ARSIP BULANAN : December 2013

Pertemuan Ke 2 PTSI-Kelas A

02 December 2013 13:06:56 Dibaca : 169

Assalamualaikum Wr, Wb - pada postingan kali ini saya Agus Mohamad akan membahas apa itu IEE, Wireless, dan WiMax ,  yang tentunya dapat bermanfaat buat anda yg ingin belajar tentang jaringan, semoga juga postingan ini dapat menambah wawasan atau pengetahuan untuk anda pengjunjung setia blog ini. nah untuk lebih jelasnya bisa anda lihat dibawah ini. 

Apa Itu IEEE ?

IEEE adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.
Sebelumnya IEEE memiliki kepanjangan yang dalam Indonesia berarti Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan, selain untuk keperluan legal; sehingga organisasi ini memiliki nama resmi IEEE saja[1].
IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.

 

IEEE802.11 adalah serangkaian spesifikasi kendali akses medium dan lapisan fisik untuk mengimplementasikan komunikasi komputer wireless local area network di frekuensi 2.4, 3.6, 5, dan 60 GHz. Mereka diciptakan dan dioperasikan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers. Versi dasar dirilis tahun 1997 dan telah melalui serangkaian pembaruan dan menyediakan dasar bagi produk jaringan nirkabel Wi-Fi. Standarisasinya bisa anda lihat dibawah ini :

Standard IEEE 802.11a bekerja pada frekuensi 5GHz mengikuti standard dari UNII (Unlicensed National Information Infrastructure). Teknologi IEEE 802.11a tidak menggunakan teknologi spread-spectrum melainkan menggunakan standar frequency division multiplexing (FDM). Mampu mentransfer data hingga 54 Mbps

Standar 802.11b saat ini yang paling banyak digunakan satu. Menawarkan thoroughput maksimum dari 11 Mbps (6 Mbps dalam praktek) dan jangkauan hingga 300 meter di lingkungan terbuka. Ia menggunakan rentang frekuensi 2,4 GHz, dengan 3 saluran radio yang tersedia. Transmisi data 5,4 hingga 11 Mbps

Standar 802.11g menawarkan bandwidth yang tinggi (54 Mbps throughput maksimum, 30 Mbps dalam praktek) pada rentang frekuensi 2,4 GHz. Standar 802.11g mundur-kompatibel dengan standar 802.11b, yang berarti bahwa perangkat yang mendukung standar 802.11g juga dapat bekerja dengan 802.11b.

 

WMAX IEE 802.16

IEEE 802.16 adalah serangkaian standar Wireless Broadband ditulis oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). The IEEE Standards Dewan membentuk kelompok kerja pada tahun 1999 untuk mengembangkan standar untuk broadband untuk Metropolitan Area Networks Wireless. Workgroup adalah unit dari IEEE 802 jaringan area lokal dan wilayah metropolitan komite standar jaringan.

Meskipun 802,16 keluarga standar secara resmi disebut WirelessMAN di IEEE, telah dikomersialisasikan dengan nama "WiMAX" (dari "Worldwide Interoperability for Microwave Access") oleh aliansi industri WiMAX Forum. Forum mempromosikan dan mensertifikasi kompatibilitas dan interoperabilitas produk berdasarkan standar IEEE 802.16.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong