Cara Memasang Kabel Bawah Tanah

13 May 2021 15:50:52 Dibaca : 5595

Bagaimana cara memasang kabel bawah tanah dengan benar? Kabel adalah media paling aman untuk menghantarkan listrik. Proses pemasangan kabel jangan dilakukan sembarangan. Ada beberapa aturan tentang prosedur pengkabelan yang benar.

Tujuannya untuk menjamin keamanan kabel, membuatnya awet, dan memudahkan pekerja dalam memperbaiki instalasi kabel di kemudian hari. Selain itu, faktor estetika dalam memasang jenis kabel listrik dengan rapi juga penting untuk diperhatikan.

Kabel power yang digunakan harus memenuhi standar PT Telkom yaitu STEL-K-007. Demikian pula, pipa PVC yang digunakan untuk membungkus kabel harus sesuai dengan STEL-L-008.

Pemasangan Kabel Tanah, Menanam Langsung di TrotoarPekerjaan ini dimulai dengan menggali alur kabel yang akan dilalui kabel tanam secara langsung. Ada dua jenis kabel yang digunakan, antara lain kabel primer dan kabel sekunder. Penggalian alur kabel untuk kabel primer memiliki spesifikasi yaitu kedalaman minimal 80 cm, lebar atas 40 cm, dan lebar bawah 30 cm atau sesuai dengan ketentuan setempat.

Sedangkan spesifikasi penggalian alur kabel untuk kabel sekunder adalah kedalaman minimal 60 cm atau sesuai peraturan setempat. Kami mohon maaf di sini kami tidak dapat memberi tahu Anda kedalaman penggalian yang tepat dari alur kabel untuk setiap wilayah karena kondisinya berbeda-beda.

Penanaman Kabel Tanah Langsung Di Seberang JalanKabel yang akan dipasang dengan menyeberang jalan harus dipasang sesuai dengan kondisi sebagai berikut. Kabel tersebut dimasukkan ke dalam pipa PVC yang memiliki diameter 10 cm dan ketebalan 5,5 mm terlebih dahulu.

Setiap pipa PVC hanya boleh diisi 1 kabel atau maksimal 3 kabel sekunder. Kabel primer dan kabel sekunder tidak boleh dirangkai ke dalam pipa yang sama. Sebaiknya tanam juga beberapa pipa cadangan yang masih kosong yang jumlahnya disesuaikan dengan desain, jika ada kebutuhan mendadak.

Pemasangan Kabel Tanah, Tanam Langsung Di Seberang ParitPertama, kabel dimasukkan ke dalam pipa yang terbuat dari besi galvanis yang berdiameter 4 inchi. Dilarang memasang kabel primer dan kabel sekunder ke dalam pipa yang sama.

Setelah itu, jalankan kawat berduri di sepanjang pipa untuk melindunginya dari gangguan luar. Sedangkan pipa yang masih kosong atau belum terisi kabel sebaiknya ditutup terlebih dahulu menggunakan penyumbat pada kedua ujungnya.

Pemasangan Kabel Lahan, Penanaman Langsung Di Seberang SungaiJika memerlukan sambungan yang menyeberangi sungai, bisa memanfaatkan jembatan yang ada di sekitar. Tetapi Anda memerlukan izin sebelumnya dari pemerintah daerah atau Kementerian Pekerjaan Umum setempat untuk melakukan ini.

Jika permohonan izin sudah dikabulkan, maka Anda harus memasang kabel tersebut ke dalam pipa berpelindung besi. Kemudian pipa ini bisa ditempelkan di sisi samping atau bawah jembatan.

Namun jika izin Anda untuk memasang kabel tanah yang langsung ditanam di jembatan ditolak, maka Anda bisa menggunakan jalur alternatif. Solusinya bikin jembatan kabel khusus dulu. Proses pembuatan jembatan kabel khusus ini masih memerlukan izin dari pemerintah daerah atau Kementerian Pekerjaan Umum setempat.

Jika Anda hanya memasangnya tanpa izin resmi, maka tindakan Anda adalah pekerjaan ilegal dan bisa dikenai sanksi serta kurungan. Demikian juga kabel yang sudah terpasang tergolong kabel liar sehingga sewaktu-waktu bisa dibongkar paksa.

Setelah Anda berhasil mendapatkan izin pembangunan jembatan kabel khusus dari pemerintah daerah atau Kementerian Pekerjaan Umum, barulah Anda bisa membangun jembatan dengan konstruksi sesuai dengan lebar bentang sungai.