Kuatkan Daya Ingat Dengan Cara Alamiah

20 February 2013 06:47:48 Dibaca : 1265

Mungkin Anda pernah mengalami hal seperti sering lupa janji atau lupa meletakkan sesuatu dimana? Kejadian seperti ini umum terjadi, terutama pada usia di atas 40. Tapi sebenarnya tak perlu terjadi. Menurut ayurveda, kita bisa meningkatkan kekuatan ingatan pada setiap usia. Berikut, beberapa tips sehat cara alamiah menguatkan ingatan.

Tetap Aktif

Usahakan jalan kaki 30 menit di tengah udara segar paling sedikit 5 hari seminggu atau lakukan 12 siklus gerakan yoga yang disebut menghormat matahari. Lakukan gerakan dengan kepala di bawah seperti shoulder stand dan plow pose untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

Baca juga Tips Sehat Teknik Menenangkan Otak

Belajar

Ingatan seperti otot. Jika tidak digunakan, kita akan kehilangan. Latihan ingatan dengan menghafal doa baru, puisi baru. Ucapkan setiap pagi sampai hafal luar kepala. Lalu mulai belajar yang baru lagi.

Pernapasan Yogic

Dua pernapasan yogic, bernapas bergantian lubang hidung atau anuloma viloma menstimulir otak belahan kiri dan kanan dan meningkatkan ingatan. Atau coba latihan berikut: berdiri tegak dengan mata menatap ke depan. Tarik napas secara perlahan, kerutkan epiglottis (tonjolan seperti ekor kecil di langit-langit tepat di belakang lidah) ketika menundukkan kepala ke belakang, lihat ke atas di akhir tarikan napas.

Ketika menghembuskan napas, jaga epiglottis tetap berkerut sambil menurunkan dagu ke dada, dan pandangan ke tanah. Gerakan Anda tepat jika terdengar seperti bunyi laut ketika mendekatkan kulit kerang di telinga. Ulangi siklus ini 7 kali.

Baca juga Waspadai Stres Jangka Pendek Kurangi Daya Ingat

Makanan Otak

Menurut ayuverda, makanan tertentu dapat menguatkan ingatan, antara lain ubi jalar, okra, bayam, jeruk, wortel, susu, tapioka, almond.

Detoksifikasi Tubuh Dan Pikiran

Diet 5 hari masakan kitchari, sejenis nasi dan kacang-kacangan (bean) bisa membersihkan sistem tubuh dari residu racun, yang dapat melemahkan ingatan dan menyebabkan penyakit. Resep kitchari: cuci 1 cup beras basmati dan 1 cup kacang hijau kupas dua kali. Tambahkan 1 genggam kecil irisan daun ketumbar ke dalam 6 cup air.

Masukkan beras dan kacang hijau. Rebus 5 menit sambil sesekali diaduk. Kecilkan api, dan masak dengan panci setengah tertutup selama 25 sampai 30 menit. Makan kitchari dengan irisan daun ketumbar segar dan 1 sendok teh ghee, sejenis mentega india, 3 kali sehari selama 5 hari untuk membersihkan tubuh dan pikiran.

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong