Halaman rusunawa Bidikmisi di penuhi sampah

15 May 2017 07:08:17 Dibaca : 82

Akibat tumpukan sampah yang mulai meninggi dan berhamburan membuat pemandangan tak mengenakan terlihat ketika memasuki halaman Rumah Susun Asrama Wanita (Rusunawa) Bidik Misi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG).
Keterbatasan UNG dalam hal ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah tetap, menjadikan halaman Rusunuwa sebagai TPA sementara. Sampah yang dihasilkan merupakan semua sampah dari kampus, yang terdiri dari sampah organik dan non organik.


UNG bekerja sama dengan PT. Dinar Mutiara Sakti (DMS) mengenai layanan kebersihan kampus, tidak termasuk menentukan TPA sampah. Kontrak kerja mereka hanya sebatas membersihkan dan membuang sampah di tempat yang disediakan kampus.


“Saya tidak tahu masalah regulasi tentang pembuangan sampah di kampus, yang saya tahu kami buang sampah di sini atas perintah perusahaan”. Ujar Iru Lamusu, salah satu petugas cleaning service (pelayanan kebersihan) yang ditemui kru LPM Memar di tempat pembuangan sampah (31/3).


Iru mengungkapkan pembuangan sampah di UNG sudah 3 kali diganti, yang pertama di Fakultas Teknik, kemudian pindah di depan Gedung Auditorium, dan terakhir pindah di depan halaman Rusunawa.
Dia juga menambahkan “kalau bisa dihitung kami buang sampah di sini (di halaman Rusunawa) sudah sekitar 1 setengah tahun lamanya”.

Tepatnya, setelah ada pembangunan di tempat sebelumnya, di depan Gedung Auditorium.
Sementara itu Arif selaku Kepala Bagian Umum UNG, mengakui memang semua sampah yang dihasilkan kampus, dibuang di tempat pembuangan sementara yang terletak di samping Gedung Biro Administrasi Akademik & Pengembangan Sistem Informasi (BAAK-PSI), yang juga berada di depan halaman Rusunawa tersebut.
Dia yang bertanggungjawab dalam menentukan TPA sampah ini, mengatakan bahwa kampus bekerja sama dengan Balai Lingkungan Hidup dan Tata Kota.


“Kami pun sudah bekerja sama dengan BLHTK mengenai sampah tersebut, dan setiap minggunya diangkut. Dan itu kami bayar”. Jelasnya ketika ditemui di ruangannya (5/5).
Namun mahasiswa yang menempati Rusunawa sendiri, justru merasa tidak risih mengenai sampah yang selalu menumpuk di depan halaman yang mereka huni itu “kami mau bagimana lagi, sampah itu sudah jadi hal yang biasa, lagian kami juga buang sampah disitu, kalau masalah sampah itu sendiri kami paham, asalkan sampah tersebut cepat dibakar” aku Icin dan Endang selaku pengurus dan penghuni Rusunawa.


Ada kejanggalan mengenai mekanisme di TPA ini, petugas Cleaning Service terpaksa membakar tanpa memilah sampah organik dan non orrganik, karena sampah sudah menumpuk dan berhamburan.
Menurut M, sumber anonim dari PT. DMS, menjelaskan (31/3) bahwa “Dan akibat volume sampah kampus banyak, mengakibatkan sampah di tempat pembuangan berhamburan. Cara kami menanggulangi sampah tersebut, kami bakar dan tidak ada proses pilih-pilah sampah yang organik dan non-organik. Kami langsung buang dan bakar disana” jelasnya.


Menumpuknya sampah, menimbulkan pertanyaan perihal kerjasama terkait pembuangan sampah dengan BLHTK. Penuturan Arif, Kabag Umum UNG mendapat sanggahan dari M yang mengatakan pihak kampus tidak ada kerjasama dengan BLHTK “sepengetahuan saya kampus tidak bekerjasama dengan BLTHK mengenai pembuangan tersebut” katanya.


Dia pun menyadari, pihaknya tidak mempunyai kewajiban untuk menentukan TPA “kontrak yang dibuat dengan perusahaan kami hanya mengenai kebersihan, dan masalah menyediakan tempat pembuangan akhir bukan urusan kami, itu urusan kampus” tambahnya.


Tidak adanya proses memilah sampah organik dan non organik oleh Cleaning Service, disalahkan oleh Arif “dan kalau pihak CS (Cleaning Service) tidak memilah sampah tersebut berarti mereka tidak mendengarkan saran dari pihak kampus” tegasnya.

PERENCANAAN MEDIA
(Urgensi Perencanaan Media Sebagai Langkah Awal Pengelolaan Media Massa)

Perencanaan media merupakan kegiatan yang sangat penting dalam periklanan dan promosi media massa yang akan dibuat. Sering kali terjadi iklan dan promosi menjadi kegiatan pemborosan dana namun tidak memberikan hasil yang diharapkan. Perencanaan Media yang dipersiapkan dengan baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian lebih besar dari target audiensi atau khalayak.


TUJUAN PERENCANAAN MEDIA


Tujuan perencanaan media adalah untuk menentukan sasaran media, karena tidak ada satu media khusus yang dapat memenuhi semua sasaran dalam perencanaanya.


LANGKAH AWAL DALAM PERENCANAN MEDIA MASSA


Delapan hal pokok saat mulainya produk media massa menurut Suwidi Tono seorang praktisi dalam dunia media massa dalam bukunya: Generasi Baru Wartawan & Dunia Pers Indonesia, terbitan Vision, Jakarta tahun 2003, menyatakan proses awal dalam manajemen media massa yang paling menentukan adalah saat perencanaan (planning) antara lain:
Latar belakang, pada bagian ini perlu diperhatikan dengan memulai dari perkembangan lingkungan global, selanjutnya sampai ke perkembangan tingkat nasional, perkembangan wilayah regional dan bahkan bila produk media massa tersebut adalah media komunitas, maka sampai ke tingkat kepentingan yang lebih kecil yakni perkembangan komunitas lokal.
Konsep produk, pada bagian ini karakteristik dasar sebuah produk sangat diperhatikan, yakni apa yang akan diutamakan, bagaimana pembagian rubrikasinya atau bagian-bagiannya, dan apa yang menjadi utama dalam media massa tersebut.


Posisi produk, perlu diperhatikan juga dengan jelas publik yang akan dituju, menyangkut demografi penduduk. Siapa yang menjadi sasaran publiknya, berapa tingkat pendapatannya, tingkat pendidikan, gender, hobi dan lain-lain aspek yang menunjang pada posisi atau level mana produk akan bermain di pasar, yang dimaksud pasar di sini adalah publik dan iklan.
Strategi pemasaran, srategi pemasaran disini mencakup penyebaran media tersebut, iklan yang akan ditargetkan dan kemampuan redaksi. Karena dengan kekuatan redaksi yang bagus maka produk yang dihasilkan oleh media tersebut bisa menjual dan laku di pasaran.


Manajemen kepemilikan, mencakup sistem dan kekuasaan pemegang saham, siapa saja yang menjadi pemiliknya. Dan sistem apa yang dibuat oleh pemilikanya, apakah kepemilikan tunggal, atau peseroan, firma, atau perusahaan terbuka yang karyawannya pun dapat memiliki sahamnya atau full ownership.


Aspek keuangan dan asumsi dasar biaya, menguraikan secara terperinci dengan lengkap berupa penyusunan anggarannya, asumsi dasar mulai dari aspek biaya produksi, perhitungan harga pokok, dan pendapat-pendapat untuk bagian-bagian biaya lainnya.


Area resiko dan upaya antisipasinya, gagasan atau ide media se-kreatif apapun haruslah tetap memperhitungkan faktor-faktor resikonya. Sebisa mungkin resiko haruslah dapat diperhitungkan (calculated risk).


Jadwal dan pembiayaan pra-operasi dan pasca-operasi, salah satu tahap penting yang dilaksanakan agar produk dari media massa siap diluncurkan ke pasar dalam hal ini adalah tahap pra-operasinya. Tahap ini mencakup (time table) jadwal kerja setiap kegiatan yang disusun untuk membuat produk masa pra-operasi juga membutuhkan biaya besar terutama menyangkut penanaman modal awal berupa infrastruktur perlengkapan kantor, biaya recruitment, gaji karyawan bulan pertama, dan biaya promosi awal.


Begitulah tahap planning atau perencanaan media massa memegang peranan penting dalam memulai sebuah produk media massa.


PERENCANAAN DAN STRATEGI MEDIA


Perencanaan media meliputi proses penyusunan rencana dan penjadwalan. Perencanaan media meliputi koordinasi tiga tingkat perumusan strategi: strategi pemasaran, strategi periklanan, dan strategi media. Strategi media itu sendiri terdiri dari empat kegiatan yang saling berkaitan, yakni:


Memilih audiens sasaran
Menspesifikasi tujuan media
Memilih kategori media dan sarana
Membeli media
Menentukan Audiensi Sasaran


Tugas perencana media adalah memilih media dan menentukan pasar dengan konsumen yang memilki sifat atau karakteristik paling sesuai dengan konsumen sasaran. Semakin besar persamaanya, maka akan semakin baik. Dalam hal ini harus diperhatikan bagaimana audiens suatu media berbeda dengan audiens umum lainnya. Jumlah target audiens juga mempengaruhi perencanaan media. Secara umum, semakin kecil target audiens, maka pesan yang disampaikan dapat dilakukan secara individu dan lebih interaktif. Beberapa faktor utama yang digunakan untuk mengetahui sasaran audiens adalah: goegrafis, demografis, pemakaian produk (misalnya produk ringan sedang atau berat), dan gaya hidup/psikografis.


Menentukan Tujuan Media


Tujuan media menggambarkan apa yang ingin dicapai suatu perusahaan media dengan penyampaian pesan suatu merek produk dari media tersebut, Tujuan media menjelaskan bagaimana bagian pemasaran menyampaikan pesannya kepada konsumen sedemikian rupa sehingga pesan menghasilkan efek yang baik berupa pikiran, perasaan, dan tindakan dari konsumen.


Cakupan Target Pasar


Setiap orang yang terlibat dalam perencanaan media harus berusaha untuk menjaugkau sebanyak mungkin target audiens yang menjadi konsumen potensial (langganan) produk dan sebanyak mungkin mengurangi jumlah audiens yang bukan menjadi target konsumen. Yang bukan menjadi target konsumen masih dapat dibenarkan jika jumlahya tidak lebih banyak dari jumlah audiens yang menjadi target konsumen seluruhnya.


Jangkauan


Jangkauan dapat didefinisikan sebagai jumlah audiens yang melihat, mendengar atau membaca suatu media massa tersebut dalam periode waktu tertentu dan dalam satu jumlah atau angka absolut (absolute number) atau sebagai suatu dari populasi.


Target Jangkauan


Target jangkauan merupakan faktor penting yang harus diperhitungkan dalam perencanaan media karena dapat menunjukan apa yang diterima oleh khalayak. Seperti contohnya apa yang diterima pemasang iklan atas uang yang telah dikeluarkannya untuk memasang iklan di media massa.


Frekuensi


Frekuensi atau the member of times one adalah exposed to the media vehcle, not necessary to the ad it self (berapa banyak orang yang terekspos oleh media. Belum termasuk ekspos dan iklan). Frekuensi merupakan jumlah waktu secara rata-rata dalam periode empat minggu di mana para anggota audiens sasaran diekspos oleh media (melihat. membaca, atau mendengar) yang termasuk dalam jadwal media tertentu disebut sebagai frekuensi rata-rata (atau hanya frekuensi).

Menetapkan Strategi Media

Tahap selanjutnya adalah menentukan bagaimana cara mencapai tujuan dari media massa tersebut yang dapat dilakukan dengan merencanakan dan melaksanakan strategi media. Duncan mengemukakan pengertian strategi media sebagai : ide atau gagasan mengenai bagaimana tujuan media akan dicapai melalui seleksi berbagai kombinasi dari media. Menurutnya setiap tujuan media dapat memiliki lebih dari satu strategi media. Strategi media menjelaskan antara lain bauran media yang membahas mengenai media apa yang akan digunakan dan seberapa banyak.

Hal-hal yang harus diperhatikan pada tahap ini adalah:
Media apa yang harus digunakan dan berapa banyak?
Bagaimana pembagian antara penggunaan media satu arah dan media dua arah?
Bagaimana proses pembelian oleh target konsumen?
Kapan waktu terbaik menjangkau konsumen?
Bagaimana konsentrasi media diperlukan dalam bauran media?
Bagaimana melakukan penjadwalan media?
Media apa yang paling tepat dari aspek kreatif?
Lingkungan media seperti apa yang paling sesuai dengan citra produk?
Bagaimana dengan perhitungan biaya iklan?

Menentukan Jadwal Media


Perencanaan media harus dapat melakukan penjadwalan atau scheduling yang tepat kapan suatu produk media massa harus muncul di media tersebut. Ini berarti perencanaan media harus memilih kapan waktu yang paling tepat agar produk media massa itu dapat diterima oleh sebanyak mungkin target konsumen atau sasaran publik.


ANGGARAN IKLAN


Salah satu keputusan penting dalam perencanaan dalam strategi media adalah soal anggaran. Biaya iklan dan biaya promosi dapat dikelompokan dalam dua kategori, yaitu :
Biaya absolut. yaitu biaya yang diperlukan untuk menempatkan iklan pada suatu media massa. Misalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk menempatkan iklan satu halaman penuh berwarna (full color) di suatu majalah.
Biaya relative, adalah biaya yang mengacu pada hubungan antara biaya yang harus dibayar untuk waktu atau tempat yang disediakan media dengan jumlah audiensi yang diperkirakan akan menerima pesan iklan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA


Dunia Digital Marketing. (n.d.). Dialetika Aku dan Fikiran. Retrieved February 17, 2017, 15:15:20, from wordpress.com: https://veldaardia.wordpress.com/2014/09/23/media-planner/
Mahasiswa, M. (n.d.). Kaidah Manajemen Untuk Mengelola Media. Retrieved February 17, 2017, 13:40:20 from Jurnal Pertekom: http://jurnalpertekkom.blogspot.co.id/2013/02/kaidah-manajemen-untuk-mengelola-media.html
Star Purnama. (2016, April 13). Nyeruit Kom. Retrieved February 17, 2017, 16:54:03 from blogspot.com: http://komunikasiutblampung.blogspot.nl/2016/04/makalah-perencanaan-media.html

Bahasa Gaul Bukan Bahasa Kekinian

20 March 2017 02:51:55 Dibaca : 143

Gambar :Google.com

Semua orang pasti tahu bagaimana itu bahasa, fungsi dari bahasa tersebut. Bahasa menjadi hal yang penting dalam setiap kehidupan kita dan menjadi jembatan ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang luar atau orang yang baru saja kita kenal, dan bahasa adalah penyambungnya. tapi semakin kesini, bahasa mulai memasuki era baru yakni bahasa gaul tepatnya. orang mengaanggap bahasa gaul adalah bahasa kekinian dan menjadi bahasa wajib hampir pada keseluruhan remaja di Ibukota dan merambat sampai ke daerah lainnya.

Bahasa gaul awalnya muncul pada era tahun 1970-an (baca: Asal Usul dan Istilah Bahasa Gaul Kaskus.co.id), dimana para komunitas,preman,dll, menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa mereka sendiri dan tak ada satu orangpun yang tahu dan hanya antara mereka yang mengerti bahasa tersebut. kemudian diakhir tahun 1980-an bahasa gaul mulai diikuti atau di populerkan oleh remaja di jakarta khususnya. bahasa gaul tersebut mulai berekembang dengan banyak ragam kosakata, dan menjadi bahasa kekinian pada sebagian kalangan remaja.

ABG (Anak Baru Gaul) lebih identik dengan bahasa gaul atau mereka anggap bahasa kekinian, akan tetapi bahasa gaul ini sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya. remaja atau ABG mengganggap dengan berbahasa gaul kita semakin modern dan tidak tertinggal dengan keadaan, dan semua orang mulai mengikuti kosakata dari bahasa tersebut. semakin kesini remaja mulai meninggalkan bahasa daerah mereka sendiri hanya karena ingin di bilang gaul atau Alay oleh mereka yang selalu menggunakan bahasa gaul sebagai komunikasi mereka, dan enggan berbahasa khas daerah masing-masing.

Kopi Pinogu Harus Naik Podium

13 December 2016 05:32:01 Dibaca : 118

Nama           : Zulkifli Mangkau
Kelas           : A
Mata kuliah : Komunikasi Pemasaran
Resume Kegiatan Pekan raya Gorontalo                           

                              “Kopi Pinogu dan ekonomi kretaif harus naik podium”
Pekan raya gorontalo atau PRG kembali diadakan, bertempat di lapangan taruna remaja gorontalo. Kegiatan PRG sendiri sudah yang ketiga kalinya,diadakan oleh PEMPROV Gorontalo. PRG sendiri diadakan dalam rangkaian memperingati ulang tahun Gorontalo yang ke-16. Kegiatan PRG kali ini lebih mengutamakan basis ekonomi kreatif kerakyatan, kita bisa melihat dari berbagai macam stand kuliner dan ekonomi kreatif masyarakat yang di pamerkan. PEMPROV berharap melalui kegiatan seperti ini, gorontalo mampu bersaing dengan daerah lain yang telah lebih dulu maju di bidang ekonomi kreatif mereka.

Pekan raya gorontalo sendiri berlangsung selama seminggu, dengan berbagai macam stand yang dipamerkan dan berbagai kegiatan yang di adakan. Kegiatan yang diadakan meliputi : pameran ekonomi kreatif, stand SKPD, Komunitas Gorontalo,lomba stand up comedi (berbahasa gorontalo),festival band,paduan suara,lomba kuliner,lomba tarian tradisional, dan pameran stake holder lainnya.

Ekonomi kreatif lebih diutamakan dalam kegiatan PRG, agar bisa meambah animo masyarakat dalam bidang ekonomi,khususnya dalam persaingan MEA yang sudah menjadi patokan di setiap negara di ASEAN sendiri. Tujuan PRG sendiri agar bisa mencari bibit produk lokal yang mampu bersaing, entah dari produk makanan,minuman,pakaian,dll.

Dalam laporan kali ini ,saya coba mengangkat ekonomi kerakyatan yang berbasis produk lokal,yakni pengolahan kopi pinogu agar menjadi kopi terbaik, dalam daerahnya dan mampu bersaing dengan kopi yang telah menjadi maestro dalam negeri bahkan luar negeri.

Kopi pinogu sendiri merupakan kopi khas daerah gorontalo,kopi ini bisa ditemukan di daerah ketinggian 700 – 1200 MDPL. Di gorontalo sendiri kopi pinogu bisa ditemukan di kecamatan piongu desa pinogu kabupaten bone bolange. Kopi pinogu atau dikenal tiyombu lo kopi orang gorontalo menyebutnya, sangat khas dan rasa kopinya yang sangat nikmat.

Melihat kelebihan dan keuntungan kopi pinogu sendiri, PAY GRADE KOPI PINOGU mengambil inisitaif untuk memasarkan produk lokal tersebut dalam pasaran,bagi penikmat kopi. Ketersediaan dan pengelolaan kopi pinogu yang sangat kurang menjadi langkah awal Pay Grade untuk mempromosikan produksi mereka. Pay Grade kopi bekerja sama dengan UPH kopi pinogu diantaranya putra tidahiya,dindahiya,bangiya. Semua kopi yang dihasilkan sama dari satu kecamatan, tapi berbeda desa.

Kopi dataran hijau tersebut sangat nikmat dirasakan,peluang inilah yang coba diambil marketing Pay Grade “kami bekerja sama dengan pemda juga,alhamdulillah dengan bantuan pemda Bone Bolango dengan bantuan alat pengering kulit basah dan kering sedikit membantu para UPH pada saat produksi” ungkap miranti liputo selaku koordinator pemasaran Pay Grade.

Berbagai langkah dilakukan dalam pemasaran kopi pinogu tersebut, mulai dari teknik pemasaran ke supermarket, pemasaran door to door (pembelian langsung),dan pemasaran ke beberapa daerah diantaranya manado dan palu. Langkah awal dalam pengembangan kopi pinogu tersebut,di sambut baik pemerintah yakni bupati Bone Bolango Hamim Pou mempromosikan Kopi Pinogu ke beberapa negara diantaranya Jerman,Malaysia,dan terkahir Jepang.

Metode pemasaran lainnya menggunakan media sosial sebagai teknik marketing,melihat penggunaan internet dikalangan masyarakat saat ini semakin pesat. Pay Grade sendiri melirik peluang tersebut melalui Facebook dan grup media sosial lainnya, seperti Forum Jual beli Gorontalo ujar miranti.

Secara luas mungkin kita memahami bahwa langkah yang dilakukan oleh Pay Grade sangatlah bagus dalam sisi lain, mengangkat produk unggulan daerah dan memasarkannya hingga mampu bersaing di kasta tertinggi. Ekonomi masyarakat harus lebih lagi dipacu,di asa, dan pemerintah harus mendukung usaha kreatif lainnya yang berbasis keunggulan pangan lokal agar produk semacam kopi pinogu dan ekonomi kreatif bisa naik Podium di kancah nasional dan internasional.

Perkembangan Teknologi Komunikasi

24 January 2016 17:48:29 Dibaca : 365

Nama : Zulkifli Mangkau
Nim : 291414017

I. ARTIKEL TENTANG JENIS TEKNOLOGI KOMUNIKASI BARU

 Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah. Untuk pelayanan tetap, satelit komunikasi menyediakan sebuah teknologi tambahan bagi kabel komunikasi kapal selam optik fiber. Untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat terbang, di mana aplikasi teknologi lain, seperti kabel, tidak praktis atau tidak mungkin.
Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistentnya. Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan Amerika.
Komunikasi satelit adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Kebanyakan satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner, meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit Bumi rendah.
Fungsi satelit komunikasi adalah untuk memberikan pelayanan radio, televisi, dan telekomunikasi ke tempat-tempat di bumi. Satelit Komunikasi, Terobosan Alcatel di Bidang TI
JAKARTA - Di era yang serba global ini, satelit telekomunikasi menjadi sarana paling efektif di bidang biaya dalam menghubungkan satu manusia dengan manusia lain di seantero dunia. Teknologi ini paling bisa diandalkan untuk daerah yang belum dijangkau oleh jaringan telekomunikasi seperti fixed telepon ataupun seluler. Teknologi ini pulalah yang semestinya bisa diharapkan oleh rakyat Indonesia, khususnya di daerah pedesaan. Di Indonesia, satelit komunikasi yang kita kenal masih terbatas. Padahal di Eropa, satelit komunikasi sudah menjadi kebutuhan vital. Ini disebabkan jumlah perusahaan pengembang satelit komunikasi di Indonesia masih sedikit, bisa dihitung dengan jari. Sedangkan di Eropa, pengembang satelit sudah marak sejak lama.Salah satu pengembang satelit komunikasi yang memimpin adalah Alcatel Space yang bermarkas di Cannes, Prancis. “Kami mempekerjakan sekitar 60.000 karyawan dan sudah aktif di 130 negara,” ujar Sandy Gillio, Sales Manager Alcatel Space kepada SH di Cannes, Prancis ketika SH berkunjung ke pusat pengembang satelit tersebut. Bukan di Eropa saja, namun juga wilayah Amerika dan Asia Pasifik sudah mempercayakan pada satelit buatan Alcatel Space.Luncurkan SatelitBelum lama ini, tepatnya 9 Februari lalu, Alcatel Space sukses meluncurkan satelit komunikasi AMC-12 dari Baikonur Space Center, Kazakhstan. AMC-12 merupakan satelit ketiga yang dibangun Alcatel Space untuk operator Amerika, SES Americom yang menjadi bagian dari SES Global Group. AMC-12 akan menjangkau zona-zona interkoneksi meliputi Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa hingga Timur Tengah dan Afrika.Masih berplatform generasi baru Spacebus 4000 dari Alcatel Space, satelot AMC-12 akan mampu melayani mulai siaran langsung televisi dari rumah ke rumah hingga broadband Internet. Karena kapasitasnya yang besar, maka berbagai macam pengguna bisa memanfaatkannya. Ini meliputi para broadcaster, operator kabel, Internet Service Provider (ISP), hingga network pribadi.Di Asia Pacific Alcatel Space baru saja menempatkan satelit Apstar VI. Apstar VI yang menjangkau seluruh wilayah Asia Pacific, khususnya dari India, Cina hingga Australia.
Proyek ini berkolaborasi dengan APT Satellite Holdings Limited (APT), salah satu operator satelit terkemuka di Asia Pasifik. Dengan satelit komunikasi ini dimungkinkan pembangunan broadband multimedia, televisi digital dan layanan telekomunikasi tradisional seperti sambungan telepon fixed.Khusus di Asia, mereka juga bekerja sama dengan China Satellite Communication Corporation (ChinaSat) untuk membangun satelit komunikasi generasi baru, Chinasat 9. Satelit ini akan mengkhususkan diri di bidang siaran langsung. Berbasis pada platform Spacebus 4000 C1, Chinasat 9 akan mengaktifkan 22 transponder Ku-band untuk program broadcast satellite services (BSS). Chinasat 9berbobot sekitar 4.500 kilogram dan power sekitar 11 kW. Satelit ini akan beroperasi lebih dari 15 tahun.
 Video Tech
VidéoTech adalah proyek yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan multimedia menggunakan video digital otentik yang terkandung dalam konteks bahasa kedua Perancis di Kanada. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan tidak hanya isi pendidikan dan pembelajaran, tetapi juga komunitas praktek di mana pengguna dapat berkontribusi konten dan menyarankan jalur pembangunan alternatif. Sebagai sebuah media komunikasi, video berfungsiuntuk menyajikan informasi dari sebuah peristiwa yang terjadi baik itu ter-setting ataupun tidak, dimana informasi tersebut dapat membuat stimulusseseorang untuk dapat menyimak lebih dalam.Proses pembuatan video secara sederhana bisa dilakukan hanyadengan menggunakan sebuah alat perekam yang bernama video camera.Menggunakan Alat perekam ini sebuah individu sudah dapat merekamsebuah peristiwa yang ada di depan individu tersebut. Bahkan saat inimerekam sebuah gambar tidak hanya bisa dilakukan oleh video camera, akantetapi dengan menggunakan smartphone berteknologi canggih pun sekarangseseorang bisa merekam gambar yang dia inginkan.Jika dilihat dari prosesnya merekam video itu sangatlah mudah.
Video-video yang direkam seseorang tanpa melewati beberapa proses pelaksanaan produksi video, hasilnya dapat digolongkan menjadi video amatir. Akan tetapi,untuk melakukan sebuah produksi video secara professional ada beberapatahap yang harus dilewati sebelum hasil video itu bisa ditayangkan ataudinikmati oleh penonton yang akan melihatnya. Beberapa tahapan prosespelaksanaan pembuatan video itu dapat dibagi menjadi 3 bagia, yaitu:a.Tahap pra-produksi;b.Tahap produksi; danc.Tahap pasca produksiTahapan-tahapan dalam produksi video tersebut mencakup dari pencarianide hingga pengemasan video sebelum video itu dapat ditonton olehpenontonnya.
 Teletech
(NASDAQ : TTEC) adalah sebuah perusahaan bisnis penyediaan jasa tenaga kerja berskala global yang bertempat di Englewood, Colorado yang didirikan oleh Kenneth D. Tuchman pada tahun 1982, perusahaan ini menyediakan strategi untuk menarik pelanggan, solusi manajemen untuk keterlibatan pelanggan secara analitis maupun dengan cara menyediakan teknologinya.Perusahaan ini telah melayani lebih 250 klien dari berbagai macam industry global, termasuk otomotif, komunikasi, layanan financial, pemerintahan, layanan kesehatan,logistic, media dan hiburan, bisnis eceran, teknologi, travel, dan industry transportasi. Pada tahun 2015, TeleTech memiliki 46.000 karyawan yang telah melayani sekitar 80 negara.
 Interactive Cable Television
Televisi interaktif (juga dikenal sebagai ITV atau iTV) adalah bentuk konvergensi media, menambahkan layanan data dengan tradisional teknologi televisi. Sepanjang sejarahnya, ini telah termasuk pengiriman on-demand konten, serta penggunaan baru seperti belanja online, perbankan, dan sebagainya. TV interaktif adalah contoh konkret bagaimana baru teknologi informasi dapat diintegrasikan secara vertikal (ke dalam teknologi yang didirikan dan struktur komersial) daripada lateral (menciptakan peluang produksi baru di luar struktur komersial yang ada, misalnya world wide web).
Televisi interaktif merupakan kontinum dari rendah (TV on / off, volume, mengubah saluran) untuk interaktivitas sedang (sederhana film on demand tanpa kontrol pemutar) dan interaktivitas tinggi di mana, misalnya, anggota audiens mempengaruhi program diawasi. Contoh paling jelas dari ini akan menjadi jenis real-time voting di layar, di mana orang penonton membuat keputusan yang tercermin dalam bagaimana acara terus. Sebuah jalan kembali ke penyedia program tidak perlu memiliki pengalaman program interaktif. Setelah film download misalnya, kontrol semua menjadi lokal. Link yang dibutuhkan untuk men-download program ini, tetapi teks dan perangkat lunak yang dapat dijalankan secara lokal pada set-top box atau IRD (Integrated Receiver Decoder) dapat terjadi secara otomatis, setelah penonton memasuki saluran.
Istilah "televisi interaktif" digunakan untuk merujuk kepada berbagai jenis yang agak berbeda dari interaktivitas (baik untuk penggunaan dan untuk teknologi), dan ini dapat menyebabkan kesalahpahaman yang cukup. Setidaknya tiga tingkat yang sangat berbeda adalah penting (lihat juga literatur video pelajaran yang telah dijelaskan tingkat interaktivitas dalam instruksi berbasis komputer yang akan terlihat sangat banyak seperti televisi interaktif besok).
 Teleconverencing
Pengertian teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi. Jadi teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
Di Indonesia, terdapat beragai layanan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensi atau teleconference tersebut.
 Computerized Network
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan atara satu dengan yang lainnya, menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi baik berupa kabel maupun tanpa kabel (wireless) sehingga dapat saling berbagi data atau informasi, program, ataupun perangkat keras (hardware) dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer dapat juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah kumpulan terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang berjumlah dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Dua buah komputer dikatakan sudah membentuk suatu jaringan bila melakukan pertukaran data atau informasi. Adapun manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut:
Sharing resources
Peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang berada pada satu jaringan.
Media komunikasi
Paringan komputer memungkinkan terjadinya hubungan komunikasi antar pengguna lain, baik pertukaran data atau informasi jarak jauh.
Integrasi data
Penggunaan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena dengan jaringan komputer proses komputasi tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke komputer lain.
Pengembangan dan pemeliharaan
Dengan adanya jaringan komputer, pengembangan dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya.
Keamanan data
Sistem jaringan komputer dapat memberikan jaminan pengamanan data, jaminan pengamanan data melalui pemberian hak akses.
Sumber daya lebih efesien dan informasi terkini
Dengan adanya jaringan komputer, pemakaian peralatan dapat dipakai secara bersama-sama. Sehingga pemakai dapat memanfaatkan secara maksimal resources yang ada.
Computer Network” adalah sekumpulan autonomus computer yang saling terhubung dalam satu teknologi. Dua komputer dikatakan terhubung apabila keduanya dapat saling bertukar informasi. Koneksi yang ada tidak harus melalui kabel tembaga, bisa juga mengguanakan medium lain seperti fiber optic, gelombang mikro, inframerah, dan atau satelit komunikasi. Salah satu contoh dari “computer network” adalah internet,dimana internet ini bukan merupakan sebuah network tunggal melainkan network dari network lainnya.
Terdapat beberapa jenis “network” antara lain: Local Area Network(LAN), Wide Area Network(WAN), Metropolitan Area Network(MAN), Campus Area Network(CAN), Ethernet network, Token Ring Network, Fiber Distributed Data Interface(FDDI) network, Asynchronous Transfer Mode(ATM) network, frame-relay network, T1 network, DS3 network, bridged network, routed network, and point-to-point network. Jika anda cukup tua untuk mengingat program bernama Laplink yang memperbolehkan anda untuk meng-copy file dari satu komputer ke komputer lain melalui sebuah kabel port paralel khusus, anda dapat mengatakan koneksi jenis tersebut juga termasuk “network”. Walaupun tidak besar (hanya dapat terdiri dari dua komputer) ataupun tidak terlalu cepat namun ada pengiriman data dari suatu komputer ke komputer lain melalui sebuah koneksi.
Koneksi adalah konsep yang penting. Hal ini yang membedakan “network” sesungguhnya dengan “sneaker net“. Dalam sneaker net, informasi ditransfer dari satu komputer ke komputer lain dengan menggunakan removable media. Ketika memasukkan sebuah floppy disk ke dalam sebuah komputer, tidak ada indikasi bahwa file yang ada berasal dari komputer lain karena tidak adanya koneksi. Sebuah koneksi melibatkan beberapa hal seperti pengalamatan atau pengidentifikasian sebuah node dalam sebuah network (walaupun itu hanya master/slave atau primary/secondary).
• Implikasi Dan contoh dari Penggunaan Teknologi Komunikasi Baru
a) Dalam kehidupan sosial
Di kehidupan social, aplikasi teknologi komunikasi baru dapat membantu masyarakat untuk mengakses informasi lebih mudah dan efisien dengan cara memanfaatkan media online seperti sekarang ini. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain. Begitupun sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat serta informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat melalui satelit komunikasi dan teleconverencing. Dengan adanyan teknologi yang berkembang pesat, orang-orang dengan mudahnya mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan banyak orang dengan menggunakan teknologi seperti facebook,twitter, whatsApp dan masih banyak aplikasi-aplikasi yang sudah ada pada zaman modern seperti sekarang ini.
b) Dalam ekonomi
Penggunaan teknologi komunikasi baru dalam bidang ekonomi akan makin membuka lapangan pekerjaan. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut E-commerce dapat mempermudah transaksi transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan. Serta perusahaan-perusahaan pemasangan iklan di internet pada situs situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk. Dan perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu Didalam bidang ekonomi apalagi pada zaman sekarang ini orang-orang sering menggunakan teknologi yang sangat canggih, dimana teknologi sudah menjadi tempat untuk berbisnis. Lebih jelasnya dalam aplikasi Teletech yang menyediakan jasa tenaga kerja bagi siapa saja.
c) Dalam budaya
Teknologi komunikasi baru dapat mempermudah pendistribusian karya-karya anak bangsa seperti musik, film, fashion maupun furniture ke Negara-negara tetangga maupun Negara-negara berbeda benua yang mana akan memperkuat identitas Negara serta membuat Negara semakin dikenal oleh dunia melaui aplikasi videotech yang kemudian di salurkan pada interactive television cable.Implikasi teknologi baru didalam budaya juga sangat mempengaruhi, dimana teknologi bisa merubah sikap dan perilaku seseorang denga budayanya masyrakat jadi lupa akan budaya yang ada.

d) Dalam Politik Masyarakat
Dengan teknologi komunikasi baru, adanya peranan besar masyarakat dalam pengembangan pemerintah. Contohnya dengan e-government maka hal ini bisa tercapai. Bayangkan saja jika ada anggota DPR yang dapat berinteraksi dengan rakyat yang telah memilihnya, kegiatan tanya jawab, melakukan voting, saran dan kritik akan dapat tersalurkan dengan cepat, langsung, dan nyaman. E-government itu menggunakan aplikasi teknologi komunikasi baru seperti computerized network dan satelit komunikasi. Serta Kegiatan komunikasi untuk keperluan politik dengan menggunakan teknologi komunikasi baru menyebabkan sampainya berita lebih cepat, dilakukan secara efisien, dan nyaman. Misalnya jika ada masyarakat yang ingin mengajukan pendapatnya ke wakil rakyat maka cukup dengan menggunakan e-mail surat dapat sampai dengan segera.

II. ARTIKEL ILMIAH TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Definisi Teknologi adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek yaitu aspek perangkat keras ( terdiri dari materi atau benda-benda fisik) dan aspek perangkat lunak ( terdiri dari basis informasi untuk perangkat keras ). Kedua aspek tersebut penting untuk penggunaan praktis komputer, tetapi karena perangkat keras lebih terlihat oleh pengamat kasual, maka kita akan berpikir teknologi utama adalah perangkat keras. Teknologi komunikasi dalam masyarakat modern seperti Amerika Serikat. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya. Selanjutnya, yang lebih penting adalah sifat dan bagaimana fungsi media baru bagi sebagian besar orang untuk bertukar informasi.
Pada kenyataannya teknologi komunikasi baru tidak hanya ditandai dengan adanya teknologi tunggal baru seperti mikrokomputer dan satelit, tetapi menggabungkan elemen-elemen dari jenis komunikasi baru seperti menggunakan satelit untuk memberikan berbagai wid dari programming untuk sistem televisi kabel. Contoh teknologi komunikasi baru yaitu telekonferensi jaringan, elektronik sistem, papan buletin computer, dan televise kabel interaktif. Perubahan pada komunikasi manusia sebagai hasil teknologi baru. (1) Sistem komunikasi baru memiliki tingkat interaktivitas tertentu, seperti percakapan dua orang atau tatap muka. Interaktivitas adalah kemampuan sistem komunikasi baru untuk berbicara kembali kepada pengguna atau hampir seperti seorang individu yang berpartisipasi dalam percakapan. (2) Media baru juga demassified yaitu bahwa sebuah pesan khusus dapat ditukar dengan setiap individu dalam khalayak yang besar. Menyamakan individualisasi seperti media baru untuk komunikasi tatap muka interpersonal, kecuali bahwa mereka tidak bertatap muka.
Teknologi komunikasi yang digunakan pada zaman dahulu masih sangat sederhana. Karena pada saat itu manusia saling berjauhan, maka dibutuhkan alat untuk menyampaikan pesan pada orang lain. Alat komunikasi yang tertua yang pernah dilakukan adalah isyarat. Isyarat yang digunakan biasanya asap atau suara-suara yang sengaja diciptakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Tetapi menyampaikan pesan menggunakan asap bergantung dengan cuaca. Bila cuaca cerah asap sangat jelas terlihat, bila cuaca buruk asap sukar terlihat. Akhirnya ditemukan alat baru, yaitu dengan cara menulis pesan dan mengirimkannya menggunakan burung merpati, lalu surat-surat itu diantarkan dengan berlari dan dengan kuda.
Berbeda dengan saat ini perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat. Berbagai media komunikasai memudahkan kita untuk menerima pesan apapun yang dikirimkandari mana saja. Kita mengetahui apa yang terjadi dibelahan bumi hampir pada saat bersamaan. Teknologi komunikasi saat ini di dunia sangat maju dengan pesat. Jika dulu pada abad ke-17 atau ke-18 nenek moyang kita masih menggunakan pos atau surat menyurat secara fisik, namun pada abad ke-20 ini kita sudah dapat menikmati komunikasi yang dipengaruhi dengan teknologi. Salah satunya tentunya teknologi komunikasi. Pada awal abad ke-20 muncullah alat komunikasi seperti telepon rumah, radio, fax, dan beberapa alat komunikasi lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa alat
komunikasi mengalami perkembangan pula. Seperti telepon yang mungkin sekarang mulai banyak ditinggalkan, karena sudah banyak orang yang beralih ke telepon genggam alias handphone.
Dengan diiringi perkembangan teknologi informasi, teknologi komunikasipun berkembang secara pesat. Muncullah istilah seperti teknologi komunikasi cyber yang memungkinkan kita dapat menggunakan teknologi komunikasi baru lagi. Contoh teknologi komunikasi yang menggunakan teknologi cyber atau internet adalah e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Teknologi Komunikasi yang seperti itulah yang sekarang digunakan di mana-mana. Contoh media komunikasi dari awal sampai saat ini :
• Media cetak
1. Surat
Pengiriman surat saat ini sangat mudah dan cepat. Mengirim melalui surat mempunyai keuntungan tersendiri. Kita dapat menulis pesan secara lengkap dan terperinci. Kita memerlukan perangko untuk mengirimnya.
2. Koran, Majalah, Tabloid, dan buku-buku

Koran, majalah, tabloid, dan buku-buku memberikan pengetahuan tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia secara tertulis. Tetapi berita dikoran biasanya terlambat satu hari karena surat kabar harus melalui proses cetak dan edar.
• Media Elektronik
1. Televisi
TV ditemukan oleh orang skotlandia bernama john logie baird pada tahun 1925. saat pertama kali dibuat, televisi hanya berwarna hitam putih. Sesuai perkembangan zaman, TV sekarang sudah berwarna.
2. Radio
Siaran radio dipancarkan dari stasiun pemancar radio ke satelit lalu dari satelit ke rumah-rumah penduduk. Ada radio dari frekuensi AM dan ada juga yang FM. Siaran radio dapat menyampaikan berita dan informasi tentang peristiwa disaat itu juga. Ada radio yang menggunakan listrik, dan ada juga yang menggunakan baterai.
3. Telepon
Telepon adalah media komunikasi yang cuup cepat untuk berbicara dengan seseorang kita hanya tinggal memijat atau memutar nomor orang yang akan kita ajak bicara. Bila telah
tersambung kita bisa langsung komunikasi. Telepon ditemukan oleh seorang Amerika bernama Alexander Graham bell pada tahun 1876.
4. Internet
Dengan internet kita bisa mengtahui berita-berita apapun melalui computer yang dihubungkan dengan telepon atau melalui telepon genggam yang mempunyai fasilitas internet.
5. SMS ( short massage service )
Pengiriman berita dan informasi melalui sms hanya bisa digunakan bila kita mempunyai telepon genggam, karena sms merupakan salah satu dari fasilitas telepon genggam. Sms ini baru berlaku bila kedua belah pihak telepon genggam.
 Kemukakan pendapat anda tentang Implikasi Perkembangan Teknologi Komunikasi terhadap Dunia Jurnalistik
Saat ini masyarakat telah terpapar teknologi yang mana seluruh aktivitas kehidupan berhubungan langsung dengan teknologi. Menurut Marshal McLuhan bentuk komunikasi selalu berkembang dan berubah. Perubahan bntuk komunikasi diawali dari era tribal yaitu masa informasi disebarkan secara sederhana melalui mulut ke mulut, tradisi lisan penceritaan kisah yang menyatakan tradisi, ritual dan nilai-nilai melalui kata-kata yang diucapkan. Cara penyampaian yang masih sederhana ini, menuntut kemampuan indra pendengaran untuk menangkap dan meyakini informasi yang diterima. Kemudian, perkembangan zaman semakin maju setelah diciptakannya aksara. McLuhan dan Fiore (1996) menyatakan melalui abjad atau aksara orang melihat lingkungannya dalam hal visual dan spasial.
Munculnya aksara menimbulkan era melek huruf yang mengakibatkan masa komunikasi tertulis berkembang. Di era melek huruf ini, komunikasi tatap muka mulai kurang diminati. Setelah ditemukannya aksara, orang-orang mulai menulis mengenai kejadian yang ada di sekitar mereka. Tulisan-tulisan masyarakat menjadi permanen semenjak diciptakannya mesin cetak sehingga memungkinkan untuk dibuat salinannya. Masyarakat tidak perlu lagi memaksakan ingatan untuk menyimpan informasi karena informasi, pengetahuan yang dimiliki dapat ditulis dan disimpan dalam jangka waktu yang lama setelah dicetak. Perkembangan bentuk komunikasi ini berhubungan dengan jurnalisme yang akan dibahas selanjutnya.
Jurnalisme berasal dari kata journal yang berarti catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari-hari. Journal itu sendiri diserap dari bahasa Latin Diurnalis yang berarti seseorang yang melakukan pekerjaan jurnalistik. (Dukalang, 2013). Sebelumnya telah dijelaskan komunikasi efektif yang dilakukan lewat pertemuan tatap muka dan penyebaran informasi masih sederhana melalui mulut ke mulut. Kemudian semakin maju dengan diciptakannya mesin cetak oleh Johannes Guttenberg yang mengakibatkan tulisan, catatan harian dapat dibuat permanen dan diterbitkan di media massa. Pengertian jurnalisme yang lain menurut Marcel Danesi dalam Dictionary of Media and Communications (2009:166) mendefinisikan sebagai aktivitas penulisan, pengumpulan, penyiapan, sampai pada pendistribusian berita melalui media. Pelaporan ini terkait peristiwa kekinian dan tidak hanya menggunakan media cetak, melainkan juga media elektronik seperti radio, televisi dan online. Proses pencarian, pengumpulan, pengeditan dan pendistribusian berita tersbut sangat berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.
 Dampak Positif beserta contohnya
a) Perkembangan media komunikasi memudahkan kegiatan jurnalistik yang sedang berlangsung. Informasi yang didapat akan segera disampaikan serta lebih cepat didapatkan daripada waktu ketika teknologi komunikasi belum berkembang pesat seperti saat ini.
b) Dapat melaporkan suatu kejadian penting di daerahnya dan berita tersebut disiarkan di stasiun televisi. Fenomena ini dinamakan citizen journalism.

Contohnya : Beberapa stasiun televisi telah memberikan ruang untuk citizen journalism seperti Net TV dalam program beritanya yaitu Net 12 dan Metro TV dalam acara 8 - 11 show. Teknologi tidak hanya memberikan ruang bagi masyarakat awam menjadi jurnalis namun juga dapat secara langsung berpartisipasi dalam mengomentari, mengkritisi atau memberikan pendapat terhadap berita tertentu. Beberapa stasiun televisi speerti TV One dalam acaranya Apa Kabar Indonesia, Metro Tv melalui acara Top 9 News dan lain-lain. Acara yang disiarkan secara live ini memberikan kesempatan pada warga untuk berpartisipasi dalam memberikan komentar, kritik atau saran kepada narasumber. Sehingga terjadi komunikasi yang terjalin antara narasumber dan masyarakat secara langsung.
 Dampak Negatif Beserta Contohnya
Jurnalistik dalam perkembangan teknologi komunikasi ini, memberikan banyak peluang bagi anggota masyarakat untuk membuat berita, mengakses informasi, serta menyebarkan informasi lebih akurat dan lebih cepat dari pada para jurnalis profesional, dimana perlu diketahui, bahwa kesadaran masyarakat akan prinsip-prisip jurnalistik tidak sepenuhnya dapat diterapka.
Sehingga pertanggungjawaban atas informasi yang diberitakan itu belum tentu dapat dipertanggungjawabkan, apalagi mengingat prinsip-prinsip jurnalisme tetap harus dipegang ketika sedang melakukan kegiatan jurnalistik. Prinsip-prinsip jurnalisme tersebut antara lain kebenaran, akurasi, objektivitas (cover both side), berimbang, verifikasi, dan lain-lain. Prinsip-prinsip tersebut harus dilaksanakan karena informasi yang disajikan adalah untuk dibaca dan diketahui oleh publik. Jangan sampai publik menerima informasi yang salah setelah membaca artikel atau tulisan produk yang dibuat oleh anggota masyarakat lainnya.
Contohnya : penyebaran informasi di media social yang dilakukan oleh masyarakat yang awam atau tidak memiliki basic pada bidang jurnalistik. Akibatnya informasi yang di sebarkan itu menjadi informasi yang bersifat fitnah, mencemarkan nama baik, ataupun
sejenisnya ditambah lagi informasi yang dia sebarkan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber :
http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2014454-satelit-komunikasi/#ixzz1svAIaB2M
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi_baru
http://personal.fmipa.itb.ac.id/suryadi/files/2010/11/satelit-komunikasi-_orasi-ilmiah_denpasar30oktober2010.pdf
http://indahfatmiutari.blogspot.co.id/2013/04/karya-tulis-ilmiah-pengaruh-teknologi_8237.html
https://kharismapramundari.wordpress.com/2014/09/28/perkembangan-teknologi-komunikasi-terhadap-4-aspek-ekonomi-politik-budaya-sosial/
http://www.finanznachrichten.de/nachrichten-aktien/teletech-holdings-inc.htm
https://unindrax1eione.wordpress.com/jaringan-dan-telekomunikasi-3/teleconference/

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong