Statistika vs Statistik

12 June 2024 13:52:06 Dibaca : 222

Penggunaan statistik dalam penelitian berperan sebagai alat bantu untuk menganalisis data. Statistik dapat ditemukan di mana saja. Google, YouTube, Tik Tok, Mobile Legends dan lain sebagainya merupakan contoh aplikasi yang memiliki statistik.

 

Apa itu statistik?

Secara umum statistik dapat diartikan sebagai kumpulan data atau datum-datum yang menjelaskan tentang sesuatu, misalnya kita sering mendengar statistik pertandingan sepak bola yang berarti terdapat kumpulan informasi, data, dan keterangan yang menjelaskan tentang pertandingan sepak bola beberapa klub/tim.

 

Apakah berbeda dengan statistika?

Statistika sendiri dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara pengumpulan, pengelompokan, penyajian, analisis dan interpretasi data. Statistika bermanfaat sebagai ilmu untuk membantu mengambil keputusan yang lebih efektif.

 

Apa hubungannya?

Ibaratnya seperti contoh ini :

Ibu menggunakan pisau untuk mengupas apel

  • Ibu : subjek/pengguna
  • Pisau : alat
  • Apel : objek/data

Ibu dapat mengupas apel tersebut dengan menggunakan sebuah pisau akan tetapi dibandingkan dengan alat pengupas khusus apel tentu saja akan lebih efektif. Dalam konteks ini apel sebagai objek dan tujuan ibu sebagai pengguna dapat menjadi penentu pisau apa yang cocok untuk digunakan.

 

Dari contoh tersebut dapat disimpulkan saya selaku peneliti dapat memilih/menentukan metode analisis apa yang akan saya gunakan terhadap data yang saya miliki. Jadi statistika berdiri sebagai penyedia ilmu pengetahuan dalam menentukan alat statistik yang harus saya pilih agar hasil yang diperoleh nantinya lebih efektif.

 

  • Istilah statistik biasanya disandingkan dengan klasifikasi objek penelitian, oleh karenanya kita biasanya mendengar/membaca statistik kesehatan, statistik ekonomi, statistik kependudukan dan lain sebagainya. Artinya dalam penelitian tersebut berisi data daripada objek yang diteliti.
  • Istilah statistika biasanya membahas permasalahan ataupun fenomena yang terjadi baik itu statistika deskriptif atau inferensial.

 

Semoga penjelasannya dapat dimengerti dan bermanfaat,,

 

Sementara itu entitas pembaca di suatu dimensi yang lain :

 

Sumber :

Santosa, P.B & Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel ddan SPSS. Andi Yogyakarta

https://telkomuniversity.ac.id/perbedaan-statistik-dan-statistika-manfaat-serta-contohnya/

https://images.app.goo.gl/X5oNxDfAstKqUSmD9

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong