Program Bash shell sederhana

19 December 2014 17:28:26 Dibaca : 3167

Soal No 1.

Contoh Sederhana bagaimana kita membuat program bash shell

Contohnya seperti dibawah ini :

kemudian kita masukan script dibawah ini :).

setelah sudah selesai tinggal anda save menggunakan control + x

dan cara untuk menjalankannya kita bisa menggunakan perinta perl,bash,sh namafile.sh

contohnya perl agus.sh seperti nama file yang saya buat tadi :).

Soal 2

Silahkan copy script dibawah

#!/bin/sh

echo "========================="

echo "= Data Mahasiswa Teknik ="

echo "========================="

echo

read -p "Silahkan masukan nama file anda :" file

touch $file

pil='yes'

while [ $pil = 'yes' ]

do

read -p "Nama :" nama

read -p "NIM :" nim

read -p "Prody :" prody

read -p "Jurusan :" jur

read -p "fakultas :" fak

read -p "Usia :" usia

read -p "Jumlah SKS :" sks

read -p "Nilai IPK :" ipk

read -p "Dosen PA :" pa

echo "nama :" $nama >> $file

echo "nim :" $nim >> $file

echo "prody :" $prody >> $file

echo "jurusan :" $jur >> $file

echo "fakultas :" $fak >> $file

echo "usia :" $usia >> $file

echo "jumlah sks:" $sks >> $file

echo "nilai ipk :" $ipk >> $file

echo "dosen pa :" n$pa >> $file

read -p "mau mengisi kembali ??" pil

while [ $pil = 'no' ]

do

echo "terima kasih, file telah tersimpan !!"

break

done

done

Soal 3 .

4.

 

5.

 

.

Bilangan Oktal

22 October 2014 21:42:43 Dibaca : 5110

Bilangan dalam bentuk oktal adalah sistem bilangan yang berbasis 8. Hal ini berarti
bilangan – bilangan yang diperbolehkan hanya berkisar antara 0 – 7. Berikut ini contoh
penulisan dari bilangan oktal :

Konversi Bilangan Oktal ke Desimal
Untuk konversi oktal ke binner anda perlu mengalikan digit dengan pangkat dari bilangan 8.

Contoh :
3658 = …….10 ?

Untuk melakukan konversi bilangan oktal ke bilangan berbasis 10 (desimal) lakukan dengan mengalikan setiap digit dari bilangan tersebut dengan pangkat 0, 1, 2, …, dst, dari basis mulai dari yang paling kanan.

3658 = (3 x 82)10 + (6 x 81)10 + (5 x 80)10 = 192 + 48 + 5 = 245

 

Konversi Bilangan Oktal ke Biner
Cara ini merupakan kebalikan cara konversi biner ke oktal. Setiap digit oktal akan langsung dikonversi ke biner lalu hasilnya digabungkan.

Contoh:
548 = …….2 ?

Pertama-tama hitung 58 = 1012 (Lihat cara konversi dari desimal ke biner)
Lalu hitung 48 = 1002
Sehingga didapat 548 = 1011002

 

Konversi Bilangan Oktal ke Heksa desimal
Untuk perhitungan secara manual, konversi bilangan oktal ke desimal dilakukan dengan mengkonversi bilangan oktal ke bilangan basis antara terlebih dahulu. Ada dua cara yang sering digunakan untuk konversi oktal ke hexadecimal. Cara pertama konversi dahulu bilangan oktal ke desimal, lalu dari bilangan desimal tersebut dikonversi lagi ke heksadesimal. Cara kedua adalah dengan menkonversi bilangan oktal ke bilangan biner, lalu dari biner di konversi lagi menjadi bilangan heksadesimal. Cara kedua merupakan cara yang paling sering digunakan.

Contoh :
3658 = …….16

Konversi bilangan oktal menjadi bilangan biner

3658 = 11 110 101 2

angka 3, 6, dan 5 dikonversi terlebih dahulu menjadi biner.
Kemudian bilangan biner tersebut dikelompokkan setiap 4 digit dimulai dari yang paling kanan
Selanjutnya 4 digit biner transformasikan menjadi heksadesimal
11 110 101 2 = F516

 

 

 

Struktur Kernel

08 October 2014 14:49:16 Dibaca : 571

Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengaskses perangkat keras koputer secara aman.

kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu progra dapat menggunakan satu bbagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan Multipleksing.

Multipleksing adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal.

 

Beberapa Desain Kernel  :



  • Kernel monolitik. Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.

 

  • Mikrokernel. Mikrokernel menyediakan sedikit saja dari abstraksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya—yang disebut dengan server—untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya.

 

  • Kernel hibrida. Kernel hibrida adalah pendekatan desain microkernel yang dimodifikasi. Pada hybrid kernel, terdapat beberapa tambahan kode di dalam ruangan kernel untuk meningkatkan performanya.
  • Exokernel. Exokernel menyediakan hardware abstraction secara minimal, sehingga program dapat mengakses hardware secara langsung. Dalam pendekatan desain exokernel, library yang dimiliki oleh sistem operasi dapat melakukan abstraksi yang mirip dengan abstraksi yang dilakukan dalam desain monolithic kernel.

Berikut adalah beberapa proses dari Kernel Yaitu.

 

 

 

 

 

 

Manajemen Proses Sistem Operasi

08 October 2014 14:29:03 Dibaca : 5104

Assalamulaikum wr.wb pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagai mana Proses di dalam sistem operasi itu, untuk lebih jelas bisa anda lihat dibawah ini :

Manajemen Proses yang berjalan di sistem oerasi yaitu program yang berjalan dan data-data penggunanya berjalan dengan baik. sistem operasi memiliki dua jenis mode.

A. Manajemen Proses
Sebuah program pengguna-berbagi waktu seperti kompiler adalah sebuah proses.
B. Main-Memory Management
Memori utama adalah pusat operasi sistem komputer modern.
C. Manajemen File
manajemen file adalah salah satu komponen yang paling terlihat dari sebuah sistem operasi.
D. Manajemen Penyimpanan Sekunder
Tujuan utama dari sistem komputer adalah untuk melaksanakan program. Program-program ini, dengan data yang mereka akses, harus berada di memori utama, atau penyimpanan utama, selama eksekusi.
E. Jaringan
Sebuah sistem terdistribusi adalah kumpulan prosesor yang tidak berbagi memori, perangkat perangkat, atau jam. Sebaliknya, setiap prosesor memiliki memori lokal sendiri dan jam, dan prosesor berkomunikasi dengan satu sama lain melalui berbagai jalur komunikasi, seperti bus berkecepatan tinggi atau jaringan. Prosesor di sistem terdistribusi bervariasi dalam ukuran dan fungsi.
F. Sistem Proteksi
Jika sistem komputer memiliki banyak pengguna dan memungkinkan eksekusi konkuren beberapa proses, maka berbagai proses harus dilindungi dari salah satu kegiatan lain. Untuk itu, mekanisme memastikan bahwa file, memori segmen, CPU, dan sumber daya lainnya dapat dioperasikan oleh hanya proses yang telah mendapatkan otorisasi yang tepat dari sistem operasi.
H. Layanan Sistem Operasi
Sebuah sistem operasi menyediakan lingkungan untuk pelaksanaan program. Menyediakan jasa tertentu untuk program-program dan pengguna program tersebut. Layanan khusus yang diberikan, tentu saja, berbeda dari satu sistem operasi untuk lain, tapi kita bisa mengidentifikasi kelas umum.
I. Passing parameter sebagai sebuah tabel.
Buffer memori yang input harus dibaca. Tentu saja, perangkat atau file dan panjang mungkin tersirat dalam panggilan tersebut.
J. Proses Pengendalian
Sebuah program berjalan harus mampu menghentikan pelaksanaannya baik biasanya (akhir) atau tidak normal (batalkan).

1. User Mode yag digunakan untuk Mengeksekusi Program yang dikendalikan oleh pengguna atau Brainware (user).
2. Kernel Mode, yang digunakan untuk eksekusi program di kendalikan oleh sistem operasi, yang dinamaan dual-mode operation.

Berikut juga adalah pengertian dari "Dual-Mode Operation" di implementasikan pada arsitektur perangkat keras. seuah bit yang di sebut mode bit ditambahkan ke perangkat keras untuk menunjukan mode operasi saai itu : 0 untuk kernel dan mode dan 1 Untuk user mode.

Berikut Juga Proses Sistem Operasi Konfersi dari Asci ke binari ke Desimal .

Setiap kode ASCII itulah yang kemudian akan dikonfersi kebilangan biner sehingga terbentuk bit-bit yang terdiri dari bit ‘0’ dan bit ‘1’. Bit inilah yang akan dikirimkan dan pada penerima akan dikodekan kembali. Kemudian bit-bit tadi yang dikirimkan dan akan d

ikodekan kembali kedalam teks aslinya. Proses inilah yang dinamakan decoding. Misalnya kita ingin mengirimkan pesan “AGUS”. Maka setiap huruf yaitu A,G,U,S akan dikodekan menjadi biner.

Maka diterjemahkan bahwa pesannya adalah kata “AGUS”

 

Cara Pengerjaan lihat tabel berikut dibawah ini :

 

 

 

Pertemuan Ke 2 PTSI-Kelas A

02 December 2013 13:06:56 Dibaca : 169

Assalamualaikum Wr, Wb - pada postingan kali ini saya Agus Mohamad akan membahas apa itu IEE, Wireless, dan WiMax ,  yang tentunya dapat bermanfaat buat anda yg ingin belajar tentang jaringan, semoga juga postingan ini dapat menambah wawasan atau pengetahuan untuk anda pengjunjung setia blog ini. nah untuk lebih jelasnya bisa anda lihat dibawah ini. 

Apa Itu IEEE ?

IEEE adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.
Sebelumnya IEEE memiliki kepanjangan yang dalam Indonesia berarti Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan, selain untuk keperluan legal; sehingga organisasi ini memiliki nama resmi IEEE saja[1].
IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.

 

IEEE802.11 adalah serangkaian spesifikasi kendali akses medium dan lapisan fisik untuk mengimplementasikan komunikasi komputer wireless local area network di frekuensi 2.4, 3.6, 5, dan 60 GHz. Mereka diciptakan dan dioperasikan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers. Versi dasar dirilis tahun 1997 dan telah melalui serangkaian pembaruan dan menyediakan dasar bagi produk jaringan nirkabel Wi-Fi. Standarisasinya bisa anda lihat dibawah ini :

Standard IEEE 802.11a bekerja pada frekuensi 5GHz mengikuti standard dari UNII (Unlicensed National Information Infrastructure). Teknologi IEEE 802.11a tidak menggunakan teknologi spread-spectrum melainkan menggunakan standar frequency division multiplexing (FDM). Mampu mentransfer data hingga 54 Mbps

Standar 802.11b saat ini yang paling banyak digunakan satu. Menawarkan thoroughput maksimum dari 11 Mbps (6 Mbps dalam praktek) dan jangkauan hingga 300 meter di lingkungan terbuka. Ia menggunakan rentang frekuensi 2,4 GHz, dengan 3 saluran radio yang tersedia. Transmisi data 5,4 hingga 11 Mbps

Standar 802.11g menawarkan bandwidth yang tinggi (54 Mbps throughput maksimum, 30 Mbps dalam praktek) pada rentang frekuensi 2,4 GHz. Standar 802.11g mundur-kompatibel dengan standar 802.11b, yang berarti bahwa perangkat yang mendukung standar 802.11g juga dapat bekerja dengan 802.11b.

 

WMAX IEE 802.16

IEEE 802.16 adalah serangkaian standar Wireless Broadband ditulis oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). The IEEE Standards Dewan membentuk kelompok kerja pada tahun 1999 untuk mengembangkan standar untuk broadband untuk Metropolitan Area Networks Wireless. Workgroup adalah unit dari IEEE 802 jaringan area lokal dan wilayah metropolitan komite standar jaringan.

Meskipun 802,16 keluarga standar secara resmi disebut WirelessMAN di IEEE, telah dikomersialisasikan dengan nama "WiMAX" (dari "Worldwide Interoperability for Microwave Access") oleh aliansi industri WiMAX Forum. Forum mempromosikan dan mensertifikasi kompatibilitas dan interoperabilitas produk berdasarkan standar IEEE 802.16.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong