7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Bokeh Paling Canggih

19 March 2021 05:53:13 Dibaca : 36

Membuat video bokeh tentu saja bisa dilakukan oleh semua orang, baik pemula maupun profesional. Ini dia aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Menggunakan perangkat mobile untuk videografi memang kurang bisa memberikan hasil yang maksimal. Namun Anda masih tetap bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi video bokeh untuk menghasilkan footage layaknya seorang profesional.

Sayangnya, kebanyakan aplikasi edit video berukuran besar dan berat untuk dijalankan di Android. Pemilik ponsel low-end dengan spesifikasi pas-pasan mungkin akan merasa tidak nyaman karena hal tersebut. Oleh karena itu, di artikel ini akan ada daftar rekomendasi aplikasi video yang lebih ringan.

Lihat : https://merkbagus.id/bokeh/

Daftar Rekomendasi Aplikasi Video Bokeh

1.     DSLR HD Camera – 4K HD Camera Ultra Blur Effect

Ketika Anda membaca namanya saja, mungkin sudah terbayang bagaimana video yang dihasilkan oleh aplikasi ini. Ya, DSLR HD Camera – 4K HD Camera Ultra Blur Effect bisa menghasilkan video dengan efek blur atau bokeh berkualitas 4K.

Umumnya, kamera bawaan Android hanya mampu menghasilkan video dengan resolusi HD. Namun dengan DSLR HD Camera – 4K HD Camera Ultra Blur Effect, Anda bisa menghasilkan video dalam resolusi yang lebih tinggi.

Dijamin video tersebut akan tampak lebih tajam, tidak pecah ketika diperbesar, dan terlihat lebih profesional. Fitur yang dimiliki oleh DSLR HD Camera – 4K HD Camera Ultra Blur Effect juga sangat lengkap dan toolsnya mudah dipahami, bahkan oleh pemula.

Jika Anda berminat untuk install aplikasi DSLR HD Camera – 4K HD Camera Ultra Blur Effect, klik saja link berikut ini.

https://teknosentrik.com/video-bokeh/

2.     Cameringo Lite - Filter Camera

Ingin punya aplikasi edit video yang bisa menghasilkan efek bokeh namun punya ukuran file yang kecil? Jika Anda membutuhkan dua hal tersebut, pilihan yang tepat adalah Cameringo Lite - Filter Camera.

Aplikasi tersebut bisa Anda download secara gratis di Playstore dan mungkin Anda akan terkejut setelah tahu ukuran file. Cameringo Lite - Filter Camera hanya memiliki ukuran file sebesar 6 MB. Anda bahkan hanya memerlukan waktu beberapa detik untuk mendownload aplikasi tersebut.

Salah satu keunggulan dari aplikasi super ringan ini adalah fitur pengaturan fokus manual. Fitur ini paling bisa diandalkan untuk membuat bokeh semakin alami dan tajam seperti hasil dari kamera DSLR.

Tak hanya pengaturan fokus, Cameringo Lite - Filter Camera juga memberikan keuntungan lain kepada penggunanya yaitu detail warna yang lebih baik dibandingkan aplikasi kamera bawaan Android. Tone warna yang dihasilkan oleh kamera ini mendekati aslinya.

Untuk mendapatkan aplikasi Cameringo Lite - Filter Camera, klik link di bawah ini:

https://rollingstone.co.id/bokeh-full-video/

https://daftarpaket.co.id/bokeh/

3.     Bacon Camera

Aplikasi video bokeh yang selanjutnya sangat disukai oleh anak-anak muda karena bisa menghasilkan video dengan resolusi tinggi. Seperti yang sudah Anda ketahui, video resolusi tinggi merupakan kebutuhan utama untuk media sosial saat ini.

Bacon Camera memberikan hasil bokeh pada video dengan sangat alami. Meskipun efek bokeh dihasilkan oleh rekayasa software, namun Bacon Camera mampu membuatnya menjadi sangat soft sehingga video seperti diambil menggunakan kamera profesional.

Semua tools yang ada di dalam aplikasi Bacon Camera mudah dimengerti karena tidak menggunakan istilah yang sulit. Bacon Camera bisa didapatkan secara gratis melalui Playstore. Link downloadnya ada di bawah ini.

https://www.dosenpendidikan.co.id/bokeh/

Jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi perekam video selain kamera utama untuk pertama kali, jangan khawatir. Bacon Camera menyediakan tutorial penggunaan untuk user baru.

4.     CK47 4K Video Recorder

CK47 4K Video Recorder adalah salah satu aplikasi di Playstore yang bisa menghasilkan video dengan efek bokeh dengan perpaduan video dan audio yang sangat pas. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat ringan serta user interface yang sangat simple dan mudah dipahami oleh siapa saja.

Meskipun ukuran filenya sangat ringan dan tampilannya begitu sederhana, CK47 4K Video Recorder tidak bisa diremehkan sama sekali. Aplikasi ini sering disebut sebagai kecil-kecil cabai rawit.

Bagaimana tidak, video yang direkam dengan CK47 4K Video Recorder memiliki efek bokeh yang sangat rapi dan semua objek yang direkam tampak begitu hidup dan nyata. Tak hanya itu, aplikasi CK47 4K Video Recorder juga punya fitur noise cancelation.

Ini dia link download untuk aplikasi CK47 4K Video Recorder.

https://www.gurupendidikan.co.id/bokeh/

5.     Camera MX

Aplikasi Camera MX sudah sangat terkenal di kalangan pengguna Android yang hobi fotografi. Pasalnya, kamera ini menyediakan pengaturan atau konfigurasi manual yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Rupanya, aplikasi ini tak hanya bisa diandalkan untuk urusan fotografi. Urusan videografi pun bisa diatasi dengan kamera ini. Bahkan Camera MX juga bisa menghasilkan efek video bokeh seperti kamera DSLR atau mirrorless.

Selain menyediakan efek bokeh, Camera MX juga telah dibekali dengan stabilizer. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika tidak memiliki tripod atau gimbal karena video yang direkam dengan Camera MX sudah sangat stabil.

Tak hanya sampai di situ, Video MX juga sangat bersahabat untuk videografer yang menyukai efek sinematik. Video MX mendukung mode slow motion.

Link download Camera MX ada di bawah ini.

https://www.ilmubahasainggris.com/bokeh/

https://www.kuliahbahasainggris.com/bokeh/

6.     After Focus

Pilihan aplikasi untuk menghasilkan video bokeh berikutnya adalah After Focus. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang sudah biasa menggunakan kamera profesional. Pasalnya, After Focus juga menyediakan aneka tools yang biasa di ada di kamera profesional.

Pengguna bisa memilih area fokus sesuai dengan keinginan menggunakan fitur manual focus. Dengan begitu, objek video bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Di dalam aplikasi juga terdapat banyak filter yang bisa diaplikasikan secara langsung . Fitur ini akan sangat membantu karena Anda hanya butuh waktu singkat untuk proses editing. Jika ingin download dan install After Focus, klik link yang ada di bawah ini.

https://duniapendidikan.co.id/video-bokeh-full/

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/bokeh/

https://www.dulurtekno.co.id/bokeh-full/

https://memphisthemusical.com/bokeh/

7.     Blur Video

Rekomendasi aplikasi yang bisa Anda pakai untuk menghasilkan video berefek bokeh adalah Blur Video. Di dalam aplikasi Blur Video terdapat berbagai pilihan efek blur. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan video.

Dari banyaknya efek blur yang dimiliki oleh aplikasi Blur Video, Freestyle Blur dan Fun Blur menjadi yang paling banyak digunakan. Jadi, Anda bisa menentukan sendiri area mana yang akan diberi efek blur ketika perekaman video.

Selain itu, Blur Video juga menyediakan berbagai resolusi atau ukuran video untuk para penggunanya. Anda bisa memilih resolusi video sesuai kebutuhan, mulai dari kualitas video SD, HD, sampai UHD.

Kalau tidak ingin video tampak pecah ketika dibagikan ke platform media sosial seperti Instagram dan Youtube, sebaiknya pilih resolusi HD untuk video tersebut.

Meskipun video yang diunggah di Instagram kerap mengalami penyusutan kualitas, video tidak akan pecah kalau Anda menggunakan resolusi paling tinggi. Blur Video tersedia di Playstore dan bisa didownload secara gratis. Supaya lebih mudah, klik link berikut ini.

https://officialjimbreuer.com/video-bokeh-museum/

https://ngelag.com/video-bokeh-museum/

https://voi.co.id/bokeh/

https://pss-sleman.co.id/video-bokeh-museum/

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa semuanya bisa diandalkan untuk membuat video dengan efek bokeh. Ukurannya juga ringan sehingga tak membebani Android. Dari tujuh aplikasi kamera yang bisa menghasilkan video bokeh di atas, manakah yang akan Anda pilih?

Download GB Whatsapp Apk Mod Terbaru Anti Banned (Pro)

19 March 2021 05:45:08 Dibaca : 50

Salah satunya program chat yang dapat dicoba buat menukar WhatsApp merupakan GBWhatsapp. Betul-betul sama, tetapi GBWhatsApp jauh semakin menarik lantaran spek unggulnya

Program GBWhatsApp dirasa punyai banyak keunggulan dibanding dengan terapan WhatsApp sah atau orisinal nya. Letak ketidakcocokan itu di sisi speknya yang lebih unik. Bahkan juga tidak bisa dijumpai pada WhatsApp biasa.

Alamiah saja apabila keunggulan ini bikin terapan WhatsApp GB makin banyak pemakainya. Bila Anda belum sempat memakai terapan WhatsApp GB ini, pastinya dapat cobanya. Rasakan kesan gunakan WhatsApp yang diberi dengan spek komplet.

Lihat : https://www.gurupendidikan.co.id/gb-whatsapp-apk/

Kupasan GB Whatsapp

WhatsApp GB sebagai modifikasi berasal dari WhatsApp biasa atau whatsApp standard dan dibentuk secara eksklusif. WhatsApp modifikasi ini telah dilengkapi dengan beragam feature yang unik serta kelebihan.

Hingga saat memakai WhatsApp mod ini banyak pemakainya dapat merasai ketaksamaan yang paling mencolok dengan Whatsapp standard. Dari sisi segi khusus, WhatsApp GB benar-benar amat difavoritkan dan punya jumlah pecinta yang mengagumkan.

Lihat : https://rollingstone.co.id/gb-whatsapp-apk/

Ketidaksamaan Whatsapp Biasa dengan GB Whatsapp

Kalau dari sisi speknya memanglah terlalu beda jauh, lantaran terapan faksi ke-3 ini telah dilaksanakan inovasi. Buat data selengkapnya sekitar perbedaan di antara GBWhatsApp dengan Whatsapp biasa, silaHkan baca perbedaan berikut:

1. WA GB

• Fitur panjang kepribadian bisa sampai sampai 255 sifat. • Pengguna dapat share document sekalian sekitar 100 naskah. • Berbagai media 50mb.• Menyembunyikan pesan dilihat. • Sudah siap tersedia penulisan posisi dari contact yang ada pada WhatsApp. • Tersedia pelbagai document txt, PDF dan lainnya. • Tersedia bahasa yang ditunjang sekitar 130. • Tersedia pengantaran pesan kosong. • Tersedia perubahan topik.

Lihat : https://voi.co.id/gbwhatsapp/

WA Sah

• Panjang watak 139 kepribadian. • Berbagai document 30 document. • Berbagai media senilai 15 MB. • Tidak dapat menyembunyian paling akhir disaksikan. • Tidak dapat mengopi status. • Tidak siap pelbagai naskah txt serta PDF. • Bahasa yang ditopang cuman 45. • Tidak siap pengantaran pesan kosong. • Tidak siap mengganti objek.

Lihat : https://www.dosenpendidikan.co.id/whatsapp-gb/

Kelebihan GBWhatsApp

Kelebihan WhatsApp GB ini berada pada bagian segi penataan khusus. Oleh karena ada setting pribadi yang lebih terjaga, karena itu secara automatic bisa memaksimalkan penataan individu untuk banyak pemakainya sama kepentingan.

Berikut kelebihan atau kelebihan yang ada di WhatsApp modifikasi ini salah satunya: 1. Mengganti Font Terapan WhatsApp GB ini siapkan banyak font yang bisa disinkronkan dengan hasrat. Sampai metode penyusunannya juga tidak begitu sulit. Anda cukup hanya memutuskan di sisi seting seterusnya click change app font.

Lihat : https://teknosentrik.com/gb-whatsapp/

Dari sana Anda akan mendapati pelbagai opsi font yang dapat Anda putuskan, lantas click loat font. Penampilan font yang memikat dan antik bakal buat gadget jadi tidak menjenuhkan di saat dipakai untuk chatting.

2. Pengiriman Pesan Secara Teragendakan Program WhatsApp modifikasi ini pun menyiapkan pesan terencana yang paling menolong untuk pemakainnya. Feature ini pastinya amat sesuai buat Anda model orang yang simpel lupa. Langkah menghidupkan spesifikasi ini ialah:

• Klik sisi tanda yang ada di sudut bawah kanan. • kemudian Anda bisa pilih nomor yang menerima. • Selanjutnya Anda disuruh buat melaksanakan pengisian pesan yang mau diungkapkan. • Pilih waktu pengantaran bersama-sama tanggal. • Langkah paling akhir cukup hanya click agenda.• Secara automatis pesan sukses diskedulkan.

Lihat : https://pendidikan.co.id/gb-whatsapp-pro/

3. Mengganti Objek

Gunakan beberapa opsi topik menarik tentunya jadi idola banyak pemakai Whatsapp. Penampakan Whatsapp biasa memang itu-itu saja dan topiknya juga terlalu minim. Maka banyak pemakainya yang berasa jemu dengan penampakan yang monoton.

Tidak sama dengan GB Whatsapp yang memberinya pelbagai opsi obyek buat ganti wallpaper. Trik perubahan topik adalah:

• Klik sisi tiga titik pada halaman pokok. • Setelah itu click seting serta putuskan ambil themes. • Secara automatic bakal ada bermacam alternatif objek yang bisa Anda ambil. • Tentukan topik yang bagus sesuai keinginan. • Untuk cara paling akhir click apply bila sudah percaya dengan objek yang Anda putuskan itu.

Unduh

Type program :WhatsApp MODVersus sekarang : GB WhatsApp V 14.21.0Last Up-date : 25 Februari 2021Ukuran : 39.1 MBPenting Android versi : 4.4 ke atasLink Unduh : https://duniapendidikan.co.id/gb-whatsapp-pro-apk/

Teknik Instal

• Silahkan mengunduh WhatsApp GB terlebih dulu. • Lalu ceklis sisi alternatif terapan unknown source atau sumber tidak dikenali. • Buka sisi file manajer di hp APK GBWhatsApp yang telah terdownload. • Klik install. • Jika telah sukses 100%, silakan membuka program. • Langkah seterusnya login gunakan WhatsApp account yang telah dipunyai. • Proses usai.

Lihat : https://ngelag.com/gb-whatsapp-apk/

Metode Memanfaatkan Whatsapp GB Lantaran ada feature yang sangat bagus pada WhatsApp GB, jadi Anda bisa lega kerjakan perihal apa saja yang tidak dapat dilaksanakan di program WhatsApp biasa, terutama dari sisi khusus. Terdapat banyak metode yang dapat Anda laksanakan. Sementara jalannya juga sangat simple.

Apabila Anda bingung, silakan mengikut langkah berikut:

Lihat : https://pengajar.co.id/gbwhatsapp-apk/

1. Menyembunyikan Posisi Typing Anda dapat menghidupkan feature berbentuk status typing ini di saat pengin mengelak chat satu orang. Buat tekniknya seperti berikut ini: • Klik sisi ikon 3 titik pada sudut kanan atas. • Setelah itu tentukan sisi menu fouad mod. • Jika udah ada di halaman WhatsApp GB seting, putuskan privasi and security. • Scrool sampai mendapati sisi chat. • Lalu putuskan menu kontak. • Langkah paling akhir contreng pada bagian pilihan hide typing. • Kemudian pencet tombol OK 2. Menghilangkan Cheklist Dua • Silahkan masuk ke dalam sisi menu privasi and security. • Lalu putuskan hide second tick ataupun hide bluetick. • Jika Anda memutuskan hide second tick, karena itu pengirim tetap masih dapat menyaksikan pemberitahuan cheklist biru di waktu Anda udah membaca pesannya. Tapi si yang menerima belum membaca pesan yang diantar itu. Karenanya pemberitahuan dari pengirim masih contreng satu. 3. Cara Membaca Chat Yang Telah Dihapus • Silahkan masuk ke dalam sisi menu privasi and security. • Klick toggle. • Setelah itu tentukan anti delete message. • Kemudian Anda bisa membaca sisi pesan atau chat yang telah dihapus oleh pengirim nya. Sementara feature ini tidak bisa bekerja pada chat yang udah terhapus saat sebelum Anda menghidupkan spek anti delete ini. 4. Mematikan Hubungan Internet • Klik sisi simbol airplane model yang ada pada sisi halaman atas. • Kemudian secara automatis akan tampil berwujud diskusi verifikasi. • Lalu pencet tombol OK. • Apabila udah, karena itu GB WhatsApp ada pada situasi off line. • Anda bisa memanfaatkan akses internet itu buat beragam soal. Seperti lihat streaming pada program lain atau lakukan searching. 5. Mengganti Obyek • Tab simbol tiga titik disudut kanan atas. • Lalu tentukan fouad mod. • Masuk ke sisi halaman GB seting. • Lalu putuskan menu FM themes. Pada babak ini Anda diminta untuk menunjuk ambil FM themes.• Lalu putuskan obyek GB WhatsApp persis yang Anda kehendaki. • Apabila telah mendapatkan obyek sama yang Anda gemari, click sisi tombol install. • Langkah paling akhir hanya click OK saja.

Tidaklah mengherankan apabila GB Whatsapp ini lebih banyak disasar banyak para milenial. Tetapi sayang program ini benar-benar tak ada di Google Play Store. Walaupun begitu, Anda tak perlu cemas lantaran bisa mengunduhnya lewat link yang bakal disiapkan di atas.

INTEROPERABILITAS

31 May 2015 22:29:58 Dibaca : 981

Nama : INDRIANI HULIMA

NIM : 521414015

INTEROPERABILITAS

A.Sejarah Interoperabilitas

Sejarah Inter opera bilitas di Indonesia

Secara teknologi Interoperabilitas sendiri sebenarnya telah dikenal secara luas di Indonesia,namun karena bersifat Back Engine Maka End User tidak begitu aware akan adanya Interoperabilitas ini. Di dunia perbankan, pertukaran antar sistem Informasi ditunjukkan dalam bentuk pertukaran dana antar bank melalui Sistem Informasi perbankan dan atau melalui ATM,hal yang sangat umum dilakukan masyarakat sehari-hari. Sedangkan di Web, Interoperabilitas telah muncul dalam bentuk yang lebih kompleks, yaitu cloud computing. Sebagai contoh, dengan Google API, kita dengan mudah memasukkan posisi pada Google mapdan menampikannya pada web kita, dimana ini adalah salah satu contoh interoperabilitas.Namun sedemikian hebatnya penetrasi teknologi pertukaran data antar sistem informasiini,amat disayangkan bahwa ternyata Sistem Informasi yang dikembangkan oleh pemerintahan di Indonesia sebagian besarsangat tidak memperhatikan aspek Interoperabilitas ini.Selama ini kebanyakan Sistem Informasi yang dikembangkan oleh instansi pemerintahan hanya dapat memberikan manfaat secara lokal, terutama bagi satker pemilik anggaran pengembanganSistem Informasi tersebut.Sebagai akibatnya, Informasi dasar yang ada pada suatu Sistem Informasi (contoh : Informasi Kependudukan) seringkali menjadi redundan terhadap Sistem Informasi lain dan tidak sinkron.

Informasi (contoh : Informasi Kependudukan) seringkali menjadi redundan terhadap Sistem Informasi lain dan tidak sinkron.Akibat lainnya adalah sulitnya melakukan pertukaran data yang harus melalui proses pengkopian dan penyesuaian data yang panjang dan memakan waktu. Hal ini membuat Tata Sistem Informasi Kepemerintahan di Indonesia carut marut dengan pulau-pulau sisteminformasi yang tersebar dimana-mana. Meskipun demikian, bukan tidak ada Sistem Informasi Kepemerintahan yang ternyata mendukung Interoperabilitas dengan baik. Ambil contoh program National Single Window(NSW) yang dicanangkan pemerintah, datanya mengambil dari Departemen Perindustrian, Bea cukai, Dirjen Postel dan beberapa Instansi lainnya. Namun walaupun mengusung nama National Single Window, Sistem iNSW ini diperuntukkan hanya bagi sistem ekspor impor di indonesia. Dirjen Pajak juga saat ini telah sukses mengembangakan Interoperabilitas untuk pajak hingga dapat digunakan oleh Sistem Informasilainnya, seperti Sistem Informasi Pelelangan (SePP) yang saat ini dipegang oleh KemKominfo, dan beberapa informasilainnya.Namun sayang, sisi layanan publik Nasional lain diIndonesia ternyata belum tersentuh oleh Interoperabilitas. Halini sangat disesalkan, mengingat Pemerintah Daerah punada yang telah sukses memperkuat SIstem Informasi di daerahnya dengan Interopeabilitas sehingga mampu membawa Layanan Publik bersifat satu atap, seperti Jajaran Pimpinan Pemerintahan Jawa Timur yang telah sukses membawa Sistem Informasi pengurusan Kendaraanke level Interoperabilitas antar kota sehingga membawa kemudahan untuk mutasi dan pengurusan kendaaran yang berada di kota yang berbeda dengan kota asalnya di JawaTimur. Menuju ke Sistem Interoperabilitas Nasional bukan perkara gampang.Ada hal yang lebih dalam dari sekedar dukungan teknologi dan jaringan infrastruktur IT. Kultur dalam pemerintahan masih mengedepankan ego Instansi, membuat keseganan dalam pertukaran informasi, apalagi bila tidak didukung dengan dasar hukum yang kuat. Jangankan data digital, saat ini sangat sulit memperoleh data dari satu instansibila ada permintaan dari instansi lainnya. Budaya inilah yang tentunya harus bisa dikikis oleh aparatur negara, dengan tidak mengabaikan prinsip kehati-hatian. Selain itu, harus ada standar pengembangan SistemInformasi di lingkungan Kepemerintahan yang menegaskan mengenai standar Interoperabilitas

B. Pengertian Interoperabilitas

Interoperabilitas adalah dimana suatu aplikasi bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya melalui suatu protokol yang disetujui bersama lewat bermacam-macam jalur komunikasi, biasanya lewat network TCP/IP dan protokol HTTP dengan memanfaatkan file XML. Adapun aplikasi disini boleh berada di platform yang berbeda: Delphi Win32, .NET, Java, atau bahkan pada O/S yang berbeda.

Kata "interoperability" terdiri dari 3 kata, yaitu: "inter" yg artinya antar (beberapa hal), "operate" yg artinya bekerja, dan "ability" yg artinya kemampuan/kebisaan. Sehingga kalo digabung menjadi "inter-opera-bility" kira2 artinya menjadi "kemampuan bekerja antar beberapa hal" atau terjemahan bebasnya kira2 "kemampuan saling bekerja sama antar beberapa hal". Salah satu contoh aplikasi yang punya interoperability adalah aplikasi Web Services, SOA, XML-RPC.

Interoperabilitas menjadi persoalan komplek dalam pertukaran data antar sistem dengan platform berbeda, seperti terjadi pada e-banking dan e-government. Adalah tidak mungkin menyeragamkan format dan skema data pada semua sistem, juga lebih tidak mungkin menyeragamkan sistem, apalagi menggunakan vendor yang sama. Salah satu pendekatan yang diterima adalah standardisasi format data yang dipertukarkan, dan XML memberikan jawaban yang tepat.

XML adalah keturunan SGML, secara genetik bersifat interoperability, seperti saudara tuanya HTML yang telah mengubah dunia berkat sifat interoperabilitasnya. Sementara HTML hanya terbatas pada wilayah browser, XML dilahirkan untuk dikembangkan, sesuai namanya XML dimana X-nya adalah extensible. XML diterima secara luas dan telah memegang peran utama sebagai aktor dalam pertukaran data di web dan di wilayah lainnya, seperti XHTML, RSS, MathML, MusicML, GraphML, SVG, Office Open XML, dan ribuan lainnya.

C.Karakteristik Interoperabilitas

Karakteristik Interoperabilitas berdasarkan level;

-Level hardware:bagaimana perbedaan karakteristik (fisis, elektronis) komponen-komponen hardware dijembatani dalamrangka mewujudkan suatu fungsi/tujuan tertentu.

-Contoh: interaksi antara CPU- RAM –> interoperabilitas diwujudkan dengan cache dan buffer-Level network:bagaimana perbedaan hardware+OS bisa dijembatani, sehingga dua komputer yang berbeda bisa salingberkomunikas

Pendekatan: protokol, standarisasi-Level software:bagaimana menjembatani perbedaan format data dan bahasa pemrogramanInteroperabilitas dataInteroperabilitas komunikasi aktif (function/procedure calls)

D.Kelebihan dan Kekurangan Interoperabilitas

a.Kelebihan

Kelebihan Interoperabilitas- Memberikan layanan dan informasi tanpa ada batasan waktu dan tempat. Masyarakat dapat mengakses informasi serta layanan tanpa harus terikat batasan waktu dantempat. Informasidan layanan disediakan 24 jam sehari 7 hari seminggu dengan pencari informasi tidak harus datang secara fisik ke kantor pemerintah penyedia informasi dan layanan yang diperlukannya.- Memperluas jangkauan pemberian layanan dan informasi. Denga nmenggunakan Internet sebagai salah satu media penyampaian layanan dan informasi,seorang investor Amerika dan Eropa dapat mengetahui potensi sumberdaya alam yang ada di propoinsi Lampung misalnya dengan hanya melihat informasi tersebut pada ofisial website dari propinsi tersebut.- Memberikan layanan yang lebih berkualitas. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, layanan yang diberikan dalam bentuk elektronik dan multimedia ( electronicform) bisa lebih menarik dan berkualitas dibandingkan layanan dan informasi yang berbasis kertas ( paper form) saja.- Mengurangi total biaya administrasi dan waktu yang dikeluarkan oleh masyarakat.Informasidan layanan dapat diperoleh oleh masyarakat dengan lebih gampang tanpa harus melewati berbagai meja birokrasi dan mengeluarkan banyak biaya administrasi untuk mendapatkannya

- Menjamin transparansi, akuntabilitas dan kontrol dari masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep good corporate governance.Transparansi,akuntabilitas dan kontrol yang baik dapat menghilangkan kecurigaan dan kekesalan darimasing-masing pihak.- Kerahasiaan data masih tetap bisa terjaga.

- Menjamin transparansi, akuntabilitas dan kontrol dari masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep good corporate governance.Transparansi,akuntabilitas dan kontrol yang baik dapat menghilangkan kecurigaan dan kekesalan dari masing-masing pihak.- Kerahasiaan data masih tetap bisa terjaga

b.Kekurangan

Kekurangan- Tidak memiliki dokumentasi sistem.- Belum tersedianya kamus data (data dictionary) yang jelas.- Adanya perbedaan persepsi mengenai interoperabilitas.- Belum dikenalnya interoperabilitas sistem informasi.- Belum merasa perlu adanya interoperabilitas sistem informasi.

http://fredyferdyan.blogspot.com/2009/08/interoperabilitas.html

http://www.scribd.com/doc/204501171/Makalah-Pengertian-Interoperabilitas-docx#scribd

Menjadi Diri Sendiri Ditinjau Dari Sisi Psikologis

05 September 2014 08:19:26 Dibaca : 76

Bayangkan diri Anda membeli sebuah mobil baru. Apa yang Anda rasakan? Senang dan bahagia? Sekarang bayangkan Anda berhasil melakukan sesuatu yang dari dulu benar-benar ingin Anda lakukan. Seperti, mendapatkan pekerjaan yang Anda dambakan, mencapai puncak sebuah gunung yang dari dulu ingin Anda daki, atau berhasil membuat sebuah resep masakan dengan sempurna. Apa yang Anda rasakan? Senang dan bahagia? Adakah perbedaan perasaan senang dan bahagia pada kedua bayangan tersebut?

Sejak jaman Yunani kuno, Aristoteles sudah merasa bahwa ada kebahagiaan lain yang melebihi kebahagiaan yang sekedar memberikan rasa senang, seperti membeli mobil baru, merasakan nikmatnya mabuk setelah meminum alkohol, melakukan hubungan seks dan lain-lain. Jika Aristoteles menamakan kebahagiaan yang menimbulkan rasa senang sebagai kebahagiaan Hedonic, Aristoteles menamakan kebahagiaan “lain” ini sebagai kebahagiaan Eudaimonic, yaitu saat seseorang merasa potensi hidupnya telah berjalan secara maksimal.

Kebahagiaan Eudamonic, menurut Aristoteles, kebahagiaan yang tidak kosong atau yang hilang setelah sumber kebahagiaan itu sudah tak terlihat mata atau tak terasa oleh indera perasa. Sebagai contoh, menjalin hubungan yang indah dengan seseorang bisa mendatangkan senyum ke wajah kita, bahkan saat orang tersebut sedang jauh di negeri seberang, atau bahkan sudah meninggal.

Menurut Aristoteles, kebahagiaan Eudaimonic lebih bersifat kejiwaan, sehingga lebih membuat jiwa seseorang sejahtera. Lihat saja contoh di atas, perasaan saat kita berhasil meraih cita-cita yang sudah lama kita impikan tentu lebih berharga dari sebuah mobil baru, ‘kan? Peneliti di jaman modern ini mengamini penjelasan Aristoteles.

Tiga orang peneliti dari Amerika Serikat (Michael Steger, Todd Kashdan, dan Shigehiro Oishi) membuktikan perkataan Aristoteles. Mereka menemukan bahwa dalam hidup, orang akan menemukan kebahagiaan Hedonis atau kebahagiaan Eudamonic. Tapi hanya kebahagiaan Eudamonic yang berhubungan dengan kesejahteraan jiwa (psychological well-being). Mereka menemukan bahwa setelah menjalani kebahagian Eudamonic, orang merasa hidupnya lebih memuaskan, merasa bahwa hidupnya lebih memiliki arti, dan merasakan emosi yang lebih positif.

Salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan Eudamonic adalah dengan menjadi diri sendiri. Sebagai ilustrasi, bayangkan seorang akuntan yang merasa bahwa dia lebih senang menjadi seorang pelukis. Tentu dia akan merasa lebih bahagia jika dia beralih profesi menjadi seorang pelukis (atau setidaknya mendapat kesempatan ikut les lukis di akhir pekan). Atau contoh lain, seorang istri yang merasa bersalah karena dia tertarik pada rekan kerjanya di kantor. Rasa bersalahnya ini (yang menghambat rasa bahagia) dapat dihilangkan dengan menerima kenyataan bahwa dia tertarik pada orang lain selain suaminya, dan hal tersebut tidak apa-apa asalkan dia tidak selingkuh dengan orang tersebut.

Menjadi diri sendiri memang membutuhkan usaha dan keberanian. Kita harus bersedia mendengarkan dan menerima pikiran-pikiran tergelap kita. Kita juga harus mencoba mengikuti keinginan terdalam kita (misal, seorang pria yang ingin operasi kelamin karena merasa bahwa jiwanya adalah wanita) walaupun mendapatkan tekanan dari keluarga atau lingkungan di sekitar kita. Menjadi diri sendiri memang memiliki resiko sendiri. Tetapi, di jaman yang makin terbuka ini, sekarang adalah saat yang paling kondusif untuk mencoba menjadi diri sendiri, agar Anda bahagia dan sejahtera secara psikologi.

Cara-cara untuk Menjadi Diri Sendiri
1. Membaca novel
Membaca novel memberikan kesempatan bagi Anda untuk melihat sudut pandang orang lain. Mungkin, dengan mengeksplorasi sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang Anda, justru Anda akan menemukan sudut pandang yang lebih cocok dengan diri Anda.

2. Meditasi
Selain menjadi kesempatan untuk mendengarkan suara-suara di dalam diri Anda, meditasi dapat memberikan kebahagiaan yang tidak tergantung pada hasil kerja Anda. Dengan mengetahui kebahagiaan murni tersebut, Anda bisa mencari tahu apa yang benar-benar membuat Anda bahagia.

3. Memilih apa yang Anda inginkan
Jangan biarkan lingkungan mendikte Anda. Tentukan apa yang Anda inginkan, dan lakukanlah. Sekali-sekali bahkan jangan terlalu memikirkan keputusan Anda.

4. Berhubungan dengan orang lain
Temukan bahwa orang lain juga ingin (dan sudah) menjalani hidup sesuai dengan keinginannya.

5. Bersenang-senang sesuai dengan siapa diri Anda
Olah raga atau berbincang-bincang tanpa arah dengan teman Anda di kafe mungkin adalah ide baik (jika memang Anda menyukainya).

6. Menerima kekalahan
Jangan biarkan kegagalan menambah ketidakbahagiaan Anda. Menerima kegagalan terbukti dapat mengurangi rasa kecewa.

 

http://www.psikoterapis.com/?en_menjadi-diri-sendiri-ditinjau-dari-sisi-psikologis%2C99

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong