Peta Kerja Setempat

17 March 2023 08:42:39 Dibaca : 141 Kategori : TUGAS ERGONOMI

PETA KERJA SETEMPAT

Peta kerja setempat merupakan suatu peta kerja yang di dalamnya hanya melibatkan orang dan fasilitas dalam jumlah terbatas. Macam-macam peta kerja setempat menurut kegunaannya terdiri dari peta pekerja dan mesin, dan peta tangan kiri tangan kanan.

• PETA PEKERJA MESIN

Peta Pekerja dan MesinPeta Pekerja dan Mesin menggambarkan hubungan yang jelas antara waktu kerja operatordan waktu operasi mesin yang ditanganinya. Dengan membuat peta pekerja dan mesin,keseimbangan kerja antara pekerja dan mesin bias lebih diperbaiki. Efektivitas penggunaan pekerja dan atau mesin pun bias ditingkatkan, dengan cara:

- Mengubah tata letak tempat kerja 

- Mengatur kembali gerakan-gerakan kerja

- Merancang kembali mesin dan peralatan

- Menambah pekerja bagi sebuah mesin atau menambah mesin bagi seorang pekerja

Contoh peta pekerja mesin adalah pembuatan choco rocksalt cheese share tea

• PETA TANGAN KIRI TANGAN KANAN

Peta Tangan Kanan Tangan Kiri adalah peta kerja setempat yang menggambarkan semua gerakan saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan. Selain itu, Peta Tangan Kanan Tangan Kiri juga menunjukkan perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri-dan tangan kanan ketika melakukan suatu pekerjaan.

Peta Tangan Kanan Tangan Kiri cocok untuk menggambarkan gerakan yang dilakukan oleh pekerjaan manual yang siklus pekerjaannya berlangsung cepat dan berulang.

Contoh peta tangan kiri tangan kanan adalah proses pemotongan tahu