Pekan raya gorontalo sendiri berlangsung selama seminggu, dengan berbagai macam stand yang dipamerkan dan berbagai kegiatan yang di adakan. Kegiatan yang diadakan meliputi : pameran ekonomi kreatif, stand SKPD, Komunitas Gorontalo,lomba stand up comedi (berbahasa gorontalo),festival band,paduan suara,lomba kuliner,lomba tarian tradisional, dan pameran stake holder lainnya.

Ekonomi kreatif lebih diutamakan dalam kegiatan PRG, agar bisa meambah animo masyarakat dalam bidang ekonomi,khususnya dalam persaingan MEA yang sudah menjadi patokan di setiap negara di ASEAN sendiri. Tujuan PRG sendiri agar bisa mencari bibit produk lokal yang mampu bersaing, entah dari produk makanan,minuman,pakaian,dll.

Dalam laporan kali ini ,saya coba mengangkat ekonomi kerakyatan yang berbasis produk lokal,yakni pengolahan kopi pinogu agar menjadi kopi terbaik, dalam daerahnya dan mampu bersaing dengan kopi yang telah menjadi maestro dalam negeri bahkan luar negeri.

Kopi pinogu sendiri merupakan kopi khas daerah gorontalo,kopi ini bisa ditemukan di daerah ketinggian 700 – 1200 MDPL. Di gorontalo sendiri kopi pinogu bisa ditemukan di kecamatan piongu desa pinogu kabupaten bone bolange. Kopi pinogu atau dikenal tiyombu lo kopi orang gorontalo menyebutnya, sangat khas dan rasa kopinya yang sangat nikmat.

Melihat kelebihan dan keuntungan kopi pinogu sendiri, PAY GRADE KOPI PINOGU mengambil inisitaif untuk memasarkan produk lokal tersebut dalam pasaran,bagi penikmat kopi. Ketersediaan dan pengelolaan kopi pinogu yang sangat kurang menjadi langkah awal Pay Grade untuk mempromosikan produksi mereka. Pay Grade kopi bekerja sama dengan UPH kopi pinogu diantaranya putra tidahiya,dindahiya,bangiya. Semua kopi yang dihasilkan sama dari satu kecamatan, tapi berbeda desa.

Kopi dataran hijau tersebut sangat nikmat dirasakan,peluang inilah yang coba diambil marketing Pay Grade “kami bekerja sama dengan pemda juga,alhamdulillah dengan bantuan pemda Bone Bolango dengan bantuan alat pengering kulit basah dan kering sedikit membantu para UPH pada saat produksi” ungkap miranti liputo selaku koordinator pemasaran Pay Grade.

Berbagai langkah dilakukan dalam pemasaran kopi pinogu tersebut, mulai dari teknik pemasaran ke supermarket, pemasaran door to door (pembelian langsung),dan pemasaran ke beberapa daerah diantaranya manado dan palu. Langkah awal dalam pengembangan kopi pinogu tersebut,di sambut baik pemerintah yakni bupati Bone Bolango Hamim Pou mempromosikan Kopi Pinogu ke beberapa negara diantaranya Jerman,Malaysia,dan terkahir Jepang.

Metode pemasaran lainnya menggunakan media sosial sebagai teknik marketing,melihat penggunaan internet dikalangan masyarakat saat ini semakin pesat. Pay Grade sendiri melirik peluang tersebut melalui Facebook dan grup media sosial lainnya, seperti Forum Jual beli Gorontalo ujar miranti.

Secara luas mungkin kita memahami bahwa langkah yang dilakukan oleh Pay Grade sangatlah bagus dalam sisi lain, mengangkat produk unggulan daerah dan memasarkannya hingga mampu bersaing di kasta tertinggi. Ekonomi masyarakat harus lebih lagi dipacu,di asa, dan pemerintah harus mendukung usaha kreatif lainnya yang berbasis keunggulan pangan lokal agar produk semacam kopi pinogu dan ekonomi kreatif bisa naik Podium di kancah nasional dan internasional.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong