ARSIP BULANAN : March 2023

Peta Kerja Keseluruhan

25 March 2023 14:04:13 Dibaca : 1807

Peta kerja keseluruhan merupakan suatu peta kerja yang di dalamnya melibatkan sebagian besar atau semua fasilitas yang diperlukan untuk membuat produk yang bersangkutan. Macam-macam peta kerja keseluruhan menurut kegunaannya terdiri dari peta proses operasi, peta aliran proses, peta proses kelompok kerja, dan diagram alir.

  • Peta Proses Operasi atau OPC adalah peta kerja yang mencoba menggambarkan urutan kerja dengan jalan membagi pekerjaan tersebut menjadi elemen-elemen operasi secara detail.

  • Peta Aliran Proses merupakan suatu diagram yang menunjukkan urutan urutan dari operasi, pemeriksaan, transportasi, menunggu, dan penyimpanan yang terjadi selama satu proses berlangsung, serta di dalamnya memuat pula informasi-informasi yang diperlukan untuk analisa seperti waktu yang dibutuhkan dan jarak perpindahan.

 

  • Peta Proses Kelompok Kerja merupakan kumpulan dari beberapa Peta Aliran Proses di mana tiap Peta Aliran Proses tersebut menunjukkan satu seri kerja dari seorang operator.

 

  • Diagram alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah.

Pengukuran Kerja Dengan Stopwatch

24 March 2023 09:50:12 Dibaca : 51

RESUME

Pengukuran kerja dengan stopwatch adalah sebuah teknik untuk mengukur waktu yang diperlukan seseorang untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan dengan menggunakan stopwatch. Pada dasarnya, pengukuran kerja dengan stopwatch dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif dan efisien karyawan dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan.

Beberapa langkah penting dalam melakukan pengukuran kerja dengan stopwatch antara lain:

  • Tentukan tugas atau pekerjaan yang akan diukur.
  • Siapkan stopwatch dan catat waktu awal.
  • Amati karyawan saat melakukan tugas dan catat waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.
  • Ulangi langkah 2 dan 3 beberapa kali untuk mendapatkan waktu yang lebih akurat.
  • Hitung rata-rata dari waktu yang didapat dan analisis data.

Manfaat dari pengukuran kerja dengan stopwatch antara lain:

  • Memperbaiki efisiensi dan produktivitas. Dengan mengetahui waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah tugas, manajer dapat menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan.
  • Mengukur kinerja karyawan. Hasil dari pengukuran waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu dapat dipakai sebagai dasar untuk menilai kinerja karyawan.
  • Mengidentifikasi hambatan. Hasil pengukuran dapat membantu manajer mengidentifikasi faktor atau penyebab yang menghambat kinerja karyawan, sehingga dapat diambil langkah perbaikan yang tepat.

Namun, perlu diingat bahwa pengukuran kerja dengan stopwatch tidak selalu memberikan hasil yang tepat dan adil, karena faktor lingkungan atau kondisi kerja tertentu dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, ini hanya satu metode dari beberapa metode pengukuran kinerja yang tersedia.

Peta Kerja Setempat

17 March 2023 08:42:39 Dibaca : 139

PETA KERJA SETEMPAT

Peta kerja setempat merupakan suatu peta kerja yang di dalamnya hanya melibatkan orang dan fasilitas dalam jumlah terbatas. Macam-macam peta kerja setempat menurut kegunaannya terdiri dari peta pekerja dan mesin, dan peta tangan kiri tangan kanan.

• PETA PEKERJA MESIN

Peta Pekerja dan MesinPeta Pekerja dan Mesin menggambarkan hubungan yang jelas antara waktu kerja operatordan waktu operasi mesin yang ditanganinya. Dengan membuat peta pekerja dan mesin,keseimbangan kerja antara pekerja dan mesin bias lebih diperbaiki. Efektivitas penggunaan pekerja dan atau mesin pun bias ditingkatkan, dengan cara:

- Mengubah tata letak tempat kerja 

- Mengatur kembali gerakan-gerakan kerja

- Merancang kembali mesin dan peralatan

- Menambah pekerja bagi sebuah mesin atau menambah mesin bagi seorang pekerja

Contoh peta pekerja mesin adalah pembuatan choco rocksalt cheese share tea

• PETA TANGAN KIRI TANGAN KANAN

Peta Tangan Kanan Tangan Kiri adalah peta kerja setempat yang menggambarkan semua gerakan saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan. Selain itu, Peta Tangan Kanan Tangan Kiri juga menunjukkan perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri-dan tangan kanan ketika melakukan suatu pekerjaan.

Peta Tangan Kanan Tangan Kiri cocok untuk menggambarkan gerakan yang dilakukan oleh pekerjaan manual yang siklus pekerjaannya berlangsung cepat dan berulang.

Contoh peta tangan kiri tangan kanan adalah proses pemotongan tahu