Peran Kepemimpinan

19 September 2022 18:48:13 Dibaca : 38

Dalam organisasi ataupun kelompok masyarakat yang dimana kita mempunyai seseorang yang harus mampu mengambil sebuah keputusan. Adapun beberapa orang yang mengiginkan dirinya menjadi seorang pemimpin harus mengetahui peran dan fungsi dari pemimpin itu sendiri, pemahaman dari seorang pemimpin terhadap peran kepemimpinan itu sendiri bisa menjadikan seorang pemimpin menjadi lebih handal dan lebih bisa memanfaatkan situasi dan kondisi.

Pembahasan diatas merujuk kita untuk mengetahui tentang peran kepemimpinan. Pertanyaan mendasarnya adalah apakah itu peran? Dalam KBBI peran digambarkan sebagai tingkah laku, bisa disimpulkan bahwa peran kepemimpinan adalah bagaimana perilaku seorang pemimpin dalam mempengaruhi orang-orang dibawahnya (anggota). Ada beberapa hal yang harus diketahui dalam peran seorang pemimpin (perilaku). Diantanya yakni :

 

- Peran Pengambilan Keputusan , yaitu pemimpin sebagai manajer puncak khususnya, memiliki wewenang untuk mengambil keputusan. Pengambilan keputusan merupakan pekerjaan manajerial yang berarti memutuskan apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa yang melakukannya, dan kapan akan dilakukan. Dalam hal ini menetapkan sasaran, prioritas, strategi , struktur formal, alokasi sumber-sumber daya, tanggung jawab dan pengaturan kegiatan-kegiatan. Tujaunnya adalah untuk memastikan pengorganisasian unit kerja yang efisien, koordinasikegiatankegiatan, penggunaan sumber-sumber yang berubah-ubah. Aspek yang paling penting dari sebagian besar bentuk pengambilan keputusan adalah memutuskan berbagai kegiatan sesuai dengan kepentingan relatifnya ( alokasi sumber daya) , termasuk perencanaan pengambangan prosedur-prosedur untuk menghindari masalah ( analisis potensi masalah ) dan pengembangan prosedur untuk melakukan tanggapan secara cepat dan efektif terhadap masalah-masalah krisis-krisis yanga tidak dapat dihindari (contigencyplanning ).

 

- Peran yang mempengaruhi, yaitu para pemimpin harus dapat memberikan pengaruh di bawahnya, sehingga ingin mewujudkan suatu program kerja. Pemimpin dapat mengembangkan berbagai teknik mempengaruhi bawahan, dan ini mudah bagi pegawai negeri karena pegawai atasannya sangat tinggi. Tetapi jika hanya mengandalkan mengandalkan-mata, juga tidak akan memberikan efek yang berarti terhadap bawahan. pemimpin dapat wewenang dan keunggulan-keunggulan sifat yang dimiliki oleh pegawai pegawai. 

 

- Peran motivasi, yaitu berkaitan dengan pemberian dorongan kepada karyawan untuk bekerja lebih giat. pengaruh dan motivasi adalah jika peran mempengaruhi efektif, maka peran motivasi akan lebih mudah dilakukan. Sebaliknya jika pemimpin tidak mampu menanamkan pengaruh terhadap bawahannya, maka sulit baginya untuk memahami benar-benar karakternya .

 

- Peran informasional, yaitu peran informasional yang dimiliki oleh pegawai yang memiliki strategi , mengingat pemimpin adalah pemilik kunci, khususnya informasi tentang pegawai yang dipimpinya. Kemampuan komunikasi diperlukan oleh seorang pemimpin agar dapat menjadi komunikator yang efektif. Peran informasional adalah menjelaskan kepada bawahan mengenai rencana-kebijakan-kebijakan, serta harapan rencana , dan instruksi tentang cara pekerjaan harus dilakukan untuk para bawahan atau anggota, dan tujuan, tujuan, dan otoritas rencana tindakan untuk mencapainya

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong