Pernah ga sih dapat pesan singkat dari teman dengan tulisan jepang?

Just for information nih bahwa Jepang itu menggunakan 3 jenis huruf yang berbeda. 

Pertama huruf hiragana yang digunakan untuk menulis kata dalam bahasa Jepang, kedua huruf katakana yang penggunaannya hampir sama dengan huruf hiragana, tapi huruf katakana lebih sering digunakan untuk menulis nama orang asing, kata serapan dalam bahasa jepang, nama negara asing dan juga kata-kata tiruan bunyi dalam bahasa jepang atau disebut onomatope, Ketiga adalah huruf kanji yang digunakan untuk mempersingkat kata tertentu.

Cara Setel Keyboard Jepang Di Android

Membuat tulisan dengan huruf hiragana atau katakana dengan keyboard HP emang bisa? Jawabannya bisa, kamu hanya perlu melakukan beberapa setelan di handphone untuk dapat mengatifkan keyboard huruf jepang.

Baca Selengkapnya

Pada saat apa kamu mendengar istilah oditur? Atau mungkin kamu masih bingung dengan istilah oditur. Bagaimana dengan istilah Jaksa? Familiar bukan? Tentu saja kamu pasti mendengar kata jaksa.

Apa Itu Oditur Militer?

 

Apa hubungannya Oditur dan Jaksa?

Nah penulis kembali menghadirkan tulisan tentang hukum, kali ini terdapat istilah oditur dan oditurat yang kemudian saya sandingkan dengan istilah Jaksa

Bingung? Oke mari kita bahas lebih sederhana

Oditur adalah pejabat yang bertugas melakukan penuntutan terhadap anggota militer yang melakukan tindakan melawan hukum, kaitannya dengan istilah Jaksa yang juga memiliki tugas yang sama hanya saja perbedaan antara keduanya adalah ranah sipil dan militer. Jika jaksa berwenang menuntut seorang warga sipil di hadapan sidang, maka oditur memilik tugas untuk menuntut di lingkungan peradilan militer.

Oditurat sendiri adalah lembaga yang sama dengan Kejaksaan, Oditurat merupakan lembaga atau badan yang ada dilingkunga Tentara Nasional yang menjalankan kewenangan negara dibidang penuntutan penyidikan.

Baca Selengkapnya

Beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada kini tengah mempelajari beberapa kasus yang diduga dan dikonfirmasi sebagai cacar monyet di negaranya. Informasi ini dihimpun dari keterangan otoritas kesehatan dan laporan media lokal.

Kasus terbaru penyakit ini dilaporkan muncul di Prancis, Italia, dan Swedia. Sebelumnya kasus serupa dikonfirmasi terjadi di AS, Spanyol, dan Portugal, Rabu (18/05). Kanada juga tengah menyelidiki 13 kasus yang cacar monyet. 

Cacar monyet (monkeypox) biasanya paling sering terjadi di daerah terpencil di Afrika bagian tengah dan barat. Kasus-kasus penyakit ini di negara lain sering dikaitkan dengan perjalanan pasien ke wilayah Afrika. 

Cacar monyet adalah infeksi virus langka yang biasanya memiliki gejala ringan. Kebanyakan orang yang terinfeksi umumnya sembuh dalam beberapa minggu, menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris. 

Baca Selengkapnya

Siapa nih yang suka kesulitan dalam membuat makalah untuk tugas kuliah? Mahasiswa atau akademisi pasti tidak asing dengan istilah bentuk tulisan yang satu ini.Makalah sebagaimana artinya yaitu tulisan mengenai suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibaca di muka umun, di dalam sidang, atau dengan tujuan untuk diterbitkan.

Berbagai macam jenis makalah ditulis dan dipublikasikan di muka umum dengan latar atau alasan dibalik penulisan yang tentu berbeda

Nahh untuk kamu yang notabene adalah seorang mahasiswa, pastinya sering mendapat tugas untuk membuat makalah tentang suatu hal yang berkaitan dengan perkuliahan.

Ditengah pandemi pembelajaran online pun sering dilakukan, dosen yang terkadang hanya menjelaskan bagian terkecil dari pelajaran mengharuskan mahasiswa menjadi mandiri lewat tugas yang diberikan. Dengan tugas makalah tersebut, mahasiswa diharapkan dapat melakukan pendalaman materi secara mandiri.

Makalah antar jurusan bidang studi tentu berbeda, akan tetap dalam hal penyusunan tidak begitu memiliki perbedaan karena memang struktur makalah tidak begitu rumit

Baca Selengkapnya

Wujud Penghambaan Kepada Tuhan Semesta Alam

21 May 2022 09:36:13 Dibaca : 13

Setiap usaha dan perbuatan yang kita lakukan di dunia ini tidak terlepas dari takdir dan ketentuan Zat yang Maha Kuasa, Tuhan Seluruh Alam Allah Subhanahu wa ta'ala.Sebagai seorang Muslim yang secara mutlak dan sadar menyerahkan diri kepada Tuhannya, ikhlas dan ridho dengan segala ketentuan atas dirinya adalah tegakknya tauhid.

Apa pun yang kita impikan tentu harus memulai dengan ucapan Bismillah yang memiliki makna dengan nama Allah, hal ini merupakan bentuk lisan dan perbuatan yang sadar bahwa kemudahan akan tindakannya hanya datang dari Allah SWT.

Bagaimana bisa kita tidak menyerahkan segala urusan kita kepada sang pemilik segala urusan, dengan begitu kita akan lebih pasrah dan ikhlas atas segala hal yang akan terjadi. Tugas kita hanyalah berusaha sebanyak mungkin, untuk keberlanjutan dan hasil tentu kita harus serahkan kepada pemilik segala urusan.

Ketika tidur dimalam hari, kita mengucapkan bismillah sebagai wujud keikhlasan mati karena Allah, loh kenapa penulis sebut tidur adalah mati?

Allah SWT dalam surah Az Zumar ayat 42, berfirman

Allahu yatawaffal anfusahiina mautihaa wallatii lam tamutu fii mannamihaa, fayumsikul latii qadha a'laihaal mauta wa yursilul ukhraa ilaa ajalin musamma. Inna fii dzalika la ayyatil qaumim yatafakkaruun

Artinya : “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.”

Ayat ini mengisyaratkan adanya 2 jenis kematian yakni kematian kecil dan besar, nah kematian kecil itulah yang dimaknai dengan tidur.

Baca Selengkapnya