ARSIP BULANAN : February 2013

daya kreativitas mahasiswa

28 February 2013 12:50:20 Dibaca : 13

kewirausahaan diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis. kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan secara umum meningkatkan harkat dan martabat pribadi wirausahawan serta bangsa dan negara, dengan pengetahuan tersebut diharapkan akan semakin banyak warga negara Indonesia khusunya mahasiswa yang terjun dalam dunia usaha, namun perlu diperhatikan dalam berusaha harus mengedepankan kejujuran, sehingga apa yang dihasilkan dapat bermanfa’at bagi masyarakat luas.

Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha yaitu Percaya diri, Berorientasikan tugas dan hasil, Berani mengambil risiko, Kepemimpinan, Berorientasi ke masa depan, Jujur dan tekun

Sifat-sifat seorang wirausaha adalah Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik ddan memiliki inisiatif. Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan. Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun. Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas. Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan. Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

kualitas diri

28 February 2013 08:12:41 Dibaca : 17

pada hari rabu tanggal 20 februari 2013, kami anak-anak bidikmisi penghuni rusunawa seperti biasa menerima materi tentang softskill. pemberi materi pada waktu itu adalah Bapak Udin Hamim selaku direktur PKM Universitas Negeri Gorontalo.

materi softskill yang disampaikan oleh Bapak Udin Hamim adlah mengenai kualitas diri. orang yang sukses adalah orang yang memiliki percaya diri, manajemen waktu, dan bertanggung jawab. kita sebagai seorang mahasiswa harus menanamkan percaya diri dalam diri kita, agar tidak ragu-ragu melangkah dan bersifat positif.

manajemen diri dilakukan melalui perencanaan kedepannya untuk menentukan langkah kita dan harus bertanggung jawab dalam pekerjaan apapun. meraih sukses tidklah gampang, butuh perjuangan dan kesabaran. dalam diri kita seharusnya hilangkan sifat sombong. olehnya itu dekatkanlah diri kita dengan ALLAH SWT, kedua orang tua, dan masyarakat sekitar agar kita bisa dengan mudah merih kesuksesan yng kita inginkan.

 

SEMANGAT TY  ^_^

kekerasan dalam rumah tangga

27 February 2013 07:44:46 Dibaca : 13

UUD No. 23 tahun 2004 mengatur tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (di mulai daari ayah sampai pembantu RT). Kekerasan Dalam Rumah Tangga terbagi menjadi 2 yaitu KDRT secara fisik dan KDRT secara psikis. contoh dari KDRT Psikis yaitu orang tua bertengkar di hadapan anak. jika orang tua bertengkar, seharusnya jauhb dari hadapan anaknya. jika bertengkar dihadapan anak kemudian tidak ada pukulan (emosional) dari orang tua maka bukan di sebut KDRT  sedangkan contoh KDRT fisik yaitu majikan menyiksa dan memukul pembantunya.

jika kita sebagai anak merasakan KDRT, kita bisa melaporkan kepada polisi karena jika umur kita masih 18 tahun, masih termasuk dalam konteks perlindungan anak dan bisa juga melaporkan ke KOMNAS HAM.

Pembantu rumah tangga juga wajib melaporkan majikannya jika mengalami KDRT. Perlindungan KDRT adalah adalah aduan atau laporan dari korban. ketika melapor jika ada perpanjangan masih ada jalan kekeluargaan atau mediasi. Dari ancaman fisik dan psikis yaitu 4 tahun penjara. hukum tujuannya untuk menyelesaikan masalah bukan memperbesar masalah.

pengertian kesenian

27 February 2013 07:31:34 Dibaca : 32

Kesenian merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Sedangkan menurut pengertian awam, seni adalah keindahan yang diciptakan oleh manusia. Bunga mawar yang indah bukan suatu karya seni, tetapi jika bunga tersebut dilukis maka lukisan tersebut merupakan sebuah karya seni. Ki Hajar Dewantara memberi batasan yang lebih luas lagi dengan pendapatnya, bahwa seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.
Seni dapat lahir dan berkembang karena pada umumnya manusia senang pada keindahan. Sampai dengan sekarang telah terdapat banyak macam seni yang dapat dikelompokkan menjadi beberapa cabang seni. Pengelompokkan tersebut berdasarkan pada media yang dipakai untuk mengungkapkannya.
Macam-macam cabang seni adalah:
1. Seni suara, yaitu seni yang diungkapkan dengan media suara. Misalnya seni musik, seni vokal, seni baca Al Qur’an.
2. Seni gerak, yaitu seni yang diungkapkan dengan media gerak. Misalnya seni tari, seni pantomim, senam irama.
3. Seni sastra, yaitu seni yang diungkapkan dengan media bahasa. Misalnya seni prosa, seni puisi.
4. Seni rupa, yaitu seni yang diungkapkan dengan media rupa. Misalnya seni lukis, seni patung, seni bangunan.
5. Seni drama, yaitu seni yang memperagakan suatu cerita dengan media suara, gerak dan rupa. Misalnya seni lenong, seni ludruk, seni opera.

Pada waktu dulu penciptaan karya seni juga banyak terpengaruh oleh bentuk-bentuk alam, di samping faktor keindahan. Hal itu tampak jelas terutama pada karya-karya seni rupa. Pada zaman modern sekarang, karya-karya kontemporer (masa kini) lebih mengutamakan pada ide atau gagasan baru, ujudnya tampak lebih bebas bahkan banyak yang tidak berujud bentuk alam atau abstrak. Kadang-kadang juga tidak menunjukkan adanya keindahan, tetapi tetap dapat menyentuh rasa.

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/arts/2175619-pengertian-kesenian/#ixzz2M3E0ABbc

 

etika pergaulan mahasiswa

27 February 2013 07:09:10 Dibaca : 14

I. ETIKA
Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah "Ethos", yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu "Mos" dan dalam bentuk jamaknya "Mores", yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.

II. ETIKA PERGAULAN MAHASISWA
Etika pergaulan mahasiswa yang sesuai dengan PP 60 tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Tinggi, diwujudkan dengan diberlakukannya tata tertib kehidupan kampus, tata tertib ujian, ketentuan-ketentuan pemilihan lembaga kemahaiswaan yang prinsipnya mengatur tentang perilaku mahasiswa guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan tinggi seperti yang diisyaratkan di dalam PP 60 tahun 1999 tersebut.

UUD No. 12 Tahun 2012 yaitu mengikat mahasiswa. Faktor Kunci Keberhasilan Mahasiswa dalam Belajar
Perlu diingat bahwa tugas mahasiswa adalah belajar. Untuk mencapai keberhasilan, maka perlu diketahui faktor-faktor yang menjadi kunci yakni :

1). Atribut Individu
Atribut individu / mahasiswa adalah karekteristik yang dimiliki oleh setiap mahasiswa yang menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Ada tiga karakteristik yang melekat dalam setiap mahasiswa dengan
proporsi yang berbeda-beda yakni :
a. Karakteristik Demografi seperti umur dan jenis kelamin;
b. Karakteristik Kompetensi seperti kecerdasan dan kemampuan;
c. Karakteristik Psikologi seperti nilai, perilaku dan kepribadian.

2). Keinginan Kerja
Keinginan kerja ini artinya keinginan untuk belajar, karena tugas mahasiswa adalah belajar. Selain itu juga harus ada motivasi, baik dari dalam maupun dari luar. Motivasi dari dalam berasal dari diri sendiri untuk berhasil dalam rangka menyongsong masa depan yang lebih baik. Motivasi dari luar berasal dari luar diri sendiri baik berasal dari orang tua atau dari pihak lain.

3). Dukungan Organisasi
Dukungan organisasi adalah segala sesuatu yang mendukung kepada mahasiswa untuk memaksimalkan hasil dari belajar. Untuk mencapai hasil yang optimal, maka ketiga faktor tersebut harus dimaksimalkan.

4). Memilih Teman
Penyesalan biasanya datang terlambat. Ini banyak dialami mahasiswa yang merasa "tertipu" oleh dirinya sendiri karena salah memilih teman bergaul.Jangan Mudah Mengeluh
Orang yang sering berkeluh-kesah menandakan kurang memiliki kemampuan.d. Kembangkan

5). Gairah Membaca dan Menulis
Gunakan waktu-waktu senggang untuk membaca dan menulis yang berkaitan dengan tugas belajar.

6). Jauhkan Sifat Sombong
Tidak ada satupun manusia yang segala kemampuannya melebihi orang lain.

7).Miliki Target-terget Pribadi
Biasakan memiliki target-target pribadi, misalkan, di semester depan IPK saya harus naik, di tahun kelima saya harus bisa membuka usaha di bidang informatika, dan sebagainya.

 

Sumber : http://meandmyheart.files.wordpress.com/2010/10/makalah-etika-pergaulan.pdf

 

SEMANGAT TY ^_^

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong