Kepemimpinana Dan Struktur Organisasi

28 November 2022 19:24:17 Dibaca : 12

A. Tipe Kepemimpinan

Untuk memiliki tipe kepemimpinan yang ideal, seseorang biasanya perlu melalui beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut dipengaruhi oleh pengalaman bekerja serta kepribadian yang dimiliki. Tahap pertama untuk menemukan tipe kepemimpinan adalah dengan cara percobaan. Kamu bisa melakukan pendekatan dan mengaplikasikan tipe kepemimpinan yang dirasa cocok dengan kepribadianmu. Setelah itu, lihat dampaknya pada lingkungan sekitar dan anggota tim terhadap gaya kepemimpinan tersebut. Diharapkan kamu bisa fleksibel dan menyesuaikan respon dari gaya kepemimpinan yang dijalankan. Lanjutkan hal-hal yang dirasa berdampak positif, dan tinggalkan apabila negatif. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencari mentor terkait gaya kepemimpinan. Dengan memiliki mentor, kamu bisa berkonsultasi secara langsung dan menambah wawasan bagaimana menjadi pemimpin ideal dari yang sudah memiliki pengalaman. Tipe tipe kepemimpinan dapat diartikan sebagai cara seseorang dalam memimpin orang lain. Cara memimpin yang paling tepat bergantung pada fungsi sang pemimpin, orang-orang yang dipimpinnya, serta situasi dalam lingkungan kerja.

B. Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah sistem yang digunakan untuk mendefinisikan hierarki dalam sebuah organisasi dengan tujuan menetapkan cara sebuah organisasi dapat beroperasi, dan membantu organisasi tersebut dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan di masa depan.Struktur organisasi sebagai suatu garis hirarki yang mendeskripsikan berbagai komponen yang menyusun perusahaan, dimana setiap individu atau Sumber Daya Manusia pada lingkup perusahaan tersebut kemudian memiliki posisi dan fungsinya masing-masing. Struktur organisasi sendiri dibuat untuk kepentingan perusahaan dengan sebelumnya menempatkan orang-orang yang kompeten sesuai dengan bidang dan keahliannya. Bagi HRD sendiri, dengan adanya struktur organisasi, kita dapat mengetahui peran dan tanggung jawab karyawan-karyawannya. Dengan menempatkan seseorang ke dalam sebuah posisi dalam struktur sesuai dengan kemampuannya juga bisa menjadi patokan HRD dalam menentukan jumlah gaji karyawan bersangkutan.

Setiap orang memiliki deskripsi pekerjaan yang menguraikan tugas, dan setiap pekerjaan menempati posisinya sendiri di bagan organisasi perusahaan. Berikut adalah beberapa fungsi struktur organisasi bagi bisnis:

1. Struktur Memungkinkan Komunikasi Lebih Baik

2. Hubungan Pelaporan yang Jelas

3. Pertumbuhan dan Ekspansi

4. Penyelesaian Tugas yang Efisien

5. Menyesuaikan Kebutuhan Perusahaan

6. Mengetahui Apa yang Salah

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong