Percobaan Difusi dan Osmosis Berdasarkan Pada Solanum Tuberosum, Sifat Zat dan Konsentrasi Larutan Berbeda

28 September 2024 09:15:34 Dibaca : 15

A. Judul

 

Percobaan Difusi dan Osmosis Berdasarkan Pada Solanum Tuberosum, Sifat Zat dan Konsentrasi Larutan Berbeda

 

B. Tujuan

 

Untuk mengamati proses terjadinya difusi dan osmosis

 

C. Alat dan Bahan

 

Alat:

 

Bahan:

 

 

 

D. Prosedur Kerja 

 

 

 

E. Hasil Pengamatan 

 

Difusi:

 

 

Osmosis:

 

 

 

F. Pembahasan 

 

Difusi adalah proses pergerakan molekul zat secara acak dari area yang berkonsentrasi tinggi ke area yang berkonsentrasi rendah. Osmosis adalah salah satu bagian dari difusi, yaitu perpindahan air dari larutan yang berkonsentrasi rendah ke larutan yang berkonsentrasi tinggi melalui membran semipermeabel. 

 

Pada saat terjadinya difusi proses pengadukan pada CuSO4 dan larutan eosin dapat mempercepat pencampuran antara air dan dua zat tersebut di karenakan adanya tekanan pada kedua larutan tersebut yang memicu perpindahan zat lebih cepat.sedangkan yang tidak di aduk mengalami proses difusi yang lambat karena tidak ada bantuan  tekanan yang diberikan.

 

 

Osmosis merupakan perpindahan molekul dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah melalui membran semipermeabel. pada saat kentang di rendam melalui larutan NaCL kentang mengkerut. Hal ini karena air yang berada di dalam kentang berpindah kelarutan NaCL. saat itulah terjadinya proses hipertonis. sedangkan saat kentang direndam pada larutan aquadest kentang memanjang dan bertambah berat. Hal ini karena pada saat kentang di rendam, air yang berada diluar kentang masuk ke dalam kentang melalui membran selektif. saat itulah terjadi hipotonis.

 

Dokumentasi 

 

proses pengukuran kentang sebesar 2cm.

 

proses penimbangan pada kentang.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong